Home > Berita Teknologi > Tips Belanja Online Yang Aman

Tips Belanja Online Yang Aman

Apakah Anda sering berbelanja online,   produk  atau jasa apa saja yang   Anda beli, apakah  nyaman dan aman  jika Anda berbelanja secara online?  Belanja online untuk   berbagai macam produk bahkan jasa memang saat ini banyak memberikan kemudahan, apalagi bila Anda sangat sibuk  tentunya berbelanja online  bisa membantu Anda. Jika   ingin beli baju misalnya,  cukup di depan komputer atau laptop dan Anda bisa bertransaksi secara langsung. Beberapa saat atau beberapa hari barang yang Anda inginkan  datang, mudah bukan? Tapi,  semua tak semudah yang Anda bayangkan, banyak juga   orang yang tertipu  saat berbelanja online, bahkan  mereka harus menelan rasa pahit   karena  kehilangan  uang yang cukup banyak.

Ada berbagai toko online yang  memberikan penawaran produk dan jasa  di internet, jika  Anda  tidak jeli memilih toko online tersebut  maka bisa  jadi Anda  tertipu.   Untuk  satu produk saja misalnya     laptop, ada  puluhan bahkan ratusan   toko online yang menjual   laptop yang sama,  mereka menawarkan  harga yang bervariasi dengan  keterangan yang membuat  calon konsumennya tertarik.  Jika Anda  masih pertama kali membeli  produk secara online, maka  jangan langsung membeli produk tersebut.

Tips Belanja  Online Yang Aman_2

  Berikut beberapa tips  berbelanja online yang aman:

  1. Carilah beberapa toko online

Saat Anda akan membeli produk tertentu, misalnya saja membeli smartphone secara online,  Anda    bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang toko online yang menjual  smartphone tersebut.  Tinggal browsing di internet dan Anda akan menemukan banyak toko online yang menjual produk yang Anda inginkan. Setelah itu Anda   bisa mempertimbangkan   tentang   beberapa toko online yang  Anda pilih. Masing-masing toko online pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya  sehingga Anda benar-benar harus selektif memilihnya.

  1. Perhatikan domain toko online

Domain    bisa menjadi salah satu    pertimbangan apakah toko tersebut benar-benar professional atau tidak. Jika   toko online tersebut menggunakan domain gratisan  seperti blogspot misalnya,  tentunya calon konsumen tidak begitu percaya dengan tingkat keprofessionalan  toko tersebut. Berbeda  dengan toko online yang menggunakan domain dot.com, dot.co.id, dot net, atau  domain lain yang berbayar, hal ini   bisa menggambarkan bahwa toko tersebut benar- benar bekerja secara professonal.

  1. Alamat yang tercantum pada toko online

Beberapa  toko online yang professional  akan mencantumkan alamat toko offlinennya, baik berupa jalan,  nomor telephon dan juga  hal-hal penting yang  memudahkan konsumen untuk berkomunikasi dengan  toko tersebut.  Anda bisa memilih toko online dengan alamat lengkap terlebih pilihlah toko online yang   juga menjual produknya secara offline.

  1. Cara pembayaran

Pilihlah toko online yang memberikan  sistem pembayaran yang mudah dan lengkap,  seperti menyediakan  beberapa rekening  bank  lokal atau  cara pembayaran lainnya. Dengan   sistem pembayaran yang  mudah tersebut maka konsumen   akan dimudahkan dan merasa senang berbelanja, selain itu Anda akan terhindar dari penipuan.

  1. Cara pengiriman

Pengiriman   produk yang telah  di beli oleh konsumen  yang terlalu lama, bahkan hingga  berminggu-minggu, hal ini pastinya bisa membuat   konsumen kecewa. Anda bisa melihat cara pembayaran yang tertera di  toko online tersebut,  jika mereka menggunakan   jasa pengiriman yang   sudah ternama dan sering digunakan maka toko online tersebut  akan mengirim  barang   dengan  cepat dan tepat waktu.

  1. Harga

Pilihlah toko online yang   memberikan harga terjangkau untuk produk yang dijualnya. Namun,  jangan memilih toko online yang menjual produk dibawah harga pasar,  atau produk tersebut dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari toko online lainnya.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Pengertian dan Macam Jenis Sistem Bilangan Komputer

Pengertian dan Macam Jenis Sistem Bilangan Komputer

Pengertian dan Macam Jenis Sistem Bilangan Komputer – Number system, Format bilangan komputer atau sistem bilangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *