Home > Berita Teknologi > Pilih yang mana: SSD Corsair versus SSD Samsung?

Pilih yang mana: SSD Corsair versus SSD Samsung?

Pilih yang mana: SSD Corsair versus SSD Samsung?
SSD adalah salah satu teknologi baru yang bisa memberikan solusi lebih efektif untuk media penyimpanan data Anda. SSD menjadi alternatif yang lebih baik untuk harddisk konvensional yang biasanya kita temui di pasaran. Melihat minat konsumen terhadap media penyimpanan data ini, banyak perusahaan memproduksi SSD dengan fitur dan spesifikasi berbeda, tidak terkecuali Corsair dan Samsung. Bagaimanakah perbandingan produk antara dua perusahaan tersebut?

Nama Corsair sudah tidak asing lagi bagi pengguna media penyimpanan data. Untuk melebarkan sayapanya, perusahaan ini juga ikut meramaikan persaingan di segmen SSD. Corsair Accelerator hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna terhadap media penyimpanan data berkualitas. SSD Corsair ini memang hanya mempunyai kapasitas 45GB, tetapi produk ini memang dirancang khusus untuk pengguna dengan budget terbatas. Perlu diketahui, harga SSD memang masih lebih mahal daripada harddisk konvensional. Jika dihitung berdasarkan kapasitas per GB, harga SSD tentu lebih tinggi daripada harddisk biasa. Dilihat sekilas, desain produk ini memang tidak terlalu menarik. Desainnya memang sederhana dan dipadukan dengan warna hitam. Untuk performa, SSD ini memang tidak terlalu menarik. SSD bekerja dengan SATA II dan kecepatannya sekitar 300MB per detik. Chip Sandforce SF-2181 digunakan untuk mendukung performa produk ini. Untuk segmen SSD terjangkau, produk ini bisa menjadi pilihan tepat.

Tampaknya Samsung menawarkan produk SSD dengan strategi marketing yang cukup unik. Salah satu produk terbarunya adalah SSD seri 840 Pro. Uniknya, pembeli bisa menikmati Assassins Creed III sebagai bonus. Sebagai informasi, game ini cukup populer di kalangan para gamer. Tokoh utama game ini adalah seorang pembunuh bayaran yang hidup di masa revolusi. Biasanya, hanya kartu grafis yang memberikan bonus berupa game gratis. Namun, Anda tidak langsung mendapatkan game tersebut. Dalam paket penjualan produk ini, Anda bisa mendapatkan kode khusus yang bisa digunakan untuk mendownload game tersebut. Game ini tidak disertakan langsung dalam paket penjualannya, tetapi Anda harus men-download game ini dari situsnya. Sangatlah beralasan jika Samsung memberikan bonus game gratis ini karena produk ini memang dirancang khusus untuk mendukung para gamer. Untuk mendukung game, storage harus berkecepatan tinggi. SSD ini bekerja dengan interface SATA 6.0 Gb/s. Hasilnya, kecepatan baca mampu mencapai 540MB/s. Peforma tersebut bisa mendukung game yang Anda mainkan terutama jika Anda ingin menggunakannya untuk komputer gaming. Tersedia SSD dengan kapasitas berbeda mulai dari 128 GB sampai 512 GB.

Bingung memilih SSD Corsair atau Samsung? Terlepas dari merk produknya, Anda harus lebih mementingkan faktor lainnya seperti kualitas SSD tersebut. Untuk memilih SSD berkualitas, Anda harus memperhatikan kecepatan performanya. Kecepatan menjadi sangat penting jika Anda ingin menggunakannya untuk bermain game atau melakukan pekerjaan berat lainnya. Faktor kedua adalah kapasitasnya. Jangan membeli SSD yang kapasitasnya lebih besar dari yang Anda butuhkan. Jika Anda hanya ingin membeli media penyimpanan data untuk menyimpan koleksi film, harddisk eksternal bisa menjadi alternatif yang tepat. Harga juga menjadi pertimbangan penting dan harga suatu SSD sangat ditentukan oleh besarnya kapasitas yang dimiliki. Mungkin garansi jarang diperhatikan oleh konsumen, tetapi garansi ini bisa menjadi faktor penting terutama ketika Anda mendapatkan masalah atau kerusakan pada produk yang telah dibeli. Jika perusahaan mau memberi garansi yang lebih lama untuk produk SSD, pilihan tersebut bisa lebih meyakinkan.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.