Home > Peralatan Kantor > Pengertian Printer Thermal dan Fungsi Printer Thermal
Pengertian Printer Thermal dan Fungsi Printer Thermal

Pengertian Printer Thermal dan Fungsi Printer Thermal

DimensiData.com – Pengertian Printer Thermal, Fungsi kegunaan Printer POS, Dan Macam Jenis Printer Thermal. Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali jenis jenis printer yang dijual dipasaran. Salah satu jenis printer yang mau kita bahas adalah printer thermal. Mungkin beberapa diantara kalian masih asing dengan printer thermal ini sehingga mungkin saja anda belum mengetahui pengertian printer thermal dan fungsi printer thermal.

Printer thermal adalah merupakan salah satu jenis printer dari keluarga printer impact, dimana printer impact ini biasanya sering digunakan sebagai printer untuk kasir pembelanjaan dan mesin fax. Proses pencetakan dari printer thermal ini dengan menggunakan gulungan kertas. Dimana proses bekerjanya dengan mengambil gulungan kertas tersebut kemudian berubah menjadi gelap saat dipanaskan.

Saat mencetak kertas akan ditarik bersebelahan dengan kepala cetak yang berisi pemanas eletronik. Mekanisme dokumen yang dicetak adalah teks dan grafis sederhana. Mengapa menggunakan berisi pemanas elektronik canggih? karena secara teknis printer thermal ini tidak menggunakan tinta toner atau perlengkapan lainnya seperti yang dibutuhkan pada printer inkjet. Sehingga penggunaan dan pemeliharaan printer thermal cukup mudah.

Pengertian printer thermal

Printer thermal adalah jenis printer yang menggunakan proses cetak dengan teknologi pemanas untuk mengaktifkan tinta. Printer thermal terbilang lebih efisien dan ekonomis dibandingkan printer dot matrik. Selain itu printer thermal juga tidak memakan banyak ruang sehingga tidak memerlukan perawatan khusus.

Seperti printer pada umumnya, printer thermal memiliki beberapa jenis printer yang tersedia. Salah satu jenis printer thermal yang terkenal dan sudah banyak digunakan yaitu jenis printer terminal kartu kredit dimana proses mencetak menggunakan tanda terima (receipt). Selain itu printer ini juga tidak berisik dan memiliki ukuran yang lebih efisien.

Merk Printer Thermal Terbaik Yang Bagus Harga Murah

Umunya printer thermal mampu mencetak dalam warna hitam. Namun terkadang juga bisa mencetak berwarna. Selain itu ada jenis printer thermal portable. Biasanya printer thermal portable ini merupakan jenis printer yang ringan yang bisa dibawa kemana mana. Selain itu ada pula jenis printer thermal dengan ukuran yang lebih besar. Biasanya jenis printer ini dirancang untuk digunakan pada kantor atau bisnis perusahaan.

Namun sayangnya masih ada beberapa orang yang masih ragu menggunakan printer thermal ini, mungkin karena ada beberapa keterbatasan dalam penggunaan printer thermal ini seperti ukuran kertas, ukuran printer, teknik mencetak dan peralatan. Pasalnya keperluan peralatan yang kompatibel dapat mendukung bekerjanya printer thermal ini.

Fungsi printer thermal

Printer thermal atau bisa juga disebut dengan Printer POS dioperasikan dengan komputer seperti dekstop / system, POS. Cara menggunakan printer thermal dengan menyalakan printer kemudian masukkan kertas thermal dalam printer, kemudian otomatis akan menggerakkan kepala printer sampai menghasilkan panas kemudian kepala printer akan menyentuh kertas lalu kepala printer akan mengaktifkan tinta dan perlahan tinta akan mencetak data diatas kertas thermal dan hasil cetakan sesuai dengan data yang diinginkan.

Umumnya printer thermal digunakan pada beberapa bidang pekerjaan tertentu yang membutuhkan hasil cetak yang cepat seperti untuk mencetak resep pesanan, kasir, daftar harga, label barcode dan lainnya. Sehingga penggunaan printer ini sering dibunakan pada bisnis bisnis retail dan pom bensin.

Untuk harga printer thermal biasanya jatuhnya dipasaran berbeda beda. Biasanya harga printer ini tergantung dari jenis, fitur dan merk printer tersebut, dipasaran saat ini beredar printer thermal atau printer pos dengan berbagi merek seperti printer thermal merk Bixolon, Printer POS Epson, Fujistu, Gowell dan Zebra, maka dari itu jika anda tertarik membeli printer thermal, maka anda harus memperhatikan merek, spesifikasi dan kualitasnya dengan melihat kualitas hasil cetakan yang baik dan kertas yang digunakan.

Disamping itu harga kertas thermal biasanya lebih mahal dibandingkan dengan kertas printer biasanya, namun hal ini sebanding dengan hasil dan kehandalan printer thermal tersebut.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Pengertian Scanner, Fungsi Scanner dan Jenis Scanner

Pengertian Scanner, Fungsi Scanner dan Jenis Scanner

Pengertian Scanner, Fungsi Scanner dan Jenis Scanner – Mesin Scanner adalah salah satu perangkat keras …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *