Home > Komponen > Tips Memilih Harddisk yang Tepat untuk NAS Storage

Tips Memilih Harddisk yang Tepat untuk NAS Storage

Tips Memilih Harddisk yang Bagus untuk Server NAS – NAS atau disebut juga Storage NAS merupakan kepanjangan dari “Network Attached Storage” yang biasanya membutuhkan harddisk sebagai keperluan untuk share, media penyimpanan dan juga back-up data. Sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuauh harddisk maka akan lebih baik jika anda melakukan pengecekan terlebih dahulu dengan membuka website NAS untuk memastikan kecocokan atau kompatibiltas dari hard disk dengan sistem NAS yang akan dituju.

Pada umumnya terdapat beberapa hard disk yang memang di desain dan memang dibuat khusus untuk NAS seperti misalnya hard disk “WD-Red” dan juga beberapa hard disk lainnya yang biasanya terdapat tulisan for NAS yang dalam bahasa Indonesia berarti Untuk NAS. Anda dapat memilih hard disk dengan jenis ini jika anda ingin mencari aman dan memiliki kualitas yang prima.

Memilih Harddisk yang Tepat untuk NAS Storage

Agar dalam pengoperasiannya hard disk tetap awet, tahan panas dan juga memiliki suara yang halus dalam putarannya maka memang diperlukan pilihan yang seksama dalam menentukan harddisk yang tepat. Mengapa? Hal ini karena memang penggunaan NAS bisa berlangsung secara terus menerus selama 24 jam tanpa berhenti. Sehingga sangat diperlukan sebuah hard disk yang tangguh dan juga mumpuni serta memiliki kualitas yang sangat baik. Pemilihan harddisk yang tepat akan sangat mungkin memberikan banyak sekali kemudahan dan kemungkinan untuk meminimalisir segala hambatan dan masalah yang mungkin akan terjadi kedepannya atau bahkan jika mungkin sebuah harddisk yang tepat akan meniadakan setiap masalah ini.

Dengan adanya harddisk dengan tipe seperti ini maka sudah tentu anda tidak perlu sering-sering mengeluarkan uang untuk melakukan perbaikan. Memilih sebuah harddisk dengan kualitas yang baik untuk NAS memang mungkin akan membutuhkan biaya yang agak sedikit lebih banyak. Namun sebenarnya langkah ini merupakan sebuah langkah yang menguntungkan untuk jangka panjang. Mengapa? Karena hard disk dengan kualitas yang baik tidak akan sering mengalami kerusakan sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk membayar segala perbaikan yang mungkin terjadi berkali-kali.

Biasanya penggunaan beberapa hard disk yang memiliki kapasitas berbeda dalam satu NAS tidak akan menjadi masalah namun sebaiknya anda tetap memilih hard disk dengan kecepatan putaran yang sama misalnya saja hard disk yang memiliki kecepatan putaran berkecepatan 7200rpm. Sedangkan dalam hal pemilihan ukuran, anda dapat memilih harddisk yang nemiliki ukuran 3.5”, 2.5” dan juga SSD. Biasanya hard disk dengan ukuran ini akan lebih kompatibel atau cocok dengan NAS. Diskusikanlah dengan beberapa orang yang lebih mengerti jika dirasa anda msih sedikit ragu-ragu dalam hal pemilihan hard disk untuk NAS.

Itulah tadi beberapa tips memilih harddisk yang tepat untuk NAS yang dapat anda lakukan dan mungkin akan memberikan pengetahuan baru serta manfaat bagi anda untuk dapat memilih harddisk yang tepat untuk NAS. Secara mudah, kesimpulan yang dapat kita tarik adalah pilihlah harddisk yang memang diciptakan atau di buat khusus untuk NAS sehingga akan lebih awet dan lebih memudahkan anda. Selain hal tersebut, usahakan pula untuk menggunakan harddisk dengan tipe, kecepatan dan ukuran dalam jumlah yang sama dalam satu unit NAS. Seperti yang telah dikatakan diatas bahwa memilih harddisk yang tepat dan berkualitas tinggi untuk NAS mungkin akan membutuhkan biaya yang lebih mahal, namun semua akan sepadan dengan kenyamanan yang anda peroleh.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Pengertian dan Perbedaan IPV4 dan IPV6 Dalam Jaringan

Pengertian dan Perbedaan IPV4 dan IPV6 Dalam Jaringan

Pengertian dan perbedaan IPV4 dan IPV6 dalam jaringan Internet Komputer – IP atau kepanjangan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *