Home > Komponen > Pengertian Mechanical Keyboard dan Jenis Switch Mechanical Keyboard
Pengertian Mechanical Keyboard dan Jenis Switch Mechanical Keyboard

Pengertian Mechanical Keyboard dan Jenis Switch Mechanical Keyboard

Pengertian Mechanical Keyboard dan Macam Jenis Switch Mechanical Keyboard – Kebanyakan orang pasti sering mendengar suatu benda yang memiliki nama mechanical keyboard. Fakta nya apa perbedaan antara mechanical keyboard dengan keyboard biasa. Pada artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai pengertian mechanical keyboard dan juga macam macam jenis dan tipe switch pada gaming mechanical keyboard.

PENGERTIAN MECHANICAL KEYBOARD

Jika di jelaskan dalam arti yang sederhana, jadi apabila keyboard biasa di dalam tombol nya pasti ada suatu karet yang berperan sebagai penghubung dengan tempat yang memproses tombol ketika di tekan dan ditampilkan pada computer atau dengan nama lain yaitu board. Dan jika mechanical keyboard di dalam nya tidak lah karet namun switch. Dan untuk switch ini jenis nya sangat lah berbeda beda tergantung pada produsen keyboard itu sendiri serta switch switch tersebut dapat kita bedakan sesuai dengan warna nya.

JENIS SWITCH MECHANICAL KEYBOARD

Macam Jenis Tipe Switch Mechanical Keyboard

Jenis jenis switch yang begitu terkenal dan popular di dunia termasuk di Indonesia yaitu jenis cherry MX. Switch mempunyai karakter dan juga sifat nya yang berlainan di masing masing nya, hal ini membuat mechanical keyboard akan lebih berasa dan juga sangat nyaman jika dibandingkan dengan keyboard biasa nya. Pada umum nya sangat banyak switch switch yang di buat di dunia, akan tetapi tidak seluruh atau semua switch menjadi terkenal dan juga popular. Di bawah ini merupakan jenis jenis switch di mechanical keyboard:

  • Red Switch: switch yang teringat dan paling ringan dari semua switch, dan tidak akan mengeluarkan suara
  • Black switch: switch yang paling berat dari semua switch, dan relative tidak akan mengeluarkan suara
  • Blue switch: switch yang akan mengeluarkan suara yang paling keras pada saat tombol di tekan, membuat suatu sensasi clicky.
  • Brown switch: banyak sekali orang yang mengatakan ini adalah suatu gabungan dari red dan juga blue switch, memiliki bobot yang ringan namun terdapat kesan clicky dan juga mengeluarkan suara yang lebih keras dari pada red akan tetapi akan lebih pelan jika di bandingkan dengan blue.
  • Silver Switch: Silver Switch ini juga akrab disebut sebagai Cherry MX Speed. Karakternya linear dengan pegas yang menekan lurus langsung dari atas ke bawah, namun dengan pegas yang lebih pendek dan ringan, memungkinkan kamu mencapai ‘titik aktuasi’ (yaitu titik capai ke sirkuit untuk mengirim sinyal) jauh lebih cepat.
  • Green Switch: Green Switch memiliki karakter yang mirip dengan Cherry MX Blue, hanya saja memiliki pegas yang lebih tebal, sehingga lebih berat di tekan. Ini menimbulkan rasa yang kurang lebih sama dengan keyboard tipe lama yang tebal dan berat.
  • Clear Switch: Clear Switch memiliki karakter yang mirip dengan Cherry MX Green. Pegas yang tebal dan lebih berat ketika ditekan, menimbulkan sensasi hentakan di tangan yang lebih keras juga, namun lebih ‘senyap’ dibandingkan Cherry MX Green.

KUALITAS

Bahan bahan yang di pakai untuk mechanical keyboard, terlebih lagi yang mempunyai jenis switch cherry MX ini sangat lah berbeda dari pada keyboard yang biasa pada umum nya. Dengan mencoba sejumlah tombol dan juga meraba atau menyentuh dari pinggiran mouse saja pasti nya anda telah dapat menebak yang mana yang termasuk di dalam mechanical keyboard. Build nya yang kuat dan juga kokoh adalah salah satu dari keutamana, dan kelebihan dari mechanical keyboard.

Maka dari itu mechanical keyboard mempunyai bobot yang berat, bahkan lebih berat dari pada keyboard yang biasa pada umum nya. Switch di dalam gaming mechanical keyboard ini di buat untuk awet dan juga tahan lama serta bisa kita klik sebanyak mungkin sampai keyboard tersebut rusak. Seperti contoh nya, yang merupakan produk dari keyboard mechanical ducky one, pencipta nya menganggap dan mengatakan keyboard tersebut dapat bertahan sampai dengan waktu 50 juta kali klik atau ketik.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Fungsi Tombol Function Keys F1 Sampai F12 pada Keyboard Komputer

Fungsi Tombol Function Keys F1 Sampai F12 pada Keyboard

Fungsi Tombol Function Keys F1 Sampai F12 pada Keyboard – Pada keyboard komputer pc, laptop, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *