Home > Networking > Perbedaan Frekuensi WiFi 2.4 GHz dan 5GHz serta Kelebihannya
Perbedaan Frekuensi WiFi 2.4 GHz dan 5GHz serta Kelebihannya

Perbedaan Frekuensi WiFi 2.4 GHz dan 5GHz serta Kelebihannya

Pengertian dan Perbedaan Frekuensi WiFi 2.4 GHz dan 5GHz serta Kelebihannya – Wifi adalah layanan penyedia sinyal internet yang bisa membuat beberapa perangkat yang berbeda mengakses sinyal dari satu sumber sinyal yang sama. Pada umumnya sinyal wifi yang ada pada saat ini dibagi kepada sinyal wifi dengan frekuensi 2.4 GHz dan juga 5 GHz. Dengan frekuensi tersebut bisa membantu Kamu untuk mendapatkan sinyal yang baik dan kuat untuk mengakses internet.

Mengingat sinyal internet adalah salah satu kebutuhan yang sangat dibutuhkan pada saat ini serta hampir digunakan oleh semua orang tanpa terkecuali, sehingga bagi Kamu yang ingin memasang wifi pada rumahnya bisa terlebih dulu mencari tahu mengenai apa pengertian frekuensi WiFi 2.4 GHz dan 5GHz serta kelebihannya seperti yang dijabarkan berikut ini :

Pengertian Singkat Frekuensi 2.4 GHz dan 5GHz

Pengertian Frekuensi WiFi 2.4 GHz dan 5GHz serta Kelebihannya

Sebelumnya jika kamu ingin memilih router yang tepat maka Kamu juga harus tahu tentang kedua frekuensi yang paling umum ini. Karena jika kamu salah memilih router maka tentunya wifi yang ada tidak bisa digunakan dengan baik. Misalnya saja perangkat yang kamu gunakan untuk menangkap sinyal itu adalah perangkat yang hanya bisa menerima sinyal dari router dengan frekuensi 2.4 GHz saja.

Namun kemudian kamu melengkapinya dengan router yang dapat memancarkan sinyal 5 GHz maka tentunya tidak akan terjadi keseimbangan dan akhirnya sinyal wifi pun tidak didapatkan. Sehingga sangat penting untuk kamu mengetahui apa perbedaan dari wifi yang frekuensinya 2.4 GHz dan wifi yang frekuensinya 5 GHz tersebut. Sehingga tidak terjadi kesalahan saat memilih router.

Pengertian Frekuensi 2.4 GHz

Frekuensi 2.4 GHZ (2400 MHz) adalah Frekuensi atau sinyal yang sudah sejak lama kita gunakan pada umumnya. Dengan usia yang sudag sangat lama, gelombang ini adalah ‘area bebas’ dimana nyaris semua perangkat wireless memakai frekuensi ini. Contoh umumnya seperti pada perngkat remote control TV, remote control mainan, remote alarm mobil, bluetooth, dan router wi-fi salah satunya.

Sinyal frekuensi 2.4 GHz mempunyai daya cakupan yang lebih luas dan sinyal yang lebih kuat, tetapi frekuensi ini sudah terlalu banyak penggunanya sehingga kadang menyebabkan gangguan. Apabila koneksi sinyal wi-fi anda memerlukan kedua kondisi diatas (sinyal yang kuat dan jangkauan yang jauh) misalkan berbeda ruangan (komputer/laptop di kamar tidur dengan hotspot wi-fi di ruang tamu) maka sebaiknya anda menggunakan Frekuensi 2.4 GHz.

Baca Juga

Pengertian Frekuensi 5 GHz

Gelombang 5 GHz adalah teknologi yang lebih baru sebagai jawaban terhadap banyaknya pemakain frekuensi 2.4 GHz. Selain itu saat ini perangkat yang telah mendukung frekuensi ini masih belum sebanyak perangkat yang memakai Frekuensi 2.4 GHz. Tetapi frekuensi yang lebih kuat ini mempunyai kekurangan di daya cakupan yang lebih pendek.

Bilamana sambungan wi-fi anda lebih langsung mengarah seperti tidak terhalang bangunan dinding atau lantai, atau layaknya wireless mi-fi (mobile wi-fi) yang bisa dibawa kemana mana dan selalu ada di dekat perangkat yang memerlukannya, akan lebih bagus apabila anda memakai sinyal 5 GHz.

Perbedaan Antara Frekuensi 2.4 GHz dan 5GHz

Perbedaan Antara Frekuensi 2.4 GHz dan 5GHz

Ada beberapa hal yang mendasari perbedaan yang terdapat pada wifi dengan frekuensi 2.4 GHz dan juga 5 GHz. Pertama adalah karena adanya interferensi sinyal. Ternyata wifi dengan frekuensi 5 GHz ini memiliki frekuensi yang sama dengan gelombang yang ada pada microwave dan Bluetooth sehingga tentunya interferensi sinyal pada frekuensi 5 GHz menjadi lebih sedikit daripada wifi dengan frekuensi 2.4 GHz.

Sehingga pada saat ini kebanyakan orang pada umumnya saat ini masih menggunakan wifi dengan frekuensi 2.4 GHz karena interferensinya yang lebih banyak sehingga tentunya sinyal wifinya menjadi lebih kuat daripada sinyal yang didapatkan dengan frekuensi 5 GHz.

Hal kedua yang membedakannya adalah karena adanya lingkup sinyal yang berbeda diantara keduanya. Singkat kata jika Kamu menggunakan wifi dengan sinyal 2.4 GHz maka Kamu akan mendapatkan lingkup sinyal yang lebih luas daripada jika Kamumenggunakan wifi dengan frekuensi 5 GHz.

Dilihat dari kedua perbedaan sebelumnya, maka akan terlihat bahwa wifi dengan frekuensi 2.4 GHz nampaknya lebih unggul daripada frekuensi 5 GHz, namun pada perbedaan yang terakhir ini maka akan lebih nampak bahwa wifi frekuensi 5 GHz juga bisa menjadi lebih unggul.

Karena hal ketiga yang menjadi pembeda pada kedua frekuensi ini adalah karena penggunaannya. Ternyata frekuensi 5 GHz ini bisa memiliki spektrum yang lebih luas dalam hal penggunaan sinyalnya kemudian gangguan juga bisa lebih minimal dengan frekuens 5 GHz ini. Sehingga jika Kamu menggunakan wifi dengan frekuensi 5 GHz ini untuk urusan menonton film secara online, mengunduh file sampai bermain game online.

Maka akan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan lancar daripada jika kamu menggunakan wifi frekuensi 2.4 GHz. Sedangkan wifi dengan frekuensi 2.4 GHz ini lebih mudah untuk digunakan mengakses berbagai keperluan sederhana seperti mengakses akun email dan lainnya.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Perbedaan Komputer Server dan Client Beserta Fungsinya

Perbedaan Komputer Server dan Client Beserta Fungsinya – Penggunaan komputer sekarang ini, tentunya telah memberikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *