Home > Aksesoris > Tips Cara Membedakan Adaptor Charger Laptop Original dan KW
Tips Cara Membedakan Adaptor Charger Laptop Original dan KW

Tips Cara Membedakan Adaptor Charger Laptop Original dan KW

Tips Cara Mudah Membedakan Adaptor Charger Laptop Original dan KW / Palsu – Charger laptop merupakan komponen laptop yang sangat penting dalam menunjang aktifitas penggunaan laptop. Pasalnya adaptor charger laptop sangat berguna untuk pengisian baterai. Coba bayangkan jika laptop anda tidak ada chargernya? Heem…bisa bisa laptop anda tidak berguna.

Mengapa charger laptop harus original?

Karena adaptor charger laptop original memiliki komponen pada laptop yang berfungsi sebagai pengaman voltase tinggi, filtrasi, dan sebagai penahan arus yang kuat agar saat pengecesan baterai laptop tidak ada kebocoran arus AC.

Pasalnya komponen yang terdapat pada adaptor charger laptop original memiliki peran sebagai trafo power inductor, filter choke dan transformer utama penurun daya. Dan harga per satuan komponen ini dijual dengan harga yang cukup fantastis yaitu sekitar $2-7 sehingga gak salah jika harga adaptor charger laptop orginal dibanderol sekitar $45-120.

Nah jauh berbeda dengan adaptor charger laptop KW dimana harga jualnya dibawah harga adaptor charger laptop original. Yang Membedakan Adaptor Charger Laptop Original dan KW yaitu pada charger laptop KW tidak ada komponen filter choke (toroidal common mode choke) sehingga arus AC akan langsung menuju dioda lalu menuju ke regulator dan merubah arus AC voltase tinggi ke DC.

Perbedaan lain yang mencolok antara adaptor charger laptop original dan KW adalah pada jenis dan kualitas komponen seperti sistem pendingin, sirkuit charger, kualitas solder dan PCB. Dimana jumlah komponen komponen ini pada adaptor charger laptop original jauh lebih banyak. Dengan begitu output charger laptop original menjadi lebih akurat dan temperatur stabil jauh lebih dingin dibandingkan charger laptop KW. Dengan kata lain apadtor charger laptop original jauh lebih baik dan aman digunakan serta dapat menjaga keawetan laptop

Mengapa demikian? Berikut penjelasannya

Sebuah laptop tentu membutuhkan sumber daya atau power supply yang stabil dan akurat karena sumber daya yang stabil akan dapat membuat kinerja laptop berjalan stabil. Nah sumber daya yang stabil ini tentu membutuhkan baterai. Hal ini pastinya harus didukung dengan adanya proses charging dan baterai laptop yang awet.

Perbedaan adaptor charger laptop original dan daptor charger kw

  • Harga adaptor charger laptop. Sudah tentu harga adaptor original biasanya lebih mahal dari adaptor KW, biasanya hampir 2x lipatnya. Jangan tergiur harga adaptor murah, karena bisa jadi itu adaptor second bahkan KW atau palsu.
  • Bahan adaptor charger laptop. Bahan casing dari Adaptor Kw lebih tipis dari Original, coba disentil biasanya akan terasa isi dalam adaptor tersebut.
  • Cek stiker adaptor charger laptop. Stiker yangg ditempel pada adaptor Original tampak nyata Rapi dan bagus, sedangkan kw pada umumnya tampak kurang rapi.
  • Adaptor ori lebih berat. Secara umum adaptor Original lebih berat dibanding dengan yang compatible (tidak semuanya ya), coba bandingkan berat antara adaptor asli dan KW/palsu.
  • Daya adaptor charger laptop. Adaptor Compatible/KW lebih cepat panas saat digunakan. Bila diukur, daya pada adaptor original maka akan sama dengan yang tertera di stiker, sedangkan yang kw blum tentu sama dan inilah pengujian paling tepat untuk Membedakan Adaptor Charger Laptop Original dan KW.

Berikut ini Tips Cara Membedakan Adaptor Charger Laptop Original dan KW

Perbedaan Adaptor Charger Laptop Original Dengan Yang KW

Charger laptop original memiliki beban yang lebih berat. Hal ini dikarenakan charger laptop original memiliki komponen yang lebih kompleks dan memiliki lilitan travo yang lebih banyak sehingga arus listrik yang dihasilkan lebih stabil dan sesuai.

  • Charger laptop original memiliki kabel adaptor yang lebih panjang, biasanya panjang kabel charger laptop original sekitar 1 meter atau lebih. Ciri kabel adaptor charger laptop lebih lentur dan kuat
  • Pada charger laptop original memiliki label merk yang sama dengan merk laptop, seperti Adaptor Laptop Acer, Apple, ASUS, HP, Lenovo, TOSHIBA, Dll.

Nah maka dari itu jangan anggap sepele charger laptop yang anda gunakan. Pasalnya jika ternyata charger laptop yang anda gunakan adalah KW maka laptop anda akan mengalami kerusakan, bahkan bisa sampai sampai hang, mati dan membuat kerusakan pada komponen laptop lainnya. Atau bahkan dapat membuah harddisk laptop hang dan srmua data menjadi hilang.

Jadi bijaklah dalam memilih charger laptop. Jika charger laptop anda rusak, carilah charger laptop yang sama spesifikasinya dengan charger laptop lama anda. Jangan asal pilih. Ingat, jika anda salah pilih, maka laptop anda taruhannya. Tapi hati hati juga karena saat ini ada charger laptop KW super yang sudah dibedakan karena sekitar 90% mirip dengan ciri ciri charger laptop original.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Perbedaan USB Tipe-A, Tipe-B dan Tipe-C Serta Kelebihannya

Perbedaan USB Tipe-A, Tipe-B dan Tipe-C Serta Kelebihannya

Perbedaan USB Tipe-A, Tipe-B dan Tipe-C Serta Kelebihannya – Sebelumnya, anda tentu sudha mengenalkan tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *