Home > Komponen > Perbedaan SSD NVME dan SSD Sata, Bagus Mana?
Perbedaan SSD NVME dan SSD Sata, Bagus Mana

Perbedaan SSD NVME dan SSD Sata, Bagus Mana?

Perbedaan SSD NVME dan SSD Sata, Bagus Mana? – Penyimpanan internal merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk kebutuhan komputer atau laptop agar bisa bekerja dengan baik. Tanpa adanya internal storage, operasi sistem komputer atau laptop tidak bisa dijalankan. Penyimpanan internal yang cukup terkenal adalah SSD nvme dan SSD Sata. Lantas Apa perbedaan kedua internal storage itu? Simak ulasan di bawah ini.

Perbedaan SSD nvme dan SSD Sata

Bagi sebagian besar masyarakat tentu akan kebingungan untuk memilih sistem penyimpanan Seperti apakah. SSD sendiri singkatan dari Solid state Drive yang cukup terkenal belakangan ini. Selain itu harga jual SSD juga tergolong sangat tinggi tetapi masih ada harga yang cukup terjangkau berkisar 256gb.

Harga tersebut memang cukup sangat mahal untuk sebuah penyimpanan saja. Padahal SD sendiri memiliki fungsi tidak hanya sebagai penyimpanan saja tetapi juga dapat mempengaruhi kinerja dari komputer ataupun laptop itu. Saat ini SD yang paling populer adalah SSD Sata dan SSD nvme. Untuk lebih jelasnya berikut ini perbedaan SSD nvme dan SSD Sata bagus mana?

Perbedaan SSD NVME M.2 PCie dan SSD Sata

1. SSD nvme

Sesuai dengan namanya SSD yang satu ini menggunakan teknologi berupa nvme yang mana merupakan non volatile memory Express dan merupakan perkembangan dari standar AHCI. Tak hanya itu internal storage ini juga memiliki performa yang lebih cepat jika dibandingkan dengan SSD Sata.

Tak hanya itu SSD nvme dipercaya dapat melakukan transfer 5 kali lebih cepat dibandingkan dengan SSD Sata. Menariknya lagi SSD yang satu ini juga dapat memproses beberapa jumlah perintah yang lebih banyak. Di mana tas SD yang satu ini mampu membuat 64000 antrian sekaligus dan setiap antrian memiliki perintah tersendiri.

Hal ini tentu jauh berbeda dengan SSD yang menggunakan teknologi ahci sebelumnya. SSD ini juga memiliki manajemen antrian yang sangat baik. Tidak bisa dipungkiri dengan jumlah antrian yang begitu banyak tersebut, anda tentu akan bertanya bagaimana ssdm ini bekerja.

Memiliki serial bus yang cepat, SSD nvme telah menggunakan utilitas pc1e 3.0 seperti sebuah kartu grafis, Hal inilah yang membuat SSD ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi.

2. SSD SATA

SSD yang berikutnya adalah SSD Sata. SSD Sata ini sebenarnya memiliki kecepatan 5 kali lebih cepat dibandingkan dengan hardisk. Tetapi sst yang satu ini lebih lambat jika dibandingkan dengan SSD M2.
Selain itu untuk harganya SSD Sata ini memang jauh lebih murah tentunya hal tersebut juga sangat tergantung dengan kapasitas memori yang dipilih. dibandingkan dengan SSD nvme yang memiliki harga yang jauh lebih mahal.
Selain itu SSD ini juga akan memberikan kemudahan bagi anda untuk mengganti dengan mudah.

Kelebihan SSD

2 sdd di atas memang memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Bagi Anda yang ingin mendapatkan SSD dengan kinerja cepat maka anda bisa memilih SSD mvme tetapi anda harus mengeluarkan biaya yang tinggi.

Selain itu SSD ternyata memiliki keunggulan jika digunakan untuk penyimpanan komputer. Seperti keunggulan di bawah ini yang bisa anda Simak.

  • SSD memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan dengan hdd. Hal itu tidak lain karena tidak adanya satu komponen yang berputar ataupun berpindah. Sehingga perangkat ini memiliki kendali elektronik yang penuh.
  • Kecepatan untuk membaca ataupun menulis data akan mengalami kenaikan yang cukup besar. Sebagai contohnya Ketika anda menggunakan hardisk maka akan membutuhkan beberapa waktu untuk melakukan booting bahkan bisa mencapai 10 menit tetapi dengan menggunakan SSD waktu booting hanya 2 menit saja.
  • Selain itu Anda juga akan diberikan kenyamanan saat bermain game

Itulah beberapa perbedaan SSD nvme dan SSD Sata bagus mana? Tentunya sesuai dengan kebutuhan anda.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.