Home > Komponen > Pengertian Hardisk

Pengertian Hardisk

Hardisk menjadi salah satu alat penyimpan data yang terbilang memiliki muatan memori cukup besar. Biasanya, banyak orang menggunakan hardisk untuk melakukan duplikasi data yang tersimpan di sebuah sistem komputer miliknya. Kita tau sendiri bahwa perangkat komputer sering sekali mengalami eror karena virus sistem yang merusaknya, nah agar data – data penting dalam komputer tersebut tidak hilang maka digunakanlah perangkat hardisk untuk hal tersebut. Seiring perkembangan sistem teknologi, perangkat hardisk saat ini tidak hanya digunakan untuk menyimpan data – data penting pada komputer namun juga digunakan sebagai memory eksternal untuk perangkat PS (Playstation).

Data game yang cukup besar bisa dimuat secara bebas dalam perangkat hardisk ini. Lalu, apa sih sebenarnya fungsi asli dari perangkat ini? mengapa cukup banyak fungsi yang dimiliki oleh perangkat ini? Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai hal ini, ada baiknya anda membaca ulasan artikel kami yang akan mengajak anda untuk mengetahui seluk beluk hardisk meliputi pengertian hardisk, fungsinya serta beberapa bagian dari hardisk lebih dalam lagi.

Pengertian Hardisk_2

Pengertian Hardisk

Secara harfiah, hardisk dapat diartikan sebagai alat yang berfungsi untuk penyimpanan data dari dalam perangkat. Hardisk merupakan alat vital dari sebuah perangkat keras seperti laptop maupun komputer karena tanpa adanya hardisk sistem lunak dalam perangkat keras tidak bisa melakukan prosesing. Inilah salah satu poin penting yang perlu anda pahami dari sebuah hardisk. Kapasitas memory penyimpanan dalam hardisk terbilang cukup besar. Biasanya, satuan yang digunakan untuk menggambarkan kapasitas memory dalam hardisk ini ialah byte (B). Semakin besar ukuran byte hardisk maka semakin besar pula daya tampung data dalam hardisk tersebut. So, bila data yang hendak anda simpan cukup banyak maka pastikan anda telah memilih jenis hardisk yang memang telah dilengkapi dengan kapasitas memory yang besar didalamnya.

Fungsi Perangkat Hardisk

Berbicara tentang fungsi hardisk tentu anda sudah banyak mengetahuinya Perangkat keras satu ini dilengkapi dengan bagian memory didalamnya. Memory dalam hardisk didesain untuk mampu menyimpan berbagai data yang telah diproses secara sistematis dalam perintah sistem komputer atau laptop. Anda bisa menyimpan berbagai data dalam hardisk tanpa takut datanya hilang karena hardisk tetap mampu menyimpan data sekalipun perangkat komputer atau laptopnya telah dimatikan. Inilah fungsi hardisk yang tak dimiliki oleh perangkat lainnya sehingga jangan heran bila hardisk disebut sebagai otak dalam komputer.

Jenis Perangkat Hardisk

Hardisk dibagi menjadi 2 jenis model menurut cara menggunakannya. 2 jenis hardisk tersebut diantaranya hardisk eksternal dan hardisk internal. Hardisk eksternal merupakan perangkat hardisk yang dipasang diluar perangkat sistem komputer maupun laptop. Perangkat ini memiliki fungsi yang sama dengan hardisk internal sekalipun dipasang diluar komputer. Biasanya, hardisk eksternal ini digunakan untuk menambah ruang penyimpanan  yang ada di perangkat komputer atau laptop anda. Sedangkan, hardisk internal merupakan perangkat hardisk yang terpasang langsung didalam komputer atau laptop, biasanya perangkat ini didesain lebih mini ukurannya dibandingkan dengan hardisk eksternal. Untuk pembelian hardisk eksternal anda harus mengeluarkan uang selain dari uang pembelian perangkat komputer atau laptop namun untuk hardisk internal, anda sudah bisa mendapatkannya setelah membayar uang laptop maupun komputer.

Nah, anda sudah tahu informasi lengkap mengenai perangkat hardisk, bukan? Semoga dengan adanya informasi lengkap mengenai pengertian hardisk serta informasi seluk beluk hardisk lainnya, anda bisa memahami perangkat hardisk secara jelas dan lengkap.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Perbedaan Memori RAM Server dan Memori RAM PC

Perbedaan Memori RAM Server dan Memori RAM PC

Perbedaan Memori RAM Server dan Memori RAM PC Komputer – Anda tentu mengenal bukan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>