Home > Komputer > Tips Memilih Spek PC/ Laptop Untuk Gaming

Tips Memilih Spek PC/ Laptop Untuk Gaming

Bagaimana agar Anda bisa bermain game dengan nyaman, apakah harus membeli komputer atau laptop mahal? Ada cukup banyak laptop yang mahal dan berkualitas, namun belum tentu laptop tersebut bisa digunakan untuk gaming dengan sempurna. Ada beberapa spesifikasi yang harus dimiliki oleh laptop untuk bisa memainkan game dengan lancar. Laptop memang menjadi salah satu perangkat multifungsi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan suattu pekerjaan dan juga untuk akses internet. Dan sekarang dengan banyaknya penikmat game mereka bisa memaiknkan game dengan mudah menggunakan laptop. Sayangnya, tidak semua laptop bisa untuk memainkan game sehigga Anda harus memilih laptop yang mumpuni untuk memainkan game yang Anda inginkan.

Tips Memilih Spek PC Laptop Untuk Gaming_2

Untuk memaikan game yang ringan misalnya dibawah 10 MB, Anda bisa menggunakan laptop biasa, namun untuk game di atas 10 MB, Anda memerlukan laptop yang spesifikasinya memenuhi syarat untuk memainkan game. Sebagian besar game dengan ukuran yang besar jika dimainkan pada laptop biasa atau dengan spesifikas standart, hal ini justru bisa membahayakan laptop tersebut. Jika laptop dengan standart biasa sering digunakan untuk memainkan game berat maka laptop bisa mengalami kerusakan. Sekarang, untuk memainkan game berat, ada cukup banyak laptop dengan spesifikasi tinggi yang mendukung permainan game tersebut. Untuk memainkan game berat, Anda bisa mempertimbangkan prosesor, RAM, VGA dan juga harddisk pada laptop tersebut.

Berikut beberapa tips memilih spek PC/ Laptop untuk gaming:

  1. Prosesor

Untuk memilih laptop yang baik saat gaming, Anda bisa mempertimbangkan prosesor pada laptop tersebut. Pilihlah laptop dengan prosesor maka pertimbangkan core, tingginya clock speed, cache dan juga sistem hyper threading. Agar Anda bisa memainkan game ringan, Anda bisa memilih laptop dengan prosesor Intel i3 atau prosesor AMD A4, cache 2MB dan kekuatan 2GHz. Sedangkan untuk permainan game yang lebih berat, Anda bisa memilih laptop dengan spec yang lebih tinggi.

  1. RAM

Pertimbangan lain untuk memilih laptop untuk gaming adalah RAM atau Random Access Memory (RAM). RAM berfungsi untuk penyimpanan data saat laptop diggunakan. Semakin besar RAM maka laptop memiliki kinerja yang semakin baik. Untuk gaming lebih nyaman, Anda bisa memilih laptop dengan RAM  berkapasitas 2 GB, DDR 3 dan bandwith dengan lebar  minimal 12800.

  1. VGA

Kemampuan grafis gaming laptop didukung oleh VGA, jika VGA memiliki memoori yang besar maka kemampuan grafis PC/ laptop juga semakin baik. Anda bisa memilih VGA generasi baru seperti Nvidia GeForce dan ATI Radeon.

  1. Hard Drive

Selain ketiga komponen di atas, Anda juga harus memperhatikan hard drive yang ada pada laptop. Hard drive berfungsi untuk menyimpan data secara permanen dan semakin besar kapasitas hard drive pada laptop maka semakin baik kinerjanya. Untuk gaming, Anda bisa memilih laptop yang memiliki kapasitas hard drive minimal 320 GB. Untuk gaming yang lebih seru lagi, pilihlah hard drive SS karena kinerja hard drive ini 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan hard drive biasa.

  1. Layar

Anda bisa memilih gaming laptop dengan layar beresolusi 1366 x 768, hal ini membuat game bisa dijalankan dengan lancar.

Untuk bermain game yang lebih seru, memilih gaming laptop yang tepat, permainan game pun tidak akan tersendat-sendat. Usahakan juga memilih laptop yang tidak mudah panas, Anda bisa memilih laptop yang memiliki cooling system.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Satu komentar

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami k-bagi.com untuk info selengkapnya.
    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.