Home > Komponen > Tips Memilih RAM Terbaik untuk Komputer Gaming
Tips Memilih RAM Terbaik untuk Komputer Gaming

Tips Memilih RAM Terbaik untuk Komputer Gaming

Tips Memilih RAM yang bagus untuk PC Dekstop Gaming – Berapa besar kapasitas memori komputer Anda untuk memainkan game kesayangan? Jika Anda memiliki komputer gaming, salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah memilih RAM yang tepat. RAM atau memori komputer adalah media yang digunakan untuk meyimpan program maupun aplikasi yang dijalankan di komputer.

Semakin besar kapasitas RAM maka semakin banyak program atau aplikasi yang bisa dijalankan. Untuk komputer gaming, semakin besar RAM maka semakin cepat permainan game dan hal ini juga mempengaruhi kecepatan program lainnya. Bagi gamer, membeli RAM yang berkualitas dengan kapasitas yang cukup besar adalah kewajiban.

Kapasitas RAM sangat berpengaruh terhadap kinerja pada semua sistem komputer gaming. Kapasitas RAM yang digunakan untuk komputer gaming juga tidak sama dengan RAM yang digunakan pada komputer biasa. Karena itu, Anda harus jeli memilih RAM yang tepat untuk komputer gaming.

RAM yang bagus untuk PC Dekstop Gaming

Bagaimana Cara Memilih RAM Terbaik Untuk PC komputer gaming? Jika Anda masih bingung cara memilih RAM yang bagus untuk komputer gaming, berikut beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan.

  1. Kapasitas RAM
    Untuk bermain game, pastinya Anda harus memilih RAM dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan RAM komputer biasa. Untuk komputer gaming, Anda bisa memilih kapasitas RAM yang lebih besar. Semaiin besar kapasitas RAM maka semakin baik kinerja sistem pada komputer dan juga aplikasi yang dijalankan. Untuk meningkatkan kinerja komputer gaming, Anda bisa menambah kapasitas RAM komputer tersebut. Jika Anda menggunakan Windows 8 maka RAM yang dibutuhkan untuk komputer gaming minimal Anda harus menggunakan RAM sebesar 4GB. Jika RAM yang Anda gunakan lebih dari 4GB maka kinerja komputer gaming akan semakin bagus, terutama untuk memainkan game-game berat.
  2. Type RAM
    Ada banyak tipe RAM yang bisa digunakan untuk komputer gaming. Beberapa tipe RAM untuk komputer gaming diantaranya DDR2 RAM, SDRAM, DDR3 RAM dan DDR4 RAM. Dari masing-masing type RAM tersebut, kecepatan yang dimiliki juga berbeda. Anda bisa memilih RAM jenis DDR3 dan DDR4 karena kedua type RAM tersebut sangat baik untuk permainan game.
  3. Kecepatan RAM
    Anda bisa memilih type RAM yang memiliki kecepatan lebih tinggi. Mengapa demikian? Sama halnya jika ada lomba lari, ada beberapa peserta yang berlomba menuju suatu tempat. Kecepatan lari masing-masing perserta tentu berbeda, dan salah satu peserta yang berlari lebih cepat maka dialah yang menang dan cepat sampai ke tujuan. Demikian juga dengan kecepatan RAM, semakin cepat RAM maka semakin nyaman Anda bermain game.
  4. Interface/Slot/Socket Interface
    Untuk bagian ini anda harus perhatikan betul, apa bila anda salah dalam memilih RAM tentunya uang yang anda keluarkan akan sia siap , karena barang yang sudah di beli tidak bisa di kembalikan hehe. Jadi usahakan dalam memilih RAM sesuaikan dengan Slot yang mendukung motherboard komputer atau laptop kamu , sebagai contoh misalnya saja Laptop atau komputer kamu support slot DDR 2 maka anda harus mencari RAM yang menggunakan slot DDR2 , jika anda belikan dengan menggunakan DDR 3 tentunya nanti tidak pass slotnya dan akan sia sia RAM yang anda beli karena tidak terpakai.
  5. Motherboard
    Untuk yang satu ini, anda harus perhatikan juga , memilih motherboard komputer terbaik sebenarnya hampir sama dengan SLOT pada RAM, tapi jika kita berpatokan pada motherboard maka RAM kita pilih harus menyesuaikan dengan support socket pada motherboard yang kita miliki. Sebagai contoh misalnya saja Motherboard Makasimal dual channel 8 GB kecepatan 1333 MHz , nah jika anda memasang RAM 16 GB dengan kecepatan 1866 Mhz maka tentunya motherboard tidak sanggup untuk bekerja dengan maksimal dan tidak stabil.
  6. Merek RAM
    Anda bisa memilih merek RAM pc terbaik yang sudah dikenal dan digunakan gamer. Dipasaran memang banyak merek dan type RAM yang bisa Anda pilih, sayangnya hanya beberapa merek saja yang benar-benar berkualitas. Sekalipun harga RAM tidak begitu mahal, pastikan Anda membeli RAM yang berkualitas. Semakin baik merek RAM maka semakin baik performa dan kinerjanya.
  7. Budget Anda
    Jika Anda memiliki budget yang lebih besar, Anda bisa membeli RAM sebesar 12 GB hingga 16 GB untuk dipasang pada komputer gaming. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin mahal harganya, namun Anda bisa mendapatkan kenyamanan saat bermain game atau menjalankan aplikasi lainnya. Jika budget Anda minim, Anda bisa menyesuaikan budget dengan kapasitas RAM yang bisa mendukung permainan game Anda sekalipun kapasitasnya tidak sebesar 12GB. Kapasitas RAM minimum yang bisa digunakan untuk gaming sekitar 4GB.

Kesimpulan
Untuk Kesimpulan dalam memilih ram yang terbaik dan bagus untuk gaming adalah yang pertama Anda harus perhatikan adalah harus memiliki noMOR seri yang sama dan juga spesifikasi yang sama, kemudian memiliki kecepatan frekuensi yang sama, usahakan memiliki kapasitas yang sama, kalau slot 1 RAM 2 GB, maka slot 2 RAMnya juga 2 GB, selain itu masih usahakan untuk membeli RAM yang memiliki merek sama dengan yang komputer anda gunakan, harus memiliki interface/slot/socket yang sama agar tidak sia-sia dalam membeli RAMnya, selain itu motherboard harus support dan RAM menyesuaian motherbord.

Biasanya para gamers selalu memilih RAM yang memiliki performa terbaik dengan clock tertinggi yaitu 8 gb. RAM dengan clock seperti ini memang sangat membantu sebuah PC untuk bekerja lebih optimal dan maksimal. Sehingga kemampuan merender aplikasi 3 Dimensi dapat dengan cepat terpenuhi.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Satu komentar

  1. Salam dari Los angeles ! Saya bosan di tempat kerja jadi saya memutuskan untuk memeriksa
    Anda situs di iphone saya selama istirahat makan siang.

    Saya benar-benar seperti yang pengetahuan Anda memberikan di sini dan tidak sabar untuk melihatnya ketika aku pulang.

    Aku terkejut bagaimana cepat blog Anda dimuat pada saya ponsel ..

    aku bahkan tidak menggunakan WIFI, 3G hanya .. Anyways, mengagumkan situs !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.