Home > Gadget > Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree
Mengenal Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree

Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree

Mengenal Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree – Anda tentu tak asing lagi kan dengan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree. Semua orang tentu sudah banyak mendengarnya dan mengetahui fungsi dari perangkat ini. Bahkan perangkat ini sudah banyak yang memakainya.

Tapi kebanyakan orang mengetahui fungsi dari perangkat ini adalah untuk mendengarkan suara langsung ke telinga. Tapi sebenarnya perangkat ini memiliki perbedaan.

Namun apakah anda pernah berfikir tentang perbedaan perangkat ini?, Mari Mengenal Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree pada ulasan dibawah ini.

Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree

Headset

Headset adalah sebuah perangkat audio yang memiliki dua device yang digabungkan menjadi satu. Dimana pada headset terdapat perangkat input yakni mikrofon atau microphone dan perangkat output yaitu speaker.

Macam jenis tipe Headset

Dilihat dari bentuknya, headset ditujukan pada perangkat yang lebih besar, dimana pada bagian speaker menutupi telinga pemakainya. Hal ini dimaksudkan supaya suara yang dihasilkan lebih terdengar maksimal. Dilihat dari segi design visualnya, umumnya melingkar pada bagian atas kepala dan pada bagian speakernya pada sebelah kanan memiliki mikrofon.

Adapun cara penggunaan headset biasanya lebih sering dipasangkan pada laptop, PC, atau mp3, ketimbang dipasangkan pada perangkat mobile. Kebanyakan headset digunakan untuk kebutuhan video chat, video call, skype dan lainnya. Pada bagian konektifitas, headset memiliki 2 buah jack berukuran 3,5mm yang akan dipasangkan pada soundcard di PC.

Adapun peran pada 2 jack nya yaitu Jack pertama untuk input yakni mikrofon, dan jack kedua sabagai output yakni speaker. Namun seiring perkembangan jaman, fitur konektifitas headset ini semakin beraneka ragam. Seperti fitur koneksi bluetooth dan USB yang terintegrasi di dalamnya.

Headphone

Tak jauh berbeda dengan headset. Dari segi desain nya hampir sama dengan headset, bedanya Headphone tidak memiliki jack input yakni mikrofon sehingga dari segi fungsinya menimbulkan perbedaan.

Macam Jenis Tipe Headphone

Biasanya headphone ini lebih banyak digunakan untuk perangkat mobile seperti dibeberapa negara barat termasuk asia timur penggunaan headphone, digunakan untuk mendengarkan musik Seiring perkembangan jaman semakin banyak saja desain dan warna headphone yang lucu lucu dan lebih bervariatif.

Earphone

Dilihat dari segi fungsi dan kegunaannya, earphone tidak berbeda jauh dengan headphone. Hanya saja earphone memiliki bentuk yang lebih kecil sehingga lebih ringkas dan mudah dibawa kemana mana. Bahkan akan lebih nyaman digunakan dibandingkan headphone karena ukurannya lebih besar.

Macam Jenis Tipe Earphone

Sekilas earphone memiliki kemiripan handsfree tanpa menggunakan tombol audio tambahan. Penggunaannya sangat mudah hanya dimasukkan saja ke dalam telinga bagian luar, sehingga penggunaan perangkat ini bisa digunakan dalam keadaan apa saja tanpa mengganggu kenyamanan.

Handsfree

Handsfree adalah jenis earphone yang diberi tambahan beberapa alat tertentu, seperti mikrofon dan tombol fungsi. Dimana segi design nya, handsfree lebih mirip dengan earphone.

Macam Jenis Tipe Handsfree

Pada Handsfree memiliki tambahan satu tombol pada bagian mikrofonnya, dimana tombol ini digunakan untuk menerima atau memutuskan panggilan, atau digunakan saat sedang memutar media, tombol ini digunakan untuk memainkan atau menghentikan.

Saat ini Handsfree banyak disertakan pada dashbook perangkat-perangkat mobile. Selain itu dari segi konektifitas perangkat ini menggunakan kabel dan fitur bluetooth yang canggih.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Mengenal Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree baik dari desain, audio dan fungsinya. Meskipun fungsinya sama tapi penggunaan dan definisi satu sama lainnya berbeda.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat. Jadi jangan keliru lagi yaa antara Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree. Semoga bermanfaat.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.