Home > Berita Teknologi > Tips Memilih Server Untuk Jaringan Komputer Anda

Tips Memilih Server Untuk Jaringan Komputer Anda

Server merupakan sebuah perangkat yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer dan berguna untuk mengendalikan setiap kegiatan yang ada dalam jaringan tersebut. Memilih server untuk membangun sebuah jaringan haruslah sangat teliti supaya fungsi dari server yang anda gunakan menjadi tepat guna. Memilih server pun membutuhkan beberapa pertimbangan yang cukup banyak agar tidak terjadi ketidaksesuaian antara kebutuhan dengan server yang telah dibangun tersebut. Karena kebanyakan saat ini banyak orang tidak memilih server secara tepat guna.

Dalam memilih server untuk jaringan komputer, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan supaya manfaat yang didapat tepat dan sesuai dengan yang kita butuhkan. Yang pertama harus diperhatikan dalam memilih server adalah memastikan kebutuhan dan tujuan penggunaan perangkat tersebut. Ada beberapa jenis server yang bisa kita pilih sesuai dengan tujuan penggunaannya. Dengan mengetahui apa yang kita butuhkan, maka manfaat dari server tersebut pasti tepat dan sesuai seperti tujuan awal kita membangunnya.

Tips Memilih Server Untuk Jaringan Komputer Anda_2

Setelah menentukan tujuan penggunaan server tersebut, maka spesifikasi server yang kita perlu pun dapat kita bayangkan sendiri. Mulai dari berapa kecepatan prosesor yang akan digunakan, besarnya kapasitas hard disk yang dibutuhkan hingga kecepatan transfer data yang pas untuk jaringan tersebut. Sebagai contoh, server yang akan kita gunakan bertujuan untuk jaringan rumahan. Maka spesifikasi server yang dibutuhkan otomatis tidak perlu tinggi supaya penggunaannya tidak mubazir. Contoh lain untuk kegiatan kantor, maka spesifikasinya pun harus tinggi sesuai dengan tingkat skala yang lebih tinggi lagi.

Kemudian yang perlu diperhatikan dalam memilih server adalah fitur yang disediakan beberapa merk server yang bisa kita pilih. Fitur tersebut juga ditentukan berdasarkan kebutuhan yang sudah kita rencanakan. Salah satu fitur yang dimaksud adalah kemampuan merk tertentu untuk melakukan upgrade. Karena seiring berjalannya waktu, mungkin kebutuhan kita akan server tersebut menjadi meningkat. Dengan demikian, kemampuan sebuah server untuk bisa diupgrade menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih server.

Selain fitur, dalam memilih merk server pun kita harus  memperhatikan local support serta technical support yang diberikan. Ini tujuannya supaya kita lebih mudah menemukan layanan jika sedang membutuhkan servis atau penanganan dari teknisi merk server yang kita pilih. Ini merupakan bagian penting supaya suatu saat nanti kita tidak merasa rugi karena memilih merk yang tidak bisa melayani servis yang kita perlukan. Tentu karena tenaga ahli akan selalu kita butuhkan untuk membantu mengelola server jika ada gangguan atau masalah yang terjadi.

Kemudian ada lagi hal dalam memilih server yang patut kita perhatikan, yaitu ukuran server. Ukuran ini juga menentukan berat dari server tersebut. Selain itu, daya listrik yang digunakan server yang akan kita pilih pun harus diseleksi dengan cermat apakah daya sebesar itu pas untuk spesifikasi server tersebut atau tidak. Tips terakhir adalah sesuaikan semua kebutuhan server dengan budget yang kita sediakan. Jangan sampai memilih merk server dengan kualitas terbaik namun budget yang kita punya tidak mencukupi.

Dan jangan juga sampai merelakan server yang spesifikasinya kurang karena harga yang kita utamakan. Untuk menyiasatinya, selain menggunakan server dengan merk tertentu, kita juga bisa merakit server sendiri sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Secara budget, tips ini memang lebih hemat karena spesifikasi perangkat yang digunakan bisa kita pilih sendiri. Tetapi cara ini cenderung lebih rumit bagi yang kurang paham mengenai server.

Deskripsi: Memilih server harus dilakukan dengan cermat supaya kerjanya tepat guna. Yang perlu dilakukan adalah menentukan tujuan penggunaan server terlebih dahulu. Setelah itu, otomatis spesifikasi server yang kita butuhkan akan terbayang dan bisa disesuaikan sengan merk yang tersedia. Dalam memilih merk server, perhatikan juga fitur, layanan teknis, daya listrik hingga budget yang kita sediakan supaya tepat dan sesuai dengan yang kita perlukan.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Spesifikasi Minimum PES 2018 untuk PC dan Laptop

Ini Spesifikasi Minimum PES 2018 untuk PC dan Laptop

Ini Spesifikasi Minimum PES 2018 untuk PC dan Laptop – Di tahun 2017 ini rupanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *