Home > Tutorial > Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya
Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows

Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya – Masalah dalam laptop yang lemot memang sangat merugikan oleh mereka yang menggunakannya. Ada banyak sekali pekerjaan yang sebenarnya tidak berkunjung selesai disebabkan karena kinerja dari laptop yang memang sangat lemot.

Ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan laptop anda tidak bisa berjalan dengan cepat. Dan berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengetahui Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan laptop lemot misalnya adalah

Karena file temp. anda yang sudah terlalu besar

penyebab laptop lemot pertama karean cacahe. Pada saat anda melakukan akses internet melalui laptop anda, maka laptop akan menyimpan data ke beberapa data dalam folder temp. Saat folder ini sudah sangat besar, maka anda bisa memperlambat kinerja dari laptop anda. Cara yang sangat mudah untuk anda lakukan adalah dengan membersihkan folder ini dengan menggunakan softwate dari “Ccleaner”.

Untuk langkah mendownload ccleaner, maka anda bisa membuka link yang sudah ada di beberapa internet. Setelah anda menjalankannya dan melakukan install dan melakukan proses download maka anda bisa membuka aplikasi Ccleaner, lalu anda bisa melakukan analyze, dan tunggu hingga prosesnya selesai. Selanjutnya anda bisa membersihkan file temp. Dan lanjutnya dengan klik tombol run cleaner.

Karena terlalu banyak sekali program yang terinstall

penyebab laptop lemot kedua karena terlalu banyak program. Kadang banyak orang yang kurang memperhatikan point ini. Anda sering kali melakukan install software pada laptop yang kadang memang tidak terlalu penting untuk pekerjaan anda. Sehingga ini akan menyebabkan laptop anda harus menjalankan banyak program sekaligus program pada saat laptop anda pertama kali akan dihidupkan.

Tentu saja ini akan sangat membebani laptop anda. Cara mengatasinya memang sangat mudah, anda bisa melakukan uninstall apalikasi yang tidak terlalu penting pada bagian kontrol panel dan anda juga bisa melakukan mendisable aplikasi agar tidak berjalan saat komputer anda akan dihidupkan.

Salah satu caranya adalah dengan membuka software Ccleaner – pilih tab tool – startup – disable aplikasi yang tidak terlalu penting.

Anda juga bisa melakukan unistall program tidak jelas yang ada pada laptop anda melalui kontrol panel. Anda kemudian bisa windows, lalu klik control panel, lanjut dengan klik uninstall program, lalu anda bisa memilih program yang tidak di pakai dan lakukan uninstall.

Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Karena spesifikasi laptop lebih rendah dari spesifikasi yang anda butuhkan

Jika laptop anda memang bekerja dengan baik tapi saat anda sedang bermain game laptop anda terasa sangat berat dan lambat, ini bisa berarti jika permainan yang sedang anda jalankan membutuhkan spesifikasi laptop yang jauh lebih tinggi.

Usahakan juga untuk melihat system requitment dari permaianan anda sehingga anda nantinya bisa membandingkan dengan kemampuan dari laptop anda.
Ada beberapa kasus spesifikasi laptop anda sudah terlalu jadul ini adalah kasus yang sangat umum.

Sehinga spesifikasi laptop anda harus di upgrade sehingga komputer anda bisa berjalan dengan lebih lancar. Dan usahakan laptop anda sendiri sudah menggunakan processor dual core dan juga ram minim yang sebesar 2 GB.

Terjadi kerusakan pada komponen laptop anda

Jika komputer anda melamat maka ini bisa jadi karena kerusakan pada komponen laptop misalnya adalah karena hardisk nya. Untuk hardisknya sendiri komponen yang paling peka dan bisa menyebabkan laptop anda lemot.

Karena adanya virus

Usahakan untuk selalu melakukan update untuk database antivirus sehingga anda bisa menghindari serangan virus yang mungkin bisa memperlambat kinerja laptop anda.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Satu komentar

  1. Kapsul Gamat Emas Walatra

    thanks informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.