Home > Peralatan Kantor > Tips Cara Merawat Printer Inkjet

Tips Cara Merawat Printer Inkjet

Tahukah Anda kenapa harga ngeprint di rental computer jauh sangat mahal dibanding dengan jika Anda print dengan menggunakan printer sendiri? Alasannya adalah karena biaya perawatan dari printer itulah yang mahal. Mungkin Anda termasuk yang sering bergonta ganti printer karena alas an sering rusak. Printer inkjet merupakan jenis printer yang menggunakan tabung isi tinta di luar printer sehingga Anda tidak perlu repot harus membongkar printer jika mengisi ulang tinta. Printer ini paling banyak digunakan oleh masyarakat atau usaha kecil seperti warnet. Hal ini karena harga dari printer inkjet relatif murah. Selain berbagi merek yang disediakan, Anda harus mengetahui pula beberapa tipe printer yang disediakan di pasaran, yaitu printer inkjet, printer laser jet, dan printer dot matrik. Printer yang biasa menjadi satu paket dengan pembelian printer baru yang ialah printer inkjet.

Printer inkjet murah ini dapat Anda miliki mulai harga Rp.400.000,- saja. Ada beberapa merek printer inkjet yang direkomendasikan yaitu Canon MP 258, Epson L200, HP F2476. Namun jika Anda menginginkan printer murah dapat memilih Epson L100 dan Epson L200. Kekurangan dari printer inkjet dan printer lainnya ialah pada bagian kerusakan. Mengingat printer merupakan salah satu alat yang penting, maka sebaiknya Anda merawat printer dengan baik.

Tips Cara Merawat Printer Inkjet_01

Coba perhatikan bagaimana tips berikut mengajarkan Anda untuk lebih pintar merawat printer inkjet tersebut.

  1. Jangan pernah biarkan printer inkjet Anda tidak terpakai terlalu lama. Penggunaan secara periodik, setidaknya 2 kali seminggu, akan membuat tinta yang terdapat pada nozzle head tidak sampai kering. Kalau tinta tersebut kering, maka akan terjadi penyumbatan pengeluaran tinta yang tentunya dapat merusak printer Anda.
  2. Biasanya, dalam paket printer inkjet sudah mendapatkan software bernama clean head. Gunakan kemampuan clean head untuk membersihkan nozzle head. Pastikan Anda melakukannya secara periodik, minimal sebulan sekali, disarankan sebulan 2 kali.
  3. Debu dan kotoran luar juga bisa merusak printer. Apabila Anda melihat ada benda asing seperti debu dan kotoran terjatuh dalam printer, bersihkan langsung. Pastikan Anda tidak menggunakan lap yang basah atau banyak air saat membersihkannya. Air akan merusak printer dengan cepat.
  4. Ketika Anda ingin mematikan printer, pastikan untuk menggunakan tombol power, bukan dengan mencabut kabel printer. Apabila Anda mematikan dengan mencabut kabel printer, maka head printer belum sempat kembali ke posisi awalnya. Dampaknya? Tinta printer akan cepat mengering.
  5. Ketika mencetak dokumen, pastikan bahwa kertas tidak terlipat. Lebih baik menggunakan kertas yang halus. Apabila sampai kertas tersangkut pada printer, maka roller printer bisa rusak.
  6. Jangan menyentuh bagian elektrik cartridge printer dengan jari, terutama pada bagian chip dan head. Listrik statis tubuh Anda bisa merusak komponen printer. Apabila Anda harus membersihkan bagian tersebut, gunakan kertas tissue berkualitas. Tissue berkualitas jelek malah akan meninggalkan kotoran tambahan.
  7. Gunakan tinta refill berkualitas baik dan pastikan mengisi cartridge tidak terlalu penuh. Pengisian terlalu penuh berpotensi kebocoran cartridge. Dampak terparahnya? Motherboard printer juga bisa rusak!
  8. Jangan pernah membiarkan printer tidak berisi cartridge dalam jangka waktu terlalu lama. Print head bisa kering apabila cartridge tidak terisi. Pastikan juga wastepad tidak meluber di dalam printer.
  9. Jangan pernah merasa jago dengan membuka casing printer. Ingatlah bahwa komponen printer hanya bisa diservis oleh orang yang sudah ahli. Anda hanya perlu melakukan perawatan, bukan mencoba untuk memperbaiki.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.