Home > Software > Perbedaan Lisensi Windows COA, OEM, OLP dan FPP Pada Microsoft
Perbedaan Lisensi Windows COA, OEM, OLP dan FPP Microsoft

Perbedaan Lisensi Windows COA, OEM, OLP dan FPP Pada Microsoft

Perbedaan Lisensi Windows COA, OEM, OLP dan FPP Pada Microsoft – Pernahkah anda membeli lisensi dari jenis program atau pun software tertentu, seperti halnya ketika anda tengah membeli produk microsoft? Jika hal ini terjadi, maka umumnya anda pun akan dihadapkan pada beberapa jenis pilihan perbedaan lisensi windows seperti halnya COA, OEM, OLP serta FPP.

Namun dari beragam jenis lisensi tersebut hanya 3 saja yang cukup sering digunakan, yaitu OEM, OLP, serta FPP. Meskipun digunakan untuk produk yang sama dari microsoft, beberapa jenis lisensi tersebut tentunya memiliki perbedaan antara satu dengan lainnya. Ingin tau apa saja? Simaklah penjelasannya di bawah ini :

Perbedaan Lisensi Windows COA, OEM, OLP dan FPP Pada Microsoft

Lisensi Windows OEM

OEM yaitu Original Equipment Manufacturer, jenis lisensi windows yang satu ini umumnya dilekatkan pada bagian PC, kemudian server, atau bahkan laptop. Jenis lisensi ini juga dijual secara sekaligus pada hardware. Dengan kata lain, lisensi windows OEM yang digunakan pun akan terintegrasi langsung pada bagian PC, kemudian laptop atau pun server yang anda miliki sehingga program atau bahkan software yang terinstal di dalamnya pun telah teraktivasi dengan menggunakan lisensi OEM.

Hal ini berkaitan dengan lisensi yang hanya dapat digunakan pada bagian yang telah terinstal. Itulah sebabnya jika terdapat kerusakan pada bagian komputer, laptop, atau bahkan server yang anda miliki, maka anda pun harus mengganti hardware dengan pilihan lain, sehingga lisensi yang dimilikinya pun tidak dapat digunakan kembali. Untuk jenis lisensi yang satu ini hanya dapat digunakan pada satu jenis komputer saja, bagi anda yang ingin mendapatkan harga murah, maka lisensi ini pun bisa anda jadikan pilihan tepat.

Lisensi Windows OLP

OLP atau Open License Program, yaitu jenis lisensi windows lainnya yang tentu saja berbeda dengan OEM. Perbedaan pertama dapat anda lihat melalui harga yang ditawarkannya, yang ditunjukkan dengan harga lisensi dari OLP yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan OEM. Selain itu, jika anda ingin membeli jenis lisensi yang satu ini umumnya ia ditujukan dengan syarat khusus seperti halnya untuk pembelian dalam jumlah banyak minimal 5 buah lisensi. Bahkan untuk pembeliannya itu sendiri juga harus disertai dengan kehadiran dari CD media kit, yaitu bagian yang dikenal baik dalam mendukung proses instalasi.

Tidak hanya itu saja, lisensi yang satu ini juga tidak bergantung pada objek tertentu, seperti halnya komputer, laptop atau bahkan server. Karena itulah jika beberapa bagian tersebut mengalami kerusakan sekali pun, tentunya lisensi yang dimiliki itu masih dapat digunakan pada komputer lainnya. hal ini juga berkaitan dengan keberadaan lisensi OLP yang tidak memiliki bentuk stiker sehingga tidak harus ditempelkan pada bagian tertentu, namun lisensi yang satu ini justru dibuat dalam bentuk sertifikat sehingga lebih aman untuk digunakan.

Lisensi Windows FPP

FPP atau Full Packet Product yaitu jenis lisensi windows yang tersedia dalam dua bentuk berbeda, yaitu bentuk CD dan ada juga yang berbentuk buku. Karena itulah jenis lisensi yang satu ini umumnya dijual dalam bentuk paket box windows 10 dengan isi dari CD, buku manual serta lisensi. Jenis lisensi yang satu ini memiliki kemiripan dengan lisensi jenis OEM yang mana pembelian dari satu jenis lisensi hanya dapat digunakan untuk 1 komputer saja.

Dengan kata lain diinstal serta diaktifkan pada satu bentuk komputer saja. Namun meskipun hanya dapat digunakan untuk 1 komputer saja, ia tetap dapat digunakan untuk jenis komputer berbeda. karena itulah harga dari lisensi FPP yang satu ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan lisensi OEM.

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai beragam lisensi yang terdapat di dalam microsoft yakni Perbedaan Lisensi Windows COA, OEM, OLP dan FPP Pada Microsoft.

Hubungi DimensiData.com

About Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Burning OS Windows File ISO ke DVD Agar Bisa Bootable

Cara Burning OS Windows File ISO ke DVD Agar Bisa Bootable – Kita pasti pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.