Home > Gadget > Perlukah Memasang Antivirus di Smartphone Android?
Perlukah Memasang Antivirus di Smartphone Android?

Perlukah Memasang Antivirus di Smartphone Android?

DimensiData.com – Pentingkah Memasang Antivirus di Smartphone Android? Jika kamu telah memasang antivirus pada komputer, laptop atau notebook, bagaimana dengan smartphone android kamu? Apakah smartphone android membutuhkan antivirus juga? Sebagian besar pengguna smartphone memang tidak pernah berpikiran bahwa ponsel mereka juga bisa mengalami masalah bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Salah satu penyebab dari rusaknya smarphonr android adalah adanya virus pada ponsel tersebut. Malware memang tidak hanya menyerang laptop atau PC namun malware juga bisa menyerang smartphone android. Kemungkinan besar kita memang tidak mengenal virus yang ada pada ponsel yang kita gunakan. Malware pada android jika sudah menyerang ponsel akan sangat berbahaya dan bisa merusak ponsel kamu selamanya.

Artikel Terkait :

Coba kamu ingat-ingat, apakah kamu pernah membuka halaman web saat browsing dan kamu menemuka beberapa aplikasi yang unik. Lalu kamu mengklik aplikasi tersebut dan setelah itu android kamu tiba tiba menjadi sangat lemot. Hati-hati, jangan sembarangan mengklik atau bahkan mendownload aplikasi yang ada pada android kamu. Sekalipun kamu nggak bayar sama sekali untuk mendapatkan berbagai aplikasi namun bisa jadi aplikasi tersebut disusupi virus dan malware.

Pentingkah Memasang Antivirus di Smartphone Android

Malware memiliki cara kerja dengan melakukan penyamaran menjadi aplikasi yang sering digunakan pengguna internet. Malware sering sekali menjadi aplikasi Facebook, SnapChat maupun Twitter. Banyak orang awam yang tidak menyadari bahwa apa yang mereka buka atau bahkan download tersebut adalah virus yang bisa merusak smartphone androidnya.

Virus yang menyerang android menghasilkan aplikasi yang sangat sulit atau bahkan tidak akan bisa dihapus. Aplikasi yang dihasilkan oleh virus android sangat mirip dengan aplikasi yang sesungguhnya, jadi kita memang harus berhati-hati menghadapi virus android saat ini. Virus yang menyerang android juga nggak membedakan mana ponsel mahal mana ponsel murah atau menengah.

Jadi, sekalipun ponsel kamu sangat mahal, hal ini nggak bisa jadi jaminan nggak bakal kena namanya virus android. Ketika smartphone android kamu terkena malware, hal ini bisa membuat system operasi pada android terbobol oleh pembuat malware, Jadi bagi mereka sangat mudah untuk mencuri data-data yang ada pada ponsel kamu.

Hingga saat ini virus android memang sangat sulit atau bahkan tidak dapat dihapus. Sekalipun virus tersebut bisa dihapus dengan cara memasang antivirus di smartphone android, namun masih ada beberapa sisa adware yang sudah masuk pada OS smartphone android. Adware tersebut kemudian menginstal dan tampil seperti aplikasi sistem. Jika hal ini terjadi maka smartphone android kamu bisa lebih mudah rusak dan kamu harus mem-flashing ulang atau menggantinya dengan yang baru.

Nah, kalau kita nggak mau smartphone android kesayangan terkena virus dan malware android, kita harus hati-hati kalau download aplikasi. Malware android menyamar menjadi banyak sekali aplikasi, contohnya pada situs-situs download. Dibeberapa negara, malware android ini sangat sering terjadi dan memakan banyak korban. Kalau di Indonesia, kamu bisa mencegahnya dengan menggunakan atau memasang antivirus di smartphone android yang benar-benar sudah terbukti kehandalannya.

Jika harga smartphone android kamu jutaan rupiah, sayang kan kalau kamu harus membuangnya gara-gara terkena virus android? Jika kita memang membutuhkan aplikasi, kita bisa mengunduhnya di tempat yang tepat. Google Play Store adalah tempat yang paling tepat untuk mengunduh dan memasang antivirus di smartphone android serta beragai macam aplikasi yang ada pada android. Selain gratis, mengunduh aplikasi pada Google Play Store juga mencegah smartphone android kita dari virus yang merusak ponsel.

Jadi, jika kamu memang tidak ingin smartphone android kamu terinfeksi virus dan malware, maka kamu bisa memilih dan memasang antivirus di smartphone android yang tepat dan mengunduh aplikasi pada tempat terpercaya.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Perbedaan Spesifikasi Serta Harga Iphone X dan Iphone 8

Perbedaan Spesifikasi Serta Harga Iphone X dan Iphone 8

Mengulas Perbedaan Spesifikasi Serta Harga Iphone X dan Iphone 8 dan iPhone 8 Plus – Pasti …

One comment

  1. saya pengguna android gan. selama ini saya sering gonta-ganti anti virus tapi kayaknya gak maksimal dan cendrung menghabiskan baterai. ada saran gak gan anti virus yang bagus, gratis tapi gak bikin boros baterai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *