Home > Komputer > Tipe Server

Tipe Server

Server merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.

Umumnya, di atas sistem operasi server terdapat aplikasi-aplikasi yang menggunakan arsitektur klien/server. Contoh dari aplikasi ini adalah DHCP Server, Mail Server, HTTP Server, FTP Server, DNS Server dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut atau layanan tersebut juga dapat diperoleh dari pihak ketiga. Setiap layanan tersebut akan merespons terhadap request dari klien. Sebagai contoh, klien DHCP akan memberikan request kepada server yang menjalankan server DHCP; ketika sebuah klien membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan perintah/request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh server DHCP, yakni protokol DHCP itu sendiri.

Overload Server

Contoh sistem operasi server adalah Windows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux. Server biasanya terhubung dengan client dengan kabel UTP dan sebuah Network Card. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA. Fungsi server sangat banyak, misalnya untuk situs internet, ilmu pengetahuan, atau sekedar penyimpanan data. Namun yang paling umum adalah untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet. Server itu ada bermacam macam tipenya yaitu :

  1. Web Server
  2. mail server
  3. real time communication server, itu lho server-server yang buat chatting, irc, yahoo dan sejenisnya.
  4. FTP server, dengan ftp server memungkinkan mentransfer memindahkan file dari komputer yang satu ke yang lainnya memalui internet
  5. Proxy Server
  6. Â telnet server.

Terdapat tiga Macam macam server antara lain yaitu :

a. Server Web

Server Web adalah perangkat lunak yang melayani permintaan file-file dari browser Web. Server web biasanya disebut juga sebagai HTTP (Hypertext Transfer Protocol ) sever .

b. Server Applikasi

Server Applikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi menerjemahkan kode-kode dinamis menjadi kode-kode statis HTML (Hypertext Markup Language )

c. Server Database

Server Database adalah peangkat lunak yang berfungsi mengolah data yang diminta oleh server applikasi. Untuk membuat applikasi web berbasiskan database, komputer atau sistem jaringan harus memiliki paling tidak satu buah sistem database. Jenis database yang bisa digunakan antara lain misalnya: Ms Access, SQL Server, Oracle atau MySQL.Client-Server adalah arsitektur jaringan yang memisahkan client(biasanya aplikasi yang menggunakan GUI ) dengan server. Masing-masing client meminta data atau informasi dari server.

Apa itu Server Platform?

Sebuah istilah yang sering digunakan secara sinonim dengan sistem operasi. Sebuah platform adalah perangkat keras atau perangkat lunak yang mendasari untuk sistem dan dengan demikian adalah mesin yang menggerakkan server. Server Aplikasi Java

Beberapa lebih terkenal aplikasi Java Enterprise Edition server meliputi: Tcat Server (MuleSoft), WebSphere Application Server, WebSphere Application Server Community Edition (IBM), Sybase Enterprise Application Server (Sybase Inc), WebLogic Server (Oracle), JBoss (Red Hat), JRun (Adobe Systems), Apache Geronimo (Apache Software Foundation), Oracle OC4J (Oracle), Sun GlassFish Enterprise Server (berdasarkan GlassFish Application Server) (Sun Microsystems), SAP NetWeaver AS (ABAP / Java) (SAP), Glassfish Application Server (open source), WebObjects (Apple Inc), NEC WebOTX, (NEC) tanaman.

Modul web termasuk servlets dan JavaServer Pages. Proyek yang menawarkan Hibernate EJB-3 wadah implementasi untuk server aplikasi JBoss. Tomcat dari Apache dan Jonas dari contoh khas ObjectWeb wadah yang dapat menyimpan modul-modul ini.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

UPS Terbaik Yang Cocok Untuk Komputer

Rekomendasi Tipe UPS Terbaik Yang Cocok Untuk Komputer

Rekomendasi Tipe UPS Terbaik Yang Cocok Untuk Komputer Terbaru 2017– Apakah anda sering mengalami masalah pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *