Home > Berita Teknologi > Tips Belanja Online Yang Aman
Tips Belanja Online Yang Aman

Tips Belanja Online Yang Aman

Apakah Anda sering berbelanja online, produk  atau jasa apa saja yang Anda beli, apakah nyaman dan aman jika Anda berbelanja secara online? Belanja online untuk berbagai macam produk bahkan jasa memang saat ini banyak memberikan kemudahan, apalagi bila Anda sangat sibuk tentunya berbelanja online bisa membantu Anda.

Jika ingin beli baju misalnya, cukup di depan komputer atau laptop dan Anda bisa bertransaksi secara langsung. Beberapa saat atau beberapa hari barang yang Anda inginkan datang, mudah bukan? Tapi, semua tak semudah yang Anda bayangkan, banyak juga orang yang tertipu saat berbelanja online, bahkan  mereka harus menelan rasa pahit karena  kehilangan uang yang cukup banyak.

Ada berbagai toko online yang  memberikan penawaran produk dan jasa di internet, jika Anda tidak jeli memilih toko online tersebut maka bisa jadi Anda tertipu. Untuk satu produk saja misalnya  laptop, ada puluhan bahkan ratusan toko online yang menjual laptop yang sama, mereka menawarkan harga yang bervariasi dengan keterangan yang membuat calon konsumennya tertarik. Jika Anda masih pertama kali membeli produk secara online, maka jangan langsung membeli produk tersebut.

Tips Belanja Online Yang Aman_2

Tips Belanja Online Yang Aman

Berikut beberapa tips berbelanja online yang aman:

  1. Carilah beberapa toko online

Saat Anda akan membeli produk tertentu, misalnya saja membeli smartphone secara online, Anda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang toko online yang menjual smartphone tersebut.

Tinggal browsing di internet dan Anda akan menemukan banyak toko online yang menjual produk yang Anda inginkan. Setelah itu Anda bisa mempertimbangkan tentang beberapa toko online yang Anda pilih.

Masing-masing toko online pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sehingga Anda benar-benar harus selektif memilihnya.

  1. Perhatikan domain toko online

Domain atau url bisa menjadi salah satu pertimbangan apakah toko tersebut benar-benar professional atau tidak. Jika toko online tersebut menggunakan domain gratisan seperti blogspot misalnya, tentunya calon konsumen tidak begitu percaya dengan tingkat keprofessionalan toko tersebut.

Berbeda dengan toko online yang menggunakan domain dot.com, dot.co.id, dot net, atau domain lain yang berbayar, hal ini bisa menggambarkan bahwa toko tersebut benar- benar bekerja secara professonal.

  1. Alamat yang tercantum pada toko online

Beberapa toko online yang professional akan mencantumkan alamat toko offlinennya, baik berupa jalan, nomor telephon dan juga hal-hal penting yang memudahkan konsumen untuk berkomunikasi dengan toko tersebut. Anda bisa memilih toko online dengan alamat lengkap terlebih pilihlah toko online yang juga menjual produknya secara offline.

  1. Cara pembayaran

Pilihlah toko online yang memberikan sistem pembayaran yang mudah dan lengkap seperti menyediakan beberapa rekening bank  lokal atau cara pembayaran lainnya. Dengan sistem pembayaran online yang mudah tersebut maka konsumen akan dimudahkan dan merasa senang berbelanja, selain itu Anda akan terhindar dari penipuan.

  1. Cara pengiriman

Pengiriman produk yang telah di beli oleh konsumen yang terlalu lama, bahkan hingga  berminggu-minggu, hal ini pastinya bisa membuat konsumen kecewa. Anda bisa melihat cara pembayaran yang tertera di toko online tersebut, jika mereka menggunakan jasa pengiriman yang sudah ternama dan sering digunakan maka toko online tersebut akan mengirim barang dengan cepat dan tepat waktu.

  1. Harga

Pilihlah toko online yang memberikan harga terjangkau untuk produk yang dijualnya. Namun,  jangan memilih toko online yang menjual produk dibawah harga pasar,  atau produk tersebut dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari toko online lainnya.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.