Home > Peralatan Kantor > Perbedaan Proyektor LCD dan DLP

Perbedaan Proyektor LCD dan DLP

Proyektor LCD merupakan suatu sistem yang menampilkan informasi proyek atau video pada layar. LCD merupakan singkatan dari liquid crystal display yang merupakan teknologi untuk memproyeksikan gambar. Proyektor ini dulunya adalah proyektor overhead dan slide yang sering digunakan untuk menampilkan gambar dalam presentasi atau kuliah, tetapi juga digunakan di rumah. Sejak penemuan di tahun tujuh puluhan, telah terjadi banyak perkembangan yang dilakukan pada proyektor tipe ini. Ada banyak klasifikasi proyektor LCD didasarkan pada tujuan penggunaan. LCD dapat menjadi proyektor untuk ruang konferensi, proyektor instalasi tetap dan proyektor serbaguna. Sinyal video proyektor LCD terdiri dari warna merah, biru dan hijau.

LCD datang dengan lensa zoom sehingga anda dapat menyesuaikan ukuran gambar dari LCD proyektor. Kontras gambar pada LCD proyektor lebih tinggi dibandingkan dengan jenis proyektor lain seperti halnya proyektor DLP yang akan dibahas nanti. Sinyal video yang ada pada LCD proyektor terdiri dari tiga warna yaitu merah, hijau dan biru. Proyektor LCD berisi panel kaca yang terpisah untuk masing-masing. Setiap panel terdiri dari dua pelat kaca dengan lapisan kristal cair di antara mereka. Ketika muatan diterapkan, kristal terbuka untuk memungkinkan cahaya melalui atau dekat dengan blok itu. Perangkat ini menggunakan cermin dichroic untuk membagi cahaya dari sumber input ke dalam komponen merah, hijau | dan biru. Masing-masing kemudian melewati panel yang sesuai dimana piksel akan membentuk sebuah gambar.

Perbedaan Proyektor LCD dan DLP_2

Ketiga warna yang terdapat pada LCD proyektor tersebut kemudian digabungkan dalam sebuah prisma sebelum diproyeksikan melalui lensa. Proyektor LCD menggunakan panel terpisah untuk setiap warna karena menghasilkan saturasi warna yang lebih baik daripada menggunakan panel tunggal untuk ketiganya. LCD sangat mirip dengan teknologi yang ditemukan di sebagian besar TV dan proyektor LCD menggunakan tiga panel kristal cair yang masing-masing bertugas dengan menciptakan suatu gambar dengan menggunakan hanya satu warna primer ketiga warna tersebut diproyeksikan pada layar sekaligus sehingga anda melihat gambar penuh warna.

Sedangkan satu jenis proyektor yang bisa menajdi tandingan dari proyektor LCD yaitu DLP proyektor. http://www.dimensidata.com/category/projector/ ini adalah pemrosesan cahaya digital, menggunakan cermin kecil untuk memantulkan cahaya ke arah layar ( “on ” pixel ) atau jauh ( “off ” pixel ). Kebanyakan model proyektor DLP menggunakan roda warna dan secara harfiah roda berputar dengan filter warna untuk membuat warna berurutan. Beberapa model high-end menggunakan tiga chip DLP dan masing-masing untuk merah, hijau , dan biru. Proyektor DLP kebanyakan digunakan di bioskop. Anda dapat menemukan model proyektor ini mulai dari Optoma, BenQ , Mitsubishi dan banyak lain model dari proyektor DLP lainnya.

Harga Proyektor LCD dibandingkan dengan jenis proyektor lain seperti proyektor DLP jauh lebih murah. Proyektor DLP juga menyediakan gambar yang tajam yang tajam dibandingkan dengan proyektor LCD. Namun proyektor LCD juga dapat dengan mudah dipasang di tempat pilihan anda dan lebih fleksibel dibandingkan dengan DLP proyektor ataupun jenis proyektor lain yang sedikit kurang fleksibel. Anda bisa memilih mana proyektor yang sesuai dengan kebutuhan apakah memilh DLP ataukah LCD proyektor. Kedua proyektor tersebut memberikan manfaat yang sama kepada anda namun dari kedua jenis proyektor tersebut tentu ada sedikit perbedaan yang bisa menjadi pertimbangan bagi anda.

Apakah sulit memilih dan menggunakan dua jenis proyektor diatas?

 

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

5 Rekomendasi Printer Terbaik Harga Dibawah 1 Juta 2017

5 Rekomendasi Printer Terbaik Harga Dibawah 1 Juta

Rekomendasi 5 Printer Terbaik Harga Dibawah 1 Juta Terbaru 2017- Apakah saat ini anda sedang membutuhkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *