Home > Komputer > Perbedaan RAM dan ROM Serta Persamaan Keduanya

Perbedaan RAM dan ROM Serta Persamaan Keduanya

Kita mungkin sering sekali mendengar istilah  RAM  dan ROM,  namun kita sendiri masing bingung sebenarnya apa yang dimaksud  dengan sitilah tersebut? RAM dan  ROM adalah  istilah  yang  ada dalam komputer dimana  RAM dan ROM adalah   komponen penting yang  ada dalam komputer atau laptop yang kita miliki.  RAM merupakan  singkatan dari Random  Access Memory sedangkan ROM merupakan singkatan dari  Read  Only Memory.    RAM   merupakan sebuah  memory  sebagai tempat penyimpanan  sementara  program dalam komputer/laptop  yang sednag berjalan. Sedangkan istilam ROM merupakan  memory yang   digunakan untuk menyimpan    berbagai jenis program  yang terdapat pada komputer/ laptop.

Perbedaan RAM dan ROM Serta  Persamaan Keduanya_2

RAM

Sebagai contoh, kita sering sekali  menyimpan  file-file seperti musik,  film,  file pekerjaan dan lainnya di memori yang dinamakan ROM.  ROM ini  berisi  program khusus yang  bisa kita digunakan  untuk  memaksimalkan penggunaan komputer.  Sekalipun istilah ini sudah lama ada namun kita  masih saja  belum memahami kedua istilah tersebut.  Kedua   istilah tersebut memang cukup penting dalam komputer atau laptop yang kita pakai, tanpa RAM  dan ROM tentu kita akan kesulitan untuk menyimpan data yang benar-benar kita butuhkan dan inginkan. Untuk menyimpan di flashdisk saja  hal ini belum cukup karena flashdisk juga sering  menimbulkan masalah  saat  perangkat ini terkena virus.

RAM merupakan jenis  memori  volitale  karena  data yang terdapat pada memori tersebut  tidak selamanya tersimpan, jika  perangkat yang  kita  gunakan tersebut dimatikan maka   data yang tersimpan pada RAM  akan terhapus. Namun jika kita menyimpan data  pada ROM  maka data yang  kita simpan tidak akan terhapus  sekalipun kita emmatikan perangkat komputer atau laptop.

Beberapa perbedaan  ROM dan RAM

Dari  ulasan si atas maka  RAM dan ROM itu  memiliki pernedaan namun juga memiliki persamaan. Perbedaan  antara ROM dan RAM  diantaranya:

  • Penulisan dan pengisian data

Dalam hal penulisan atau  pengisian  data, informasi maka ROM tidak dapat diisi atau ditulisi sewaktu-waktu  sedangkan RAM bisa ditulisi atau diisi data sewaktu-waktu. ROM membutuhkan  proses  khusus  yang lebih rumit   dibandingkan dengan  RAM. Data yang ada  pada ROM  pada umunya ditulis oleh   pabrik yang membuatnya. ROM  lebih banyak digunakan untuk penyimpanan  perangkat lunak  yang ada hubungannya dengan perangkat keras.

  • Daya yang digunakan

Penyimpanan data atau  file yang  dilakukkan oleh ROM tidak membutuhkan daya sedangkan  RAM membutuhkan daya untuk penyimpanan data. Data yang tersimpan pada ROM tidak akan hilang sekalipun perangkat tidak memiliki daya sedangkan   pada RAM, jika daya yang ada pada perangkat tidak ada maka  data  tersebut secara otomatis akan hilang.  Sebagai contoh yang mudah, ketika kita mengetik di Ms. Word  dan   data tersebut belum kita simpan, tiba-tiba  komputer atau laptop mati, hal ini menimbulkan  data yang kita ketik tadi akan hilang. Namun jika data tersebut  sudah kita  simpan  di ROM, sekalipun  laptop mati maka data tidak akan hilang.

  • Sifat penyimpanan data

Penyimpanan data pada ROM tidak akan hilang atau bersifat permanen sedangkan  peyimpanan data pada RAM  bersifat sementara atau bisa hilang  jika  komputer tersebut dimatikan.

 

Perbedaan RAM dan ROM Serta  Persamaan Keduanya_3

ROM

Persamaan ROM dan RAM

Sekalipun ROM dan RAM  memiliki perbedaan seperti di atas namun keduanya  juga memiliki persamaan diantaranya adalah  keduanya sama-sama digunakan dan keduanya dibutuhkan  komputer  atau laptop  kita  agar  perangkat tersebut bisa digunakan dengan baik.  Kedua memory ini  membantu  kita  untuk menyelesaikan semua pekerjaan dan juga tugas dengan mudah dan cepat.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Satu komentar

  1. terima kasih atas ilmunya gan, tulisannya bagus,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.