Home > Komponen > Perbedaan Haswell, Broadwell dan Skylake Pada Processor Intel
Perbedaan Haswell, Broadwell dan Skylake Pada Processor Intel

Perbedaan Haswell, Broadwell dan Skylake Pada Processor Intel

Pengertian dan Perbedaan Haswell, Broadwell dan Skylake pada Prosesor Intel – processor atau sering juga disebut dengan nama lain CPU kepanjangan dari Central Processing Unit yang dikenal kalangan semua orang sebagai otak utamanya dari sebuah komputer, processor adalah otak dan pusat kendali dari sebuah komputer yang didukung oleh komponen-komponen komputer lainnya.

Pengertian processor adalah sebuah IC yang mengontrol dan mengendalikan keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer. Letak processor menempel didalam kotak besi yang berada pada motherboard yang dihimpit oleh kipas atau fan sebagai pendingin dibagian atasnya.

Pengertian Haswell Pada Processor Intel

Dalam dunia processor Haswell akan hadir di pasaran dengan mengusung beberapa spesifikasi dan beberapa penamaan prosesor. Hal ini sama dengan yang dipakai pada generasi processor Intel Core i Series, diantaramya Core i3, Core i5, dan Core i7.

Pengertian Haswell Pada Processor Intel

Processor Intel sudaj memperkenalkan beberapa seri prosesor desktop Core i5 dan Core i7 terbarunya yang sudah mengusung arsitektur tipe Haswell, yakni Core i5-4670, Core i5-4670K, Core i5-4330, Core i5-4570, Core i7-4770, dan Core i7-4770K.

Selain untuk desktop, Haswell juga hadir dalam bentuk prosesor mobile. Seperti Prosesor intel Core i Series 4th Generation yang digunakan pada mobile. Processor intrl yang menggunakan arsitektur Haswell disebutkan akan dapat memberikan kelebihan dibanding dengan generasi sebelumnya, salah satunya dari segi konsumsi daya.

Pengertian Broadwell Pada Processor Intel

Broadwell termasuk inti chip yang dibuat menggunakan teknologi manufaktur 14nm, dimana ukuran ini lebih kecil dibandingkan teknologi 20nm yang digunakan pada inti chip keluarga prosesor Intel Core i generasi sebelumnya yakni “Haswell”.

Pengertian Broadwell Pada Processor Intel

Dengan menggunakan Chip Broadwell akan bisa mendapatkan jumlah lebih banyak transistor di dalam luas bidang yang sama. Adapun jumlah transistor yang dimiliki Broadwell adalah sekitar 35% lebih banyak dari jumlah transistor Haswell, namun untuk ukuran fisik broadwell justru lebih kecil 37% dari haswell.

Terkait jumlah transistor yang banyak, sehingga chip broadwell seperti pada processor intel core i5 tentu mengalami peningkatan khususnya pada performa pengolah grafisnya. Hal ini dikarenakan adapun performanya sudah dibekali dengan GPU Intel HD Graphics 5500, 6000, dan Iris Graphics 6100. Dengan pengolah grafis seperti ini, maka anda dapat menikmati tampilan grafis yang lebih bening, cerah dan lebih cepat Selain dikatakan performanya lebih kencang, namun Broadwell ternyata juga lebih hemat daya. dimana daya tahan baterai bisa selama 1,5 jam dibandingkan produk sejenis.

Pengertian Skylake Pada Processor Intel

Saat ini Intel resmi launching produk prosesor terbarunya yakni processor intel generasi ke-6, yang diberi nama Intel Skylake. Processor intel skylake hadir dengan berbagai keunggulan yakni kecepatan dan pengolah grafis yanh sangat mumpuni. Bahkan processor intel juga lebih efisien, simple, dan hemat daya dibandingkan dengan intel haswell dan broadwell, hal ini dikarenakan Intel menyematkan teknologi mikroarsitektur yang terbaru pada Jenis processor terbaru Skylake.

Pengertian Skylake Pada Processor Intel

Beberapa keluarga prosesor intel Skylake untuk desktop, yaitu Core i3, Core i5, dan Core i7 yang ditargetkan digunakan pada Intel compute stick, PC tower, gaming tower, PC mini, dan portable all-in-one. Selain untuk processor gamer terbaik dan user tingkat advanced, Intel juga menghadirkan processor Skylake yang ditargetkan pada perangkat notebook dan mobile yang terdiri dari 3 varian seri intel skylake, yaitu Intel Skylake-Y, Skylake-U serta Skylake-H dan Skylake-H Xeon.

Semua jenis perangkat mobile dengan prosesor Intel Skylake sudah pasti didukung dengan sistem operasi Windows 10. Prosesor Intel Skylake adalah jenis processor intel yang terbaik yang memiliki performa kinerja yang terbaik, meski Bentuknya dibuat lebih kecil, namun kecerdasan dari processor ini diklaim hampir mendekati kemampuan berpikir manusia.

Processor intel skylake adalah processor intel terbaik yang sangat cocok digunakan untuk laptop atau PC gamers dan untuk kebutuhan desain grafis. Jadi bila anda ingin mengupdgrade laptop/pc anda menjadi lebih baik dan bekerja optimal, maka dari ketiga jenis processor intel, processor intel skylake adalah pilihan yang terbaik.

Gimana guys… sudah tahukan Perbedaan Haswell, Broadwell dan skylake pada Prosesor Intel. Semoga bermanfaat.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Mengubah dan Setting Mouse Biasa Menjadi Mouse Macro

Cara Mengubah dan Setting Mouse Biasa Menjadi Mouse Macro

Cara Mengubah dan Setting Mouse Biasa Menjadi Mouse Macro – Keterbatasan dalam perlengkapan sebenanya dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *