Home > Networking > Pengertian Hotspot, Fungsi dan Macam Jenis Hotspot
Pengertian Hotspot dan Jenis Hotspot Secara Lengkap

Pengertian Hotspot, Fungsi dan Macam Jenis Hotspot

Pengertian Hotspot, Fungsi dan Macam Jenis Hotspot Secara Lengkap – Siapa yang tidak mengenal hotspot? Hotspot yang hampir setiap harinya anda gunakan tersebut untuk berbagai macam yang diperlukan. Seperti halnya kawan yang tidak mempunyai kuota data, pasti anda sebagai kawannya dimintakan untuk mengaktifkan hotspot tersebut.

Hotspot di zaman era serba modern ini sangatlah tak asing lagi bagi kehidupan bermasyarakat. Seperti sama halnya dengan kendaraan, hotspot sangat dibutuhkan apa bila anda tidak mempunya kuota paket data jaringan internet tersebut.

Oleh karena itu, mari kita simak penjelasan lebih lengkapnya mengenai pengertian hotspot, fungsi dan macam jenis hotspot tersebut sebagai berikut.

Pengertian Hotspot

Hotspot sangat diminati oleh masyarakat sekarang untuk dapat menggunakan jaringan internet secara bersama – sama atau berkelompok. Hotspot ialah sebuah istilah yang dapat digunakan bagi sebuah area dimana orang tersebut atau user dapat mengakses jaringan internet tersebut.

Biasanya menggunakan teknologi Wi-Fi, melalui jaringan area lokal nirkabel (Wireless Local Area Network, disingkat WLAN) menggunakan router yang terhubung ke penyedia layanan internet (Internet Service Provider, disingkat ISP).

Asalkan di perangkat lainnya seperti PC, Laptop, Notebook gadget atau pun perangkat lainnya dengan adanya fitur WiFi tersebut, sehingga dapat mengakses jaringan internet tanpa menggunakan media tambahan seperti kabel – kabel.

Jangkauan dari sebuah hotspot tersebut kurang lebih dari beberapa ratus frekuensi atau signalnya tersebut. Oleh karena itu penggunaan hotspot tersebut tidak dapat berjauhan dengan perangkat yang mengaktifkan hotspot tersebut.

Hotspot pun lebih mudah digunakan dari pada WiFi. Walaupun keuntungan dari menggunakan WiFi lebih banyak dari pada sebuah jaringan hotspot tersebut, tetapi jika anda menggunakan WiFi, anda tidak dapat membawa kemana pun perangkat tersebut.

Karena penggunaan dari WiFi tersebut harus menjalani beberapa tahapan. WiFi tersebut pun harus diinstal pada tahapan tertentu yang mengharuskan perangkat kerasnya diletakkan diarea yang tidak tergantung dan lebih baik tidak jauh dari televisi.

Baca Juga

Karena perangkat tersebut dapat mengaktifkan beberapa progam khusus ditelevisi anda. WiFi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity yang diartikan sebagai sebuah jaringan atau network nirkabel dengan menggunakan suatu frekuensi radio yang sering disebut dengan radio Frequensy.

Itulah penjelasan sedikit mengenai hotspot yang pada kesehariannya anda gunakan. Sekarang mari kita membaca penjelasan tentang apa saja fungsi dari sebuah Hotspot tersebut dibawah ini.

Pengertian Hotspot, Fungsi dan Macam Jenis Hotspot

Fungsi Dari Hotspot

Ada pun beberapa fungsi dari sebuah perangkat hotspot tersebut yang pastinya belum banyak mengetahui. Salah satu fungsi umumnya yaitu dapat menjalankan jaringan internet pada oerangkat lainnya. Mari simak fungsi – fungsi lainnya mengenai hotspot tersebut sebagai berikut.

  • Dapat menggunakan hotspot dengan koneksi internet seperti halnya browsing, mengirimkan email, chattingan, mendownload film mau pun lainnya, dan lain sebagainya.
  • Tidak menggunakan nirkabel yang membuat agak ribet.
  • Jangkauannya paling kurang seratus meter
  • Sangat fleksibel
  • Dapat digunakan dimana pun, kapan pun dan siapa pun.

Adapun beberapa tips yang dapat anda gunakan agar hotspot anda menjadi aman, yaitu sebagai berikut:

  • Jangan anda aktifkan file yang sharing folder pc tersebut atau pada laptop kamu juga, karena apa bila anda terhubung dengan jaringan publik lainnya, anda akan memungkinkan bagi orang lain untuk dapat mengakses folder yang anda sharing tersebut.
  • Jangan lupa matikan sharing printer pc atau pun pada laptop kamu tersebut.
  • Jangan lupa aktifkan anti virus yang harus terupdate di versi terbaru.
  • Jangan pernah sekali – sekali anda memberikan username dan juga password anda pada orang lain.

Macam jenis tipe Hotspot

1. Hotspot Gratis

Hotspot gratis atau free hostspot ini merupakan jenis hotspot yang biasanya dapat diakses secara publik dimana semua orang yang berdada di area hostspot bebas untuk mengaksesnya.

Fasilitas hostspot gratis ini biasanya disediakan sebagai tambahan fasilitas pelanggan yang dioperasikan di hotel, di restoran, taman bermain, stasiun kreta, kedai kopi, atau di kafe. Kadang fasilitas hostspot gratis ini merupakan instalasi semi permanen di acara pameren komputer.

2. Hotspot Berbayar

Tidak semua Hotel, Cafe atau perusahaan mau memberikan layanan hotspot secara gratis dikarnakan biaya sewanya yang cukup mahal. Sebab itulah, mereka biasanya memutuskan untuk menyediakan fasilitas hotspot berbayar kepada pengguna untuk menutupi biaya layanan internet yang mereka sewa dari Internet Service Provider (ISP).

3. Hotspot Berbayar ke Operator WiFi Hotspot

Jenis Hotspot berbayar ini seperti Hyper Hotspot, Biznet Hotspot, Maxindo, NusaNet, D~NET merupakan layanan jaringan internet Indonesia yang memiliki banyak pengguna mobile. Jenis HotSpot ini biasanya sangat diminati oleh orang-orang yang sering bepergian jauh seperti traveler atau pengusaha yang sering melakukan bisnis.

Demikian penjelasan yang dapat blog dimensidata sampaikan untuk pengertian, fungsi hotspot dan macam jenis hotspot secara lengkap. Semoga dengan adanya artikel pengertian, fungsi dan macam jenis hotspot Anda semakin mengerti dalam mengartikan istilah pengertian hotspot dan dapat membedakan kedua istilah yang berkaitan antara hotspot dan wi-fi.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.