Home > Aksesoris > Pengertian dan Perbedaan Speaker Woofer dan Subwoofer
Perbedaan Speaker Woofer dan Subwoofer dan Kelebihannya

Pengertian dan Perbedaan Speaker Woofer dan Subwoofer

Pengertian dan Perbedaan Speaker Woofer dan Subwoofer – Kita sering menggunakan speaker sebagai alternatif dari headset, dan banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan speaker dibandingkan headset karena kapabilitas speaker untuk memancarkan suara yang lebih ‘natural’. Akan tetapi, tahukah kalian bahwa speaker tidak hanya tergolong ke dalam speaker saja?

Speaker dapat dibagi menjadi berbagai macam jenis. Beberapa jenis diantaranya adalah speaker mid woofer, woofer, dan sub woofer. Karena seringkali terdapat kesalahan dalam membedakan speaker woofer dan sub woofer, ada baiknya kita membahas lebih lanjut mengenai kedua speaker tersebut dan apa yang membedakan keduanya.

Baca Juga: Speaker Portable Terbarik Terbaru 2018 Harga Murah

Apa itu speaker woofer dan subwoofer?

Sebelumnya, ada satu fakta yang ingin saya bagikan kepada kalian tentang nama woofer itu sendiri. Banyak yang berpendapat bahwa ada makna tersembunyi dibalik istilah woofer ini. Banyak yang berkata bahwa woofer itu adalah teknologi yang digunakan oleh pembuat speaker sehingga speaker tersebut dapat mengeluarkan suara sedemikian rupa. Ada yang berkata bahwa speaker ini dinamakan woofer karena speaker ini dapat membuat suara menyerupai gonggongan rendah anjing. Dari kedua fakta tersebut, fakta kedua lah yang benar.

Setelah arti dibalik nama woofer tersebut telah terungkap, mari kita lanjutkan ke pengertian speaker woofer dan speaker subwoofer. Keduanya merupakan speaker yang bereaksi paling baik terhadap suara rendah, sehingga kedua speaker jenis ini seringkali digunakan untuk memutar hardbass. Hardbass sendiri merupakan genre lagu yang mementingkan bass dan dengan speaker woofer dan subwoofer, kalian bisa menemukan titik manis dalam kerendahan suara sehingga hardbass kalian akan sangat nikmat didengar.

Jika kita ingin berbicara tentang ilmu pasti dibaliknya, kedua speaker ini dirancang untuk dapat menerima frekuensi rendah. Dalam dunia music, frekuensi rendah sama saja dengan suara bass, dan oleh karena itulah woofer dan subwoofer dapat memainkan suara bass dengan sangat baik.

Baca Juga: Rekomendasi Speaker Terbaik Untuk PC Gaming 2018

Perbedaan Speaker Woofer dan Subwoofer

Lalu apa Perbedaan Speaker Woofer dan Subwoofer?

Dilihat dari luar dan didengar dengan telinga biasa, speaker woofer dan speaker sub woofer akan menghasilkan suara yang sama saja. Tetapi, bila kita melihat lebih detail lagi, kita dapat melihat perbedaan yang jelas soal angka-angka-nya.

Speaker woofer dapat menerima frekuensi antara 20 hingga 2,000 Hz. Jika kalian menganggap suara itu rendah, kalian akan terkejut dengan angka yang bisa didapatkan oleh speaker subwoofer. Bila speaker woofer berkisar antara 20 hingga 2,000 Hz, speaker subwoofer memiliki kisaran frekuensi antara 20 hingga 200 Hz. Kisaran ini memang lebih kecil daripada speaker woofer, akan tetapi bukan berarti hal ini bisa dianggap remeh.

Sebaliknya, speaker subwoofer akan menghasilkan suara bass yang lebih baik dikarenakan kisaran frekuensinya yang tidak terlalu jauh. Tidak akan ada volatilitas frekuensi karena suara tidak dapat ‘terbang’ terlalu jauh dari frekuensi yang diinginkan. Bagi kalian pecinta hardbass, kalian harus memiliki speaker subwoofer.

Selain itu, kedua speaker ini tidak memiliki perbedaan yang terlalu drastis. Keduanya cocok untuk memutar hardbass walau speaker subwoofer lebih baik untuk genre yang satu ini.

Satu lagi perbedaan yang menarik adalah tempat dimana mereka digunakan. Untuk rumahan, biasanya speaker woofer sudah cukup untuk mencapai suara bass yang diinginkan. Tetapi panggung besar tidaklah sama dengan rumah.

Di panggung besar inilah speaker subwoofer berjaya. Bila kalian sedang dalam dilema dalam memilih antara kedua speaker tersebut, ada baiknya kalian mempertimbangkan mengapa dan bagaimana kalian akan memakai speaker yang kalian beli tersebut.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Mengetahui Batas Maksimal Kapasitas RAM Laptop dan PC

Cara Mengetahui Batas Maksimal Kapasitas RAM Laptop dan PC

Cara Mengetahui Batas Maksimal Kapasitas RAM Laptop dan PC – RAM adalah salah satu komponen …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *