Home > Peralatan Kantor > Perbedaan Printer Inkjet dengan Laserjet

Perbedaan Printer Inkjet dengan Laserjet

Printer adalah bagian penting dari pekerjaan kita,  jika tidak ada printer bagaimana kita harus mencetak beberapa dokumen atau  laporan setiap  hari?  Semua orang atau instansi membutuhkan namanya printer bahkan dalam satu kantor ada yang memiliki beberapa printer untuk membantu pekerjaan masing-masing karyawannya. Sebagai salah satu perangkat yang banyak dibutuhkan dalam pekerjaan, printer dibuat dengan berbagai  model atau jenis dan juga  dengan merek yang berbeda-beda. Dan yang paling banyak kita jumpai adalah  printer inkjet dan  laserjet. Kedua jenis printer ini mudah didapatkan namun keduanya memiliki perbedaan sekalipun sama-sama dgunakan untuk mencetak dokumen.

Perbedaan Printer  Inkjet dengan Laserjet_2

Untuk printer inkjet, printer ini merupakan  alat yang digunakan untuk mencetaj dokumen   dengan   prinsip kerja   menyemprotkan  ion tinta cair  pada kertas printer  saat dilakukannya proses printing. Printer inkjet akan melakukan pemanasa terlebih dulu sebelum  melakukan printing. Kendala yang sering  kita hadapi  jika kita menggunakan  printer ini adalah  tinta   yang habis  pada katrid  dan printer terus dipaksa untuk melakukan printing, hal ini jelas bisa merusak printer.   Printer  inkjet maupun printer  laserjet  merupakan  alat yang digunakan untuk mencetak data  baik berupa dokumen,  foto  maupun  sejenisnya dari komputer, handphone  maupun dari media penyimpanan lainnya.  Kehadiran  kedua jenis printer tersebut benar-benar memudahkan kerja kita, Anda bisa bayangkan jika tidak ada mereka, bagaimana kerja Anda?

Kedua jenis printer yang  sering digunakan orang tersebut memiliki perbedaan bukan hanya dari satu sisi saja namun ada beberapa perbedaan keduanya. Perbedaan kedua printer tersebut  diantaranya  dari segi tinta, kecepatan  printer dan harga.  Bila  kita ingin membeli  printer dan bingung mana yang bagus, Anda bisa mencari informasi terlebih dulu tenatng kedua printer tersebut. Printer laserjet  harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan printer inkjet, hal ini karena laserjet jauh lebih unggul  dibandingkan inkjet.  Bagi   Anda yang memiliki uang lebih memang  lebih baik membeli printer laserjet, printer ini memiliki komponen  yang jauh lebih baik dibandingkan inkjet.

Dari segi kecepatan, printer  inkjet memiliki kecepatan printing  lebih rendah dibandingkan dengan laserjet. Printer laser   menghasilkan cetakan yang jauh lebih bagus dengan kecepatan cetak yang  lebih tinggi sehingga bagi kalangan   bisnis atau kantor yang  ingin bekerja lebih cepat, mereka bisa memilih printer jenis ini.  Printer inkjet memiliki kecepatan rendah karena  komponen yang ada didalamnya juga lebih  rendah  dibandingkan dengan laserjet.   Printer inkjet  juga menggunakan tinta cair yang  menjadi bahan baku untuk proses cetak sedangkan  tinta yang digunakan oleh  laserjet merupakan tinta toner yang tidak mudah luntur.  Tinta  pingmen yang sering digunakan untuk printer inkjet ini  memberikan hasil kurang bagus pada cetakan bahkan  sering menyebabkan  cetakan menjadi luntur.

Karena harga printer laser jauh lebih mahal maka  hasil cetakan printer ini  juga lebih baik, tidak ada kelunturan pada hasil cetakan dan  sangat cocok untuk  pekerjaan yang selalu membutuhkan  proses cetak yang cepat.  Printer laser ini  juga sering digunakan untuk  tempat fotocopy.  Dipasaran,  jenis printer yang lebih banyak dibeli orang adalah inkjet, hal ini karena harganya jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan  laser. Laser harganya mahal, namun memberikan kualitas harus cetakan yang lebih bagus. Selain itu  printer laser juga  lebih  awet. Jika Anda  membeli printer  inkjet  maka Anda bisa merawatnya dengan baik   terutama masalah tinta pada katrid. Tinta sering menjadi masalah pada printer  inkjet sehingga Anda harus  memperhatikannya.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Membedakan Cartridge Tinta Printer Asli atau Palsu

Cara Membedakan Cartridge Tinta Printer Asli atau Palsu – Pernahkah Anda mengalami saat baru saja …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *