Sunday, 26 October , 2014

Pilih mana? Kamera Mirrorless vs Kamera Mirror

Pilih mana? Kamera Mirrorless vs Kamera Mirror
Perkembangan teknologi digital seakan tidak pernah berhenti. Teknologi baru selalu hadir dan menggantikan teknologi lama. Para fotografer pun bisa mendapatkan berbagai macam produk dan pilihan yang bisa mereka gunakan untuk mendukung hobi atau pekerjaan. Ada banyak tipe kamera yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen penting seperti kamera digital, DSLR, mirror, atau mirrorless. Fokus utama artikel ini adalah perbandingan antara kamera mirrorless dan mirror.

Apakah perbedan utama antara kamera mirrorless dan mirror? Perbedaan utama tentunya terletak pada mirror (cermin) itu sendiri. Mungkin istilah kamera mirrorless sudah tidak asing lagi bagi fotografer. Kamera mirrorless adalah kamera tanpa cermin atau pentarisma, tetapi kamera ini menggunakan lensa yang bisa diganti.Fungsi dari mirror itu sendiri adalah untuk memantulkan cahaya yang berasal dari viewfinder pada kamera. Teknologi ini sudah dipasarkan sejak tahun 2008. Sekilas, kamera ini tidak berbeda jauh dengan kamera DSLR. Jika Anda membandingkannya dengan kamera DSLR, perbedaannya terletak pada cara menampilkan gambar atau foto dalam viewfinder. Untuk menampilkan gambar, kamera yang masih menggunakan mirror membutuhkan ruangan tertentu. Akibatnya, ukuran kamera menjadi lebih besar.

Meskipun mempunyai fungsi yang sama, konsep kamera mirrorless dan kamera mirror tetap berbeda. Kamera ini tidak membutuhkan cermin dan ukuran kamera menjadi lebih ramping dan bobotnya pun lebih ringan. Kamera mirrorless tidak bekerja seperti kamera DSLR atau kamera berbasis mirror lainnya. Untuk menampilkan gambar, kamera ini menerapkan viewfinder elektronik atau hybrid viewfinder. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengganti jendela bidik optik ke elektronik. Dilihat sekilas, kamera mirrorless mempunyai penampilan yang lebih menarik karena ukurannya lebih ramping, lebih ringan, dan lensa bisa disesuaikan.

Kamera mirror dan mirroless mempunyai perbedaan yang cukup sifinikan dalam performa. Tetapi, perbedaan tersebut tidak terlalu jauh. Kamera mirrorless mampu melakukan fokus dengan cepat saat Anda ingin memotret objek tertentu. Meskipun kamera mirror seperti DSLR mampu melakukannya dengan lebih baik, banyak fotografer yang merasa sudah cukup dengan kamera mirrorless mereka.Selain itu, kamera mirrorless mampu mengambil gambar lebih cepat. Kamera ini tidak membutuhkan mirror untuk memantulkan cahaya. Pantulan cahaya tersebut langsung menuju image sensor dan tentunya mempersingkat waktu pengambil gambar. Kamera mirrorless juga lebih ‘tenang’ daripada kamera mirror. Saat Anda menggunakan kamera DSLR, kamera tersebut akan berbunyi waktu pengambilan gambar. Bunyi tersebut memang menjadi ciri khas dari fotografer.

Kamera mirrorless memang menjadi pilihan yang lebih menarik, terutama jika dilihat dari aspek desain dan harganya. Namun, kamera mirror seperti DSLR tentunya jauh lebih unggul dalam performa. Dengan kata lain, kamera ini memang lebih cocok untuk profesional yang benar-benar ingin menggeluti dunia fotografi. Harga kamera DSLR tentunya jauh lebih mahal dari kamera biasa dengan fitur yang sangat terbatas.

Ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda ketahui untuk memilih kamera baik yang mirror atau mirrorless. Tujuan menjadi faktor penting untuk memilih kamera tertentu. Jika Anda ingin lebih menekuni dunia fotografi, kamera mirror seperti DSLR bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Fitur dan pengoperasian kamera tersebut memang jauh lebih kompleks daripada kamera biasa dan tentunya ditujukan oleh orang yang ingin serius dalam dunia fotografi. Harga juga menjadi pertimbangan penting. Untuk mendapatkan harga terbaik, Anda bisa membeli kamera saat pameran atau melalui toko online yang biasanya menawarkan harga yang lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>