Home > Komponen > Pengertian USB OTG dan kelebihan USB OTG
Pengertian USB OTG dan kelebihan Flashdisk USB OTG

Pengertian USB OTG dan kelebihan USB OTG

Pengertian USB OTG dan kelebihan Flashdisk USB OTG – Bisakah kita memasukkan flashdisk ke HP smartphone? Tentu bisa. Bagaimana caranya?, cara dengan menggunakan USB OTG. Lalu apa itu USB OTG?

USB OTG berasal dari singkatan On-The-Go adalah sebuah standarisasi perangkat agar dapat terkoneksi dengan USB sehingga memungkinkan perangkat membaca data dari USB tanpa harus membuka nya dulu dari PC.

Dan saat ini Hampir Semua Smartphone Canggih keluaran terbaru 2017 sudah mendukung Fasilitas USB OTG ini. Dengan adanya fasilitas USB OTG, anda dapat melakukan transfer data langsung dari drive USB anda seperti memory dan Flashdisk OTG Android ataupun iPhone dengan sangat mudah, tanpa harus melalui PC dulu. itu,

Lalu apakah Smartphone anda Sudah Mendukung Fasilitas USB OTG ini?

Mungkin banyak orang yang tidak tahu tentang fasilitas USB OTG. Karena memang mereka masih awam menggunakannya. Sehingga banyak orang yang tidak mau tahu akan keberadaan fasilitas ini.

Bagaimana mengetahui bahwa smartphone anda sudah mendukung fitur ini?

Jika anda belum tahu, anda bisa mengeceknya pada informasi spesifikasi dashbook smartphone anda. Atau mungkin cek langsung ke website nya. Cirinya jika smartphone tersebut telah mendukunf fasilitas USB OTG maka pada box smartphone akan terlihat gambar USB.

Apa saja sih keuntungan dengan menggunakan USB OTG ini, diantaranya

Pengertian USB OTG dan kelebihan Flashdisk USB OTG

Dapat menghubungkan Memory Card Reader, Flashdisk atau Hard Disk Eksternal secara langsung lewat Android

Dengan fasilitas USB OTG ini , anda dapat melakukan transfer data langsung dari flash disk tanpa butuh Komputer dulu. Sehingga dengan adanya fasilitas ini dapat lebih hemat waktu dan tempat dalam pemindahan data.

Kehadiran fasilitas USB OTG ini bisa mempermudah pekerjaan kita, seperti misalnya dengan hanya menancapkannya flashdisk USB OTG ke android atau iphone anda, maka anda bisa menemukan pekerjaan yang anda cari. anda dapat mengetik dengan dengan keyboard dan mouse fisik.

Selain kabel OTG, saat ini muncul sebuah terobosan terbaru sbuah flashdisk yang berupa port OTG. Flashdisk merupakan sebuah perangkat keras yang digunakan sebagai media penyimpanan data software yang efektif, flashdisk ini memiliki ukuran yang bermacam macam, dengan kata lain jumlahnya pun sangat banyak mulai dari flashdisk dengan kapasitas 1 GB hingga 32 GB.

Adapun Fungsi utama dari flashdisk yaitu digunakan sebagai media penyimpanan eksternal pada komputer. Tapi seiring perkembangan zaman, bentuk flashdisk mulai beragam, termasuk flashdisk dengan menyesuaikan port pada gadget canggih yang ada.

Salah stau bentuk perkembangan flashdisk yakni seiring perkembangan android semakin pesat, flashdisk pun tak ingin kalah. Dimana saat ini flashdisk tak hanya digunakan pada komputer saja melain sudah dapat digunakan pada smartphone. Flashdisk for android ini dikenal dengan sebutan flashdisk OTG.

Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk OTG

Adapun Kelebihan dari flashdisk OTG ini akan anda rasakan ketika anda sudah menggunakannya. Namun sayangnya saat ini smartphone atau android masih belum banyak yang kompatibel dengan flashdisk OTG. Biasanya jika flashdisk OTG digunakan pada komputer atau laptop, responsif tidak begitu baik. Bahkan bisa dikatakan proses membacanya tidak baik. Bila anda menggunakan flashdisk OTG ini untuk print, respon nya juga lama atau spooling. Sehingga saat macet, atau flashdisk dicabut maka printer akan berhenti di tengah tengah.

Bagaimana mengetahui perangkat kompatibel tidaknya dengan flashdisk OTG?

  • Cara mengeceknya mudah
  • Pertama lihat lah apakah sama port pada flashdisk OTG dengan port pada perangkat anda
  • Kedua jika sama, coba masukkan, pas atau tidak.
  • Ketiga jika bisa masuk, lihatlah pada perangkat anda, apakah muncul notifikasi yang menandakan bahwa flashdisk OTG kompatibel dan terbaca oleh perangkat smartphone.

Itulah sedikit penjelasan tentang Pengertian USB OTG dan kelebihan Flashdisk USB OTG. Semoga bermanfaat.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.