Home > Fotografi > Perbandingan Kamera Canon vs Kamera Nikon, Bagus Mana?
Perbandingan Kamera Canon vs Kamera Nikon, Bagus Mana

Perbandingan Kamera Canon vs Kamera Nikon, Bagus Mana?

Perbandingan Kamera Canon vs Kamera Nikon, Bagus Mana? – Mana yang lebih bagus antara Canon dan Nikon sudah bukan menjadi pertanyaan baru lagi? Pertanyaan ini sangat sering dilontarkan oleh para fotografer pemula.

Sebenarnya para fotografer yang professional sudah tidak lagi mempersoalkan perbedaan teknis antara kedua merek tersebut dan tidak menjadikannya lagi sebagai faktor penentu saat memilih kamera.

Pada dasarnya semakin professional seseorang di bidang fotografi, mereka semakin yakin bahwa merek kamera bukan menjadi faktor utama, melainkan orang yang berperan di balik kamera tersebut. Namun kesetiaan terhadap satu merek kamera tetap saja masih berlaku.

Perbandingan Kamera Canon vs Kamera Nikon

Kamera Canon vs Kamera Nikon, Bagus Mana

Bagi Anda yang masih bingung memilih antara kamera Canon vs kamera Nikon, coba simak ulasan perbandingan kamera Canon vs kamera Nikon berikut ini.

Canon Mampu Meminimalisir Tahap Post Processing

Canon memiliki sistem image processing yang dapat menjaga frame rate cepat dan menghaluskan gambar ketika proses berlangsung dalam kamera.

Hal ini menjadi alasan utama pengguna DSLR terbiasa melakukan point and shoot lebih menyukai Canon karena mampu meminimalisir tahap post processing atau tidak terlalu banyak proses edit setelah pemotretan. Namun cukup banyak juga para pengguna yang tidak terlalu suka proses seperti ini.

Nikon Tawarkan Autofocus yang Lebih Efisien

Jika dibandingkan Canon, image processing dari Nikon tidak terlalu halus dan tidak terlalu cepat. Namun fotografer dapat mengatasi hal ini dengan menggunakan mode RAW saat memotret dan mengandalkan data yang ada untuk memperbaiki kekurangan tersebut.

Selain itu, fitur autofocus milik Kamera Nikon juga lebih efisien. Dengan dukungan image stabilization yang bagus, hasil foto yang didapat tentu sudah cukup memuaskan.

Canon Lebih Mudah Pada Pengaturan Pre-Dial

Keunggulan dari Canon adalah memiliki pengaturan pre-dial yang lebih mudah. Hal ini mengurangi konsumsi waktu fotografer untuk mengutak atik pengaturan pada saat pemotretan.

Namun banyak orang beranggapan bahwa absennya tampilan foto setelah pemotretan atau picture playback sebagai kekurangan dari Canon.

Lensa Nikon Lebih Terang dan Lebar

Untuk lensa, konsumen di segmen low end cenderung memilih lensa zoom dan aperture dari Canon. Sementara itu fotografer professional lebih menyukai lensa Nikon karena lebih terang dan lebar.

Menariknya, lensa Nikon dapat digunakan untuk berbagai jenis kamera Nikon dan terasa nyaman dari sisi ergonomis.

Baca Juga

Canon Lebih Diminati Mahasiswa

Pemahaman mengenai apa yang akan Anda foto dalam jangka panjang juga dapat menjadi faktor penentu dalam memilih kamera. Menurut survey, orang yang mempelajari fotografi di perguruan tinggi maupun sekolah memilih kamera Canon vs kamera Nikon secara seimbang pada awal tahun ajaran.

Namun menjelang kelulusan, lebih banyak yang menggunakan Canon. Pasalnya selama mempelajari fotografi, mereka perlu membuat berbagai macam foto dengan beragam situasi dan objek yang bergerak cepat.

Menurut mereka, Kamera Canon memberikan hasil yang bagus dan lensa yang lebih handal. Sementara itu Nikon kadang mengalami kemacetan pada shutter saat digunakan untuk kerja keras.

Nikon Lebih Diminati Fotografer Profesional

Para fotografer yang sudah lebih berpengalaman cenderung memilih Nikon. Alasannya, kamera ini memiliki kualitas lensa premium. Hal ini diperlukan untuk teknik dan seni yang ahli.

Perbandingan hasil jepretan kamera DSLR Nikon vs Canon

Perbandingan hasil jepretan kamera dslr nikon vs canon 2 Perbandingan hasil jepretan kamera dslr nikon vs canon 1 Perbandingan hasil jepretan kamera dslr nikon vs canon

Dengan kata lain, jika Anda sering mengalami banyak jenis fotografi dan suasana pemotretan yang beragam dengan objek yang bergerak cepat, kamera Canon menjadi pilihan tepat.

Namun jika Anda sudah terbiasa memotret dengan sensitivitas yang lebih baik untuk tempat dengan cahaya redup dan melakukan pengaturan yang hati – hati, kamera Nikon cocok untuk Anda.

Pada dasarnya, entah itu Canon atau Nikon, setiap produk dari merek tersebut memiliki kelemahan masing-masing.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.