Home > Berita Teknologi > Performa SSD Versus Hard Disk 7200 RPM

Performa SSD Versus Hard Disk 7200 RPM

Performa SSD Versus Hard Disk 7200 RPM
Solid State Drive dan Hard Disk merupakan media penyimpanan data digital. Keduanya mempunyai banyak kesamaan, tetapi masing-masing pilihan memberikan kelebihan tersendiri. Mungkin, tidak banyak pengguna yang terlalu mementingkan jenis media penyimpanan ketika mereka membeli laptop atau PC. Bagi mereka, hal terpenting adalah kecepatan transfer data dan kapasitas. Dengan kecepatan yang lebih handal, mereka bisa lebih leluasa berbagi file multimedia ke siapapun. Dengan kapasitas yang lebih besar, mereka mempunyai ruang yang lebih besar untuk menyimpan ribuan film atau file multimedia lainnya. Namun, performa suatu media penyimpanan lebih ditentukan oleh jenis media penyimpanan itu sendiri. SSD dan Hard Disk menawarkan kelebihan masing-masing, terutama dalam performa dan kecepatan transfer data.

Apakah kelebihan yang dimiliki oleh Solid State Drive? SSD adalah media penyimpanan data digital dengan sistem chip. Bentuknya yang tipis dan ringan adalah daya tarik utama. Oleh karena itu, solid state drive sering digunakan untuk netbook. Desainnya yang ramping memang kompatibel dengan konsep netbook .  Ultrabook juga menggunakan SSD karena ketebalan generasi baru notebook ini jauh lebih tipis dari generasi sebelumnya. Dengan sistem yang diperbarui ini, SSD mampu memberikan kecepatan yang lebih baik tanpa menimbulkan suara bising. Selain itu, SSD juga lebih kebal terhadap guncangan. Namun, harga SSD yang cukup mahal membuat konsumen masih berpikir lama sebelum membelinya. Mereka bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan lebih besar dengan harga yang sama jika mereka memilih hard disk. Dibandingkan dengan hard disk konvensional, SSD mempuyai banyak keunggulan. Dengan teknologi yang disempurnakan, SSD bisa bekerja lebih cepat, terutama saat start-up. Selain itu, akses data juga lebih cepat. Bobot yang lebih ringan dan desain yang lebih ramping juga menjadi daya tarik SSD.

Bagaimana dengan hard disk 7200 RPM? Hard disk menggunakan teknologi cakram keras. Perangkat ini menggunakan kumpulan piring yang dilapisi dengan film (lapisan) tipis. Hard disk sering diterapkan ke perangkat notebook atau komputer desktop. Bentuknya memang tidak ramping dan memakan banyak tempat. Meskipun teknologinya tidak sebagus SSD, hard disk tetap memberikan solusi yang efektif sebagai media penyimpanan data. Konsumen bisa menggunakan hard disk dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan harga yang lebih murah. Dengan transfer data mencapai 7200 RPM, hard disk tetap handal untuk digunakan. Sangatlah mudah untuk menemukan hard disk di pasaran. Ada berbagai pilihan dari produsen tertentu yang menawarkan keunggulan masing-masing. Hard disk produksi Seagate menawarkan kualitas yang lebih baik dan tetap bekerja maksimal meskipun digunakan selama 24 jam. Harganya juga relatif murah adan konsumen bisa mendapatkan garansi selama 5 tahun. Samsung juga menawarkan berbagai pilihan hard disk dengan kecepatan transfer data mencapai 7200 RPM. Selain itu, produk Samsung bisa menghemat energi sampai 50%. Namun, ada beberapa kelemahan hard disk yang mungkin bisa mengganggu kenyamanan pengguna. Hard disk bisa mudah panas. Jika Anda menggunakannya secara terus-menerus selama 24 jam, kecepatannya bisa turun drastis dan hard disk cepat rusak.

Solid State Drive dan hard disk mempunyai keunggulan masing-masing. Jika Anda mempunyai dana lebih untuk membeli media penyimpanan baru, pilihlah SSD. Kualitas yang ditawarkan sesuai dengan harganya. Meskipun tidak setangguh SSD, hard disk tetap menjadi pilihan yang menarik. Pengguna bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan harga yang sama.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Harga dan Spesifikasi VGA AMD Radeon RX 550, RX 560, 570, RX 580

Harga dan Spesifikasi VGA AMD Radeon RX 550, RX 560, 570, RX 580

Spesifikasi Lengkap dan Harga VGA AMD Radeon RX 550, RX 560, RX 570, RX 580 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *