Home > Berita Teknologi > Tidak Kompeten dalam Menghadapi Tantangan Bisnis E-Commerce, Multiply Gulung Tikar

Tidak Kompeten dalam Menghadapi Tantangan Bisnis E-Commerce, Multiply Gulung Tikar

Tidak lama lagi, Multiply akan memberhentikan layanannya dalam memfasilitasi jual beli online di internet. Keputusan yang sangat berat tersebut harus diambil oleh pengelola Multiply karena ketidak mampuannya untuk bersaing dalam bisnis e-commerce yang sangat ketat. Di Indonesia sendiri, pedagang atau pembeli masih agak ragu untuk menggunakan Multiply sebagai solusi untuk berjualan atau berbelanja secara online. Alasannya tentu sangat jelas, mereka lebih familiar dengan situs lainnya yang sudah lebih dulu tenar di bisnis jual beli online ini, yaitu Tokobagus. Berdasarkan survey, Tokobagus merajai situs-situs lainnya dalam perdagangan online ini. Bahkan, Tokobagus mampu menyaingi Forum Jual Beli yang dipelopori oleh Kaskus.

Pada tanggal 26 April 2013 lalu, Multiply mengumumkan penutupan layanannya blognya secara resmi. Layanan  tersebut masih bisa digunakan sampai batas waktu yang telah ditetapkan, yaitu tanggal 6 Mei 2013 nanti. Setelah itu, domain Multiply akan ditutup di internet. Menyusul keputusan untuk menghentikan layanan blog tersebut, pengelola Multiply juga mengumumkan untuk menutup semua kegiatan usahanya pada tanggal 31 Mei 2013 nanti. Sebelum tanggal tersebut, Multiply sudah memberikan pengumuman untuk segera menyelesaikan transaksi jual beli.

Multiply, sebelum terjun ke bisnis jual beli online, adalah platform yang sangat familiar bagi para blogger untuk menuangkan tulisan dan ide kreatifnya. Namun, orientasi Multiply mulai beralih ke bisnis jual beli online karena mereka melihat adanya peluang besar dalam bisnis ini.  Fitur-fitur yang disediakan Multiply tidak jauh berbeda dengan situs jual beli online lainnya. Penjual harus terdaftar sebagai member dan menggunakan akunnya untuk berjualan. Setiap barang yang dijual di Multiply tersebut dikelompokkan dalam kategori atau sub-kategorinya masing-masing. Dengan pengelompokan tersebut, pembeli bisa lebih mudah untuk memilih barang yang diinginkan. Setiap produk yang dijual tentu harus disertai dengan foto dan deskripsi yang jelas. Sayangnya, keputusan tersebut mungkin terlambat untuk diterapkan karena Multiply harus bersaing dengan situs jual beli lainnya yang lebih populer, misalnya Kaskus dan Tokobagus. Berbagai iklan di media massa juga tidak memberikan hasil yang cukup signifikan dalam menyaingi popularitas kedua situs tersebut. Dengan terpaksa, Multiply harus menutup layanannya pada bulan Mei nantinya.

Dengan berakhirnya peran Multiply di internet, website ini sudah dua kali mengecewakan penggunanya. Multiply dulu digunakan sebagai salah satu platform blogger terfavorit dan keputusan untuk mengubah konsep Multiply secara drastis menjadi toko online tentu berdampak negatif pada blogger tersebut. Mereka dikecewakan oleh Multiply karena perubahan yang mungkin terlalu dipaksakan ini. Dengan berat hati, mereka mengakhiri aktivitas blogging di platform blog ini. Setelah keputusan untuk merombak total Multiply dilakukan, hasilnya pun sama saja: kekecewaan dari pengelola toko online. Mereka tidak bisa memanfaatkan fitur Multiply secara maksimal atau mungkin tidak begitu familiar dengan konsep fitur yang ditawarkan tersebut. Karena sepi peminat, Multiply menyatakan untuk menutup semua bisnisnya di bulan Mei mendatang.

Penutupan situs Multiply ini tentu tidak menjadi ‘kiamat’ bagi pedagang yang berjualan di internet. Mereka masih bisa menawarkan dagangannya di forum-forum lain yang sudah dikenal dengan baik oleh pengguna internet. Ada banyak forum jual beli yang bisa dimanfaatkan untuk mencari rezeki di dunia maya. Tumbangnya Multiply sendiri mengindikasikan bahwa situs ini tidak bisa bersaing dengan popularitas forum jual beli lain di internet. Anda tentu masih bisa mendapatkan lebih banyak peluang dari forum-forum tersebut.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.