Home > Komponen > Pengertian UPS

Pengertian UPS

Bagi Anda yang memiliki perangkat computer lengkap, sangat penting mengetahui fungsi kegunaan dari perangkat UPS. UPS adalah kependekan dari Uninteruptable Power System yaitu batere dengan inverter yang berfungsi sebagai penstabil tegangan dan penanggung daya untuk beberapa waktu saat padam listrik.

Di negri kita yang listrik nya belum stabil ini, apalagi krisis minyak yang bikin PLN juga padamnya lebih sering padam dari biasanya, sangat sangat disarankan sistem kita di protek oleh UPS. Tidak hanya resiko kehilangan data, tapi kerusakan terhadap sistem juga bisa diminimalisir, sudah beberapa client saya yang menggunakan aespesoft software apotek atau software klinik mengalami kerusakan yang cukup fatal, untungnya dikarenakan cukup disiplin dalam menerapkan sistem backup, restorasi data bisa dilakukan tanpa banyak kehilangan data.

Kerusakan itu diantaranya rusak motherboard, mati harddisk dan rusaknya harddisk, karena komputer yang sering mati tiba tiba, dan listrik tidak stabil, alias suka naik turun dan komputer tersebut tidak dilengkapi UPS. UPS sudah cukup murah, untuk UPS rumahan yaitu yang bisa menstabilkan tegangan dan menanggung daya kurang lebih 10 menit berkapasitas 600va range harganya antara 400 ribu hinggu 1 juta.

Pengertian UPS_2

Jadi jangan menunda untuk membeli, demi kebaikan dan kelanggengan komputer anda. UPS adalah sebagai alat back up listrik ketika PC atau kehilangan energi dari sumber utamanya. UPS bekerja diantara komputer dan colokan listrik, dari colokan listrik yang di alirkan ke Batatre yang berada pada UPS  dan kemudian di simpan untuk kesetabilan tegangan energi. listrik yang di simpan pada batre akan di pakai ketika sumber energi utama listrik terputus.

dalam perkembangan UPS menjadi beberap tipedi antaranya adalah :

  1. Sps atau stanby power system berfungsi memonitor tenaga listrik yang masuk akan mengalirkan listrik kedalam mode batre (penyimpanan) saat problem terjadi.
  2. On-line UPS tidak mengalirkan listrik pada saat problem terjadi yaitu ketika listrik mati maka UPS akan tetap mengalirkan listrik walaupun sumber utama tidak mati.

Fungsi Utama dari UPS adalah :

  1. Dapat memberikan energi listrik sementara ketika terjadi kegagalan daya pada listrik utama (PLN).
  2. Memberikan kesempatan waktu yang cukup kepada kita untuk segera menghidupkan Genset sebagai pengganti PLN.3. Memberikan kesempatan waktu yang cukup kepada kita untuk segera melakukan back up data dan mengamankan Operating System (OS) dengan melakukan shutdown sesuaiprosedur ketika listrik utama (PLN) padam.
  3. Mengamankan sistem komputer dari gangguan-gangguan listrik yang dapat mengganggusistem komputer baik berupa kerusakan software,data maupun kerusakan hardware.
  4. UPS secara otomatis dapat melakukan stabilisasi tegangan ketika terjadi perubahantegangan pada input sehingga tegangan output yang digunakan oleh sistem komputer berupategangan yg stabil.
  5. UPS dapat melakukan diagnosa dan management terhadap dirinya sendiri sehinggamemudahkan pengguna untuk mengantisipasi jika akan terjadi gangguan terhadap sistem.
  6. User friendly dan mudah dalam installasi.
  7. User dapat melakukan kontrol UPS melalui Jaringan LAN dengan menambahkan beberapaaccessories yang diperlukan.
  8. Dapat diintegrasikan dengan jaringan Internet.
  9. Notifikasi jika terjadi kegagalan dengan melakukan setting software UPS management.

Untuk kebutuhan UPS computer Anda, pastikan Anda membeli produk UPS berkualitas agar mendapatkan fungsi yang maksimal. Terdapat bermacam-macam merek di pasaran. Harga yang ditawarkan pun sesuai dengan merek yang ada. Silahkan memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Pengertian Inverter, Fungsi Inverter, dan Cara Kerja Inverter

Pengertian Inverter, Fungsi Inverter, dan Cara Kerja Inverter

Pengertian Inverter, Fungsi Inverter, dan Cara Kerja Inverter – Apakah anda seorang teknisi listrik dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *