Home > Komputer > Perbedaan Server Tower dengan Rack Server

Perbedaan Server Tower dengan Rack Server

Server tower dan rack server merupakan dua jenis server yang tersedia untuk perusahaan yang membutuhkan beberapa server untuk bisnis. Server memainkan peranan penting pada banyak perusahaan karena memungkinkan beberapa pengguna untuk terhubung ke satu unit, dimana data tersebut disimpan. Rack mount server adalah sebuah komputer yang dibangun menjadi case khusus, bukan case standalone seperti case desktop atau case menara yang dapat diselipkan ke dalam industri peralatan standar, rack mount server dirancang khusus untuk meminimalkan pemakaian ruang. Rack mount server biasanya berukuran 19 inci.

Sebuah rack server, juga disebut-mount rack server, adalah didedikasikan untuk menggunakan komputer sebagai server dan dirancang untuk diinstal dalam kerangka yang disebut rack . Rack berisi mount beberapa slot disebut bay, masing-masing dirancang untuk menahan unit perangkat keras dijamin di tempat dengan sekrup. Sebuah rak server memiliki profil-kandang yang rendah, kontras dengan server menara , yang dibangun menjadi tegak, kabinet mandiri.

Perbedaan Server Tower dengan Rack Server_02

Sebuah rack tunggal dapat berisi beberapa server ditumpuk satu di atas, sumber daya jaringan lain konsolidasi dan mengurangi ruang lantai diperlukan.Konfigurasi server rack juga menyederhanakan pemasangan kabel di antara komponen-komponen jaringan. Dalam sebuah rack peralatan diisi dengan server, sistem pendinginan khusus diperlukan untuk mencegah penumpukan panas yang berlebihan yang dinyatakan akan terjadi ketika banyak komponen-menghamburkan daya terbatas dalam ruang kecil.

Salah satu contoh dari penggunaan rack server adalah dalam lingkungan bisnis. Ketika berbicara tentang rack mount server kebanyakan orang berpikiran tentang ruang computer yang besar dengan bermil – mil peralatan computer segala macam. Hal ini tentu saja adalah tempat yang paling cocok dimana rack mount server dapat ditemukan. Setelah perusahaan mulai tumbuh ke titik dimana mereka memiliki beberapa server kecil burik di sekitar kantor, dengan fans secara permanen. Rack mount cabinet menjadi pilihan yang tepat. Sebuah cabinet yang tertutup sangat baik untuk lingkungan kantor karena menjaga suara masuk, computer dan perlatan jaringan dapat dikunci, mengamankan itu dari gangguan, baik sengaja atau pun tidak sengaja.

Berbeda dengan rack server, server tower merupakan bagian mandiri dari perangkat keras yang berisi semua elemen yang diperlukan untuk menanggapi permintaan dari komputer klien. Ada banyak keuntungan dari pembelian server tower yang meliputi pendinginan mudah, dalam ukuran kecil dan skalabilitas. Perbedaan utama antara server tower dan rak server adalah bagaimana server ditempatkan. Sebuah server tower dibangun di dalam rak, sementara rak server memiliki rak besar yang dibangun dengan teluk untuk menyimpan beberapa server. Sebuah server tower juga dapat dipasang di rak di ruangan khusus, yang memungkinkan untuk mengambil banyak ruang tapi bukan membangun rak khusus dan orang biasanya lebih memilih untuk membeli. Bisnis dalam jangka menengah cenderung untuk pergi untuk server rack karena mereka menawarkan ruang lingkup untuk tingkat built-in ekspansi yang mereka.

Cooling system dalam Rack server perlu perhatian khusus karena di dalam rack biasa nya kan dimasukan perangkat2 aktif seperti server pasti juga ada  UPS, Router, Modem, Wifi, dll . Karena itu sebaiknya ClosedRack di tempatkan dalam ruangan berpendingin AC.. untuk mejaga dan mengoptimalkan efesiensi Perangkat Aktif yg ada di rack tsb biasa nya suhu semakin dingin sesuai REKOMENDASI teknis dari Perangkat akan semakin EFESIEN.

Salah satu bagian penting dari rak adalah Vertikal rail mounting biasa nya dilengkapi dengan lubang pemasangan untuk memasang perangkat atau di tambahkan fixedshelft, cantilever shelft untuk  support jika perangkat tsb berat. Satuan dalam tinggi Rackserver/ vertical mounting dan tinggi perangkat adalah  “U” dimana 1U itu adalah 4,4 CM dengan lebar standart International 19″/ 600 mm. Hal lain yg di perlu di perhatikan adalah Power Distribution Unit (PDU).  Sebelumny Kita harus bisa menghitung terlebih dahulu untuk total Ampere yg di butuhkan oleh perangkat yg akan kita taruh di dalam Closedrack sebelum kita memutuskan untuk menggunakan spek yg seperti apa pada PDU nya.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Rekomendasi Merk Laptop yang Bagus dan Awet Tahan Lama Terbaru

Daftar Merk Laptop yang Bagus dan Awet Tahan Lama Terbaru

Ini Daftar Rekomendasi Merk Laptop yang Bagus dan Awet Tahan Lama Terbaru– Laptop, tentu bukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *