Home > Komponen > Perbedaan Harddisk Internal dengan Harddisk Eksternal

Perbedaan Harddisk Internal dengan Harddisk Eksternal

Harddisk adalah  salah satu perangkat keras yang  bisa dilihat dan menjadi komponen penting  untuk penyimpanan  data  sekaligus untuk menjalankan  sebuat task  dengan kecepatan  yang bergantung dari besarnya harddisk  tersebut.  Harddisk  snagat dibutuhkan untuk laptop agar bisa menyimpan data yang dibutuhkan, tanpa  harddsk  tentu  data tidak bisa disimpan dan dengan adanya perangkat ini maka PC bisa bekerja dengan maksimal. Jika dalam sebuah  komputer harddisk terlalu banyak menyimpan data maka kinerja   laptop tersebut akan lambat sehingga kinerja harddisk semakin  besar. Dalam  dunia komputer dikenal dua jenis harddisk yaitu  harddisk  internal dan eksternal, keduanya memiliki perbedaan sekalipun sama-sama digunakan untuk membantu kinerja   Anda.

Harddisk internal merupakan  perangkat penyimpanan   dan juga untuk pengambilan data  digital  dengan cepat menggunakan cakram  berputar.  Harddisk ini akan menyimpan data secara permanen sekalipun komputer atau laptop  dimatikan.  Perangkat keras pada  harddisk ini berupa cakram  yang berputar dengan cepat  untuk menulis sekaligus membaca  data. Karakteristik pada  harddisk  internal ini adalah  pada kecepatan maupun kapasitasnya  yang semakin besar   namun harganya semakin murah.  Sekalipun saat ini  sudah  banyak  perkembangan  teknologi untuk penyimpanan memory menggunakan  format SSD  namun keberadaan harddisk internal tetap banyak dibutuhkan.  Bagaimana dengan harddisk eksternal?

Perbedaan Harddisk Internal dengan Harddisk Eksternal_2

Harddisk eksternal merupakan media penyimpanan portable  yan memiliki kapasitasn besar  sehingga bisa digunakan  kapan saja  dengan menghubungkan  kabel USB pada PC  atau laptop.  Ada cukup banyak harddisk  eksternal yang bisa digunakan dan harddisk eksternal ini bisa digunaka untuk menyimpan  dokumen, gambar,music maupun video.  Kapasitas  data yang dibutuhkan untuk penyimpanan  dokumen dalam bentuk tulisan tentu sangan kecil,  untuk gambar  lebih besar  demikian juga dengan musik,  dan untuk penyimpanan video,  kapasitas daya yang dibutuhkan  sangat besar sehingga harddisk eksternal bisa  berkurang kapasitasnnya jika sering digunakan untuk penyimpanan  video.

Lalu mana dari kdua harddisk tersebut yang  Anda pilih?  Kedua jenis harddisk tersebut   memiliki perbedaan, harddisk internal   memiliki bentuk  fisik yang jauh lebih besar dibandingkan dengan harddisk   ekesternal.  Jika  pada internal harddisk kecepatannya  bisa dibilang sangat cepat maka  pada harddisk  eksternal kecepatan transfer data tidak  secepat  harddisk internal.  Pada harddisk  eksternal juga dibutuhkan  power supply  yang  dihubungkan  dengan menggunakan tegangan listrik. Kebanyakan orang akan melihat support pada koneksi notebook atua laptop mereka sebelum menggunakan harddisk eksternal  karena tidak semua   perangkat tersebut bisa terhubung dengan  laptop atua notebook.  Internal  harddisk yang memiliki kecepatan  sangat  tinggi memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan  eksternal harddisk. Namun harddisk internal ini  tidak bisa dibawa keman-mana sedangkan harddisk  eksternal  sangat mudah dibawa keman-mana.

Kebanyakan orang  sering menggunakan  harddisk eksternal untuk  membantu pekerjaan  mereka karena mobilitas yang cukup tinggi dan   dilihat dari praktisnya. Tanpa media penyimpanan tentu   Anda tidak bisa  bekerja dengan mudah, apalagi jika semau data membutuhkan tempat penyimpanan yang  tepat. Namun, untuk menjaga harddisk ekesternal agar tetap bisa digunakan, Anda harus menghindari beberapa  file yang mengandung virus.  Hal ini penting untuk  diperhatikan dengan men-scan  harddisk  eksternal   terutama USB sebelum  digunakan untuk penyimpanan data.  Jika harddisk tersebut  terformat maka semua data  akan hilang, sehingga  kelemahan yang sering  terjadi pada harddisk  eksternal adalah  jika kita tidak hati-hati maka   perangkat tersebut bisa terformat.  Sebagai salah satu bagian penting dari kerja Anda, pergunakan  kedua jenis harddisk  tersebut dengan baik agar awet.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

5 Headset Gaming Terbaik dan Berkualitas Harga Murah 200 Ribuan

5 Rekomendasi Headset Gaming Terbaik dan Berkualitas Harga Murah 200 Ribuan – Headset gaming yang …

2 comments

  1. iyahardisk eksternal diperlukan bg yg memiliki mobilitas tinggi, bagi saya yg sering d rumah aja masih membutuhkan HDD eksternal kok 🙂

  2. Hendra Gayo Gayo

    terima kasih sangat lengkap dan berguna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *