Thursday, 28 August , 2014

Tips dan Trik Merawat Laptop

Laptop jauh lebih ringkas, fleksibel, dan mudah digunakan ketimbang komputer desktop pada umumnya. Namun, laptop adalah perangkat elektronik yang cukup sensitif. Kelalaian Anda akan merusak laptop tersebut entah disadari atau tidak. Anda perlu meluangkan sedikit waktu untuk merawatnya sehingga laptop bisa digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama. Berikut ini beberapa tips dan trik mudah untuk merawat dan memperpanjang usia laptop Anda.

Tips dan Trik Merawat Laptop Jauhkan laptop dari sinar matahari langsung (terutama pada bagian layarnya). Seperti yang dijelaskan sebelumnya, laptop adalah perangkat yang sensitif dan bisa rusak dengan mudah (jika Anda tidak merawatnya dengan baik). Cuaca juga bisa menjadi musuh utama laptop, terutama pada saat hujan.

Salah satu komponen laptop yang paling mudah kotor adalah keyboard. Jika Anda sering menggunakan laptop untuk mengetik, keyboard menjadi lebih mudah kotor terutama jika jari tangan Anda berminyak. Untuk membersihkan keyboard, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner ukuran mini yang biasanya disediakan khusus untuk laptop. Atau, Anda bisa membeli pelindung khusus untuk keyboard laptop.

Anda suka menonton film sambil bermalas-malasan di atas kasur? Biasanya Anda hanya meletakkan laptop di atas kasur saat menikmati tontonan tersebut. Kebiasaan ini perlu dihilangkan karena berpotensi merusak laptop. Jangan letakkan laptop di atas permukaan yang empuk. Sirkulasi udara dalam laptop akan terganggu dan tentunya laptop menjadi lebih cepat panas. Panas berlebihan bisa merusak komponen laptop yang sensitif terutama processor dan hard disk. Selain itu, laptop akan menjadi lebih cepat rusak.

Jangan pernah meletakkan benda apapun di atas laptop Anda. Tekanan adalah musuh bagi laptop karena laptop cukup sensitif. Jika Anda sering membawa laptop saat bepergian, jangan memasukkannya ke tempat yang sudah penuh. Tekanan bisa mempercepat kerusakan laptop.

Jika laptop Anda mengalami kerusakan, jangan pernah mencoba untuk membongkar laptop tersebut atau membenarkan kerusakannya sendiri. Serahkan laptop tersebut ke tenaga ahli yang sudah berpengalaman. Anda juga bisa menggunakan garansi untuk mendapatkan service atas kerusakan tersebut.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk membersihkan laptop secara rutin. Bagian yang perlu dibersihkan adalah layar dan keyboard. Untuk membersihkan layar, Anda bisa membeli cairan pembersih khusus yang bisa didapatkan dengan mudah di toko komputer.

Kerusakan pada laptop tidak hanya ada pada hardware saja. Kerusakan pada software juga bisa menjadi masalah yang cukup menjengkelkan bagi penggunanya. Untuk mencegah ancaman virus, Anda perlu menginstal software anti virus yang bisa didapatkan dengan mudah. Setiap Anda memasukkan flash disk atau external hard disk ke laptop, Anda harus melakukan scanning terlebih dahulu. Selain itu, Anda perlu lebih berhati-hati saat menggunakan software yang di download dari internet. Software tersebut bisa saja membawa malware dan virus ke laptop Anda.

Tidak seperti beberapa tahun sebelumnya, laptop sudah menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Laptop adalah kebutuhan pokok yang sangat penting untuk menunjang profesi. Jika Anda seorang guru, tentunya Anda harus membawa laptop untuk melakukan persentasi di hadapan murid. Hampir semua pengguna laptop membutuhkannya untuk mendukung pekerjaan mereka. Tidak sedikit juga yang menggunakan laptop sebatas untuk menikmati hiburan multimedia, seperti film atau game. Namun, perlu diingat bahwa laptop adalah perangkat sensitif yang tidak bisa digunakan 24 jam sehari layaknya komputer desktop. Perawatan sangat penting untuk memperpanjang usia laptop Anda.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>