Home > Networking > Pengertian Mikrotik dan Macam Jenis Mikrotik
Pengertian Mikrotik dan Macam Jenis Mikrotik Jaringan Komputer

Pengertian Mikrotik dan Macam Jenis Mikrotik

Pengertian Mikrotik dan Macam Jenis Mikrotik pada Jaringan komputer – Mikrotik merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jaringan komputer dimana mereka mengembangkan berbagai perangkat lunak dan perangkat keras pada jaringan komputer.

Adapun sistem operasi yang digunakan oleh mikrotik diberi nama Mikrotik RouterOS dan RouterBoard yang merupakan perangkat keras yang menggunakan sistem operasi mikrotik sehingga dapat menjalankan semua fungsi seperti halnya router.

Berikut adalah macam-macam jenis mikrotik pada jaringan komputer

Mikrotik Router OS

Jenis mikrotik ini merupakan salah satu sistem operasi pada jaringan komputer yang berbasis UNIX dimana yang dapat menjadikan komputer memiliki beberapa kemampuan, yakni tak hanya digunakan untuk penyambung internet. Tapi juga digunakan sebagai firewall, router, hotspot, router, bridge, proxy server, dll.

Dalam pengoperasian jenis mikrotik router OS ternilang sangat ringan sehingga hanya membutuhkan spesifikasi perangkat keras yang sederhana (rendah) untuk menjalankannya. Karena keunggulan inilah membuat banyak orang yang membangun jaringan dengan menggunakan sistem operasi. Keunggulan inilah membuat customer menjadi semakin bertambah.

RouterBoard

RouterBoard merupakan jenis hardware jaringan komputer yang dikembangkan oleh mikrotik yang mana dalam mikrotik telah diinstall dengan sistem jaringan. Dalam pengoperasiannya seperti halnya mengopersikan komputer, dimana dalam routerboard terdapat Processor, RAM, ROM dan memory flash. Namun ukuran RouterBoard sangat kecil dan lebih praktis.

Pengertian Mikrotik

Pengertian Mikrotik dan Macam Jenis Mikrotik

Mikrotik merupakan sebuah sistem operasi dan perangkat lunak (software) yang bisa digunakan untuk membuat komputer menjadi router network yang handal, bahkan mampu mencakup berbagai fitur yang digunakan untuk ip network dan jaringan wireless, selain itu mikrotik juga cocok digunakan pada ISP dan provider hotspot.

Bagaimana cara instalasi mikrotik?

Adapun instalasi mikrotik sebenarnya tidak membutuhkan banyak peranti baik software maupun hardware. Karena pada dasarnya mikrotik dirancang sangat sederhana supaya mudah digunakan terutama untuk keperluan administrasi jaringan komputer misalnya merancang dan membangun sistem jaringan komputer mulai dari skala kecil sampai dengan jaringan komputer yang kompleks sekalipun.

Bagaimana Sejarah Mikrotik?

Mikrotik pertama kali dibuat oleh MikroTikls yakni sebuah perusahaan yang terletak di kota Riga, Latvia. Mungkin anda terasa asing dengan negara latvia. Bagi anda yang belum tau, Latvia merupakan sebuah negara “pecahan” dari asalnya negara Uni Soviet (sekarang ini lebih dikenal dengan Rusia).

Pertamakali nama merek dagang dengan Mikrotik didirikan pada tahun 1995. Dimana perusahaan mikrotik ini merupakan perusahaan jasa layanan Internet (PJI) atau ISP (Internet Service Provider). Yang Memberikan pelayanan kepada para pelanggannya untuk menggunakan teknologi nirkabel atau wireless.

Sekarang ini MikroTikls melayani para pelanggan ISP nirkabel dengan layanan akses Internet, dimana layanan ini sudah banyak di lakukan olehdibanyak negara di dunia dan sangat populer di Indonesia.

Berdasarkan standart perangkat keras, Mikrotik berbasiskan Personal Computer (PC) yang dikenal “kestabilan”, kualitas kontrol dan fleksibilitas yang digunakan pada berbagai jenis paket data dan dengan proses rute atau routing yang berbeda.

Mikrotik dibuat sebagai router dengan berbasiskan PC yang menjadi banyak bermanfaat pada sebuah ISP yang ingin menjalankan aplikasi baik yang paling ringan atau dengan tingkat lanjut. Berikut beberapa fitur mikrotik selain digunakan untuk routing yaitu kapasitas akses (bandwidth), firewall, WIFI, manajemen, backhaul link, hotspot, Virtual Private Netword (VPN) server dan lain lain.

Demikian sedikit informasi tentang macam jenis mikrotik pada jaringan komputer. Semoga bermanfaat, terimakasih.

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Macam Jenis Kabel Jaringan Internet yang Digunakan Pada Jaringan Komputer

Macam Jenis Kabel Jaringan Internet dan Pengertiannya

Macam Jenis Kabel Jaringan Internet yang Digunakan Pada Jaringan Internet Komputer – Apa itu Kabel …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *