Home > Komponen > Tips Memilih Hard Disk Eksternal Terbaik Yang Berkualitas
Tips Memilih Hard Disk Eksternal Terbaik Yang Berkualitas

Tips Memilih Hard Disk Eksternal Terbaik Yang Berkualitas

Panduan tips cara memilih Hard Disk Eksternal terbaik yang awet, bagus dan berkualitas – Secara umum sebuah laptop dan komputer telah memiliki hardisk internal. Dimana kapasitas hardisk yang tersedia berbeda beda. Pada dasarnya hardisk digunakan sebagai perangkat untuk menyimpan suatu data. Namun biasanya data yang kita simpan sangat banyak tak hanya berupa dokumen, atau foto saja tapi juga data berupa aplikasi juga memakan ruang penyimpanan hardisk sehingga jika sudah terlalu banyak maka akan membuat hardisk menjadi penuh dan berefek pada operasional komputer menjadi lamban.

Maka dari itu anda memerlukan hardisk tambahan untuk menyimpan data data anda yang terlalu banyak tersebut. Nah maka dari itu kehadiran hardisk eksternal menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah ruang penyimpanan pada hardisk internal yang penuh. Biasanya hardisk eksternal ini dikenal dengan hardisk portable dimana cara penggunaannya seperti flashdisk yaitu dengan menghubungkan kabel USB pada USB port komputer atau laptop.

Dipasaran terdapat berbagai macamHard Disk Eksternal Terbaik dengan beraga, jenis merek, kapasitas, bentuk, dan warna yang menarik. Nah bagi anda yang sedang memerlukan Hard Disk Eksternal Terbaik yang bagus dan tidak gampang rusak, kebetulan sekali saat ini DimensiData.com akan membagian panduan tips cara memilih hardisk eksternal terbaik yang bagus dan berkualitas. Nah mungkin informasi ini bisa membantu anda dalam memilih hardisk eksternal sesuai kebutuahn anda.

harddisk eksternal terbaik yang awet bagus berkualitas

1. Sistem Operasi

Perhatikan pula sistem operasi pada hardisk eksternal yang digunakan. Anda harus menyesuaikan jenis perangkat yang anda gunakan. Karena setiap perangkat memiliki spesifikasi hardisk eksternal yang berbeda. Seperti antara MAC dan PC. Dimana spesifikasi hardisk eksternal untuk MAC, harus menggunakan HFS+. Tapi untuk spesifikasi Hard Disk Eksternal Terbaik untuk PC berbasis windows, ada cukup banyak variasinya. Sehingga anda harus memilih hardisk eksternal sesuai dengan sistem operasi.

2. Kapasitas Hard Disk Eksternal

Selain itu perhatikan pula kapasitas hardisk eksternal. Jangan sampai anda memilih kapasitas hardisk eksternal yang lebih rendah dari hardisk internal anda. Sebagai referensi, hardisk eksternal kapasitas 1 TB bisa menjadi recommend yang tepat. Tapi pemilihan Hard Disk Eksternal Terbaik juga harus disesuaikan dengan jenis file apa yang akan anda simpan. Jika sebagian besar anda menyimpan software atau game maka pilihlah kapasitas hardisk yang berukuran besar yakni antara 500 GB sampai 1 TB. Namun mungkin hardisk ukuran besar ini harganya cukup mahal.

3. Kecepatan rotasi Hard Disk Eksternal

Salah satu hal terpenting dalam memilih Hard Disk Eksternal terbaik yang bagus dan berkualitas, anda harus mengetahui kecepatan rotasi pada hardisk eksternal. Karena kecepatan rotasi ini sangat mempengaruhi kecepatan dalam membaca tulis datanya. Dimana semakin cepat perputaran rotasinya maka kinerjanya pun semakin baik. Salah satu contoh ukuran kecepatan rotasi terbaik adalah 7200 rpm. Bahkan saat ini sudah ada kecepatan rotasi hardisk sampai 15.000 rpm.

4. Konektivitas Hard Disk Eksternal

Jangan lupa juga perhatikan kemampuan konektivitas pada hardisk eksternal. Namun sayangnya hal ini sering terlupakan oleh orang dalam cara memilih hardisk eksternal terbaik. Padahal memperhatiakn konektivitas sengat berpengaruh terhafap kecepatan transfer data. Pastikan hardisk yang dipilih memiliki dukungan USB 3.0.

Sehingga proses transfer data menjadi lebih cepat dibandibgkan dengan support USB 2.0. USB 3.0 memiliki kecepatan transfer hingga 5 gbbs. Tapi ada juga yang lebih cepat dari USB 3.0 yaitu hardisk yang kenggunakan port thunderbolt. Namun harga hardisk eksternal dengan perangkat konektivitas ini harganya cukup mahal.

5. Keamanan Hard Disk Eksternal

Faktor keamanan adalah alasan utama kita memerlukan sebuah hard disk external bagus. Namun, beberapa hardisk eksternal menawarkan fitur keamanan yang berbeda. Ada yang hanya berfungsi sebagai “kotak penyimpanan” saja, ada pula yang secara otomatis mampu membuat file cadangan. Jika lebih aware dengan soal keamanan, carilah hardisk eksternal yang dilengkapi software untuk meng-enkripsi data yang tersimpan didalamnya atau dilengkapi password untuk membukanya.

6. Cover Hard Disk Eksternal

Cover Harddisk sangat dibutuhkan untuk Anda yang sering bepergian, sehingga membutuhkan keamanan lebih agar komponen perangkat keras seperti harddisk eksternal dapat tahan lama. Anda dapat menggunakan pelindung seperti, Cover Harddisk untuk melindungi harddisk eksternal anda dari kemungkinan terkena air, dan hal lain yang dapat mempengaruhi kinerja dari harddisk.

7. Fitur Hard Disk Eksternal

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan ketika memilih Hard Disk Eksternal terbaik yang bagus dan berkualitas adalah fiturnya. Beberapa fitur yang wajib ada pada sebuah hard disk di antaranya adalah backup dan juga password protection. Terdapat juga berbagai macam fitur lain yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

8. Merk Hard Disk Eksternal

Anda tidak akan ingin harddisk eksternal Anda rusak dan tidak mendapatkan garansi sama sekali, beberapa merk memiliki garansi yang sangat berguna dikemudian hari, diantara merk-merk Hard Disk Eksternal yang bagus dan berkualitas adalah: Buffalo, Gigabyte, Western Digital, Xtreamer.

Untuk produk-produk harddisk external terbaik yang bagus dan berkualitas dengan berbagai merk dan pilihan harga serta kapasitas bisa Anda dapatkan hanya di kategori Hardisk External pada toko online kami DimensiData.com

Seperti itulah informasi mengenai Panduan tips cara memilih Hard Disk Eksternal terbaik yang awet, bagus dan berkualitas yang dapat disampaikan. Hard disk eksternal merupakam kompone komputer yang terbilang cukup penting, jadi jika anda berniat untuk membeli, maka pastikan anda membeli hardisk dengan kualitas terbaik.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.