Home > Komputer > Pengertian dan Perbedaan Server dan Workstation Pada Jaringan
Pengertian dan Perbedaan Server dan Workstation Pada Jaringan

Pengertian dan Perbedaan Server dan Workstation Pada Jaringan

Pengertian dan Perbedaan Server dan Workstation berserta Fungsinya pada jaringan internet komputer – Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dan fungsi server dan workstation pada jaringan. Dimana komputer server dan workstation adalah 2 hal yang berbeda. Dimana pengertian dan fungsi serta perbedaan server dan workstation juga berbeda.

Seperti misalnya pengertian server yaitu perangkat komputer yang khusus dipakai sebagai tempat penyimpanan data atau sistem operasi berbasisi network (network operating system). Mungkin artikel ini sangat cocok dipelajari oleh para siswa siswi jurusan TKJ yang ingin mendalami tentang belajar mengenai ilmu jaringan terutama tentang komputer server dan workstation dalam jaringan. Simak penjelasan nya lebih lanjut dibawah ini

1. Pengertian Server

Server merupakan sebuah sistem komputer yang tersedia berbagai jenis layanan tertentu pada jaringan komputer. Dan juga didukung dengan processor scalable dan RAM ukuran besar serta dilenhkapi dengan OS khusus yang disebut sistem operasi jaringan.

Komputer server juga menjalankan software administratif dimana software ini bertugas untuk mengontrol jaringan dan sumber daya dodalamnya serta memberikan hak akses kepada stasiun.

Pengertian Komputer Server Pada Jaringan

Biasanya komputer server berisi daftar pengguna yang memiliki hak akses khusus untuk masuk kedalamnya, pengguna ini biasanya dikenal dengan sebutan admin. Pasalnya tidak boleh sembarangan pengguna masuk karena hal ini berkaitan dengan pengoperasian dan perawatan komputer server. Karena server menjadi pusat jaringan pada komputer client sehingga bila jaringan server terjadi masalah maka komputer client juga akan mengalami masalah.

Secara umum dalam sistem operasi server memiliki variasi layanan arsitektur client seperti windows NT 3.51 kemudian berlanjut dengan sistem operasi server NT 4.0 dan saat ini windows server terbaru yaitu windows server 2008 server dan Windows Server Standard 2012 kemudian juga ada sistem operasi unix, GNU/Linux dan sun solaris.

Fungsi komputer server pada jaringan

  • Melakukan penyimpanan data secara bersamaan pada harddisk
  • Melakukan pengelolaan komunikasi antar komputer workstation mulai dari mengelola pesan, email atau komunikasi lainnya.
  • Melakukan pengaturan percetakan pada printer untuk kebutuhan network sehingga komputer client dan server bisa melakukan cetak print secara bersamaan.
  • Server juga dapat digunakan untuk kegiatan transfer data dimana diperlukan software atau hardware tambahan.

2. Pengertian workstation

Workstation merupakan jenis komputer yang berfungsi untuk membantu perhitungan ilmiah, teknis atau keperluan yang lain. Berbeda dari komputer biasanya, komputer workstation ini menggunakan perangkat keras yang terbilang lebih lengkap sehingga tak heran jika harga komouter workstation mahal. Unyuk sistem operasi komputer workstation sendiri, hampir semuanya menggunakan OS Unix dan atau yang mirip OS unix.

Pengertian dan Fungsi Komputer Workstation Pada Jaringan

Biasanya komputer workstation menggunakan processor server 64 bit semisal AMD opteron, intel xeon atau lainnya yang memiliki nilai RPM 10000-15000 RPM. Tapi ada beberapa komputer workstation yang memiliki perangkat khusus dimana perangkat ini tidak terdapat pada komputer pada umumnya, diantaranya yaitu SCSO, 10 GB ethernet, dan fibre channel.

Umumnya workstation tidak membutuhkan floppydisk untuk penyimpanan data sebab biasanya data akan tersimpan secara aman di server. Untuk workstation, bisa menggunakan jenis komputer apa saja yang mendukung. Nah bila terjadi kerusakan komputer workstation maka yang rusak hanya pada komputer bersangkutan. Tapi akan mempengaruhi terputusnya jaringan ke komputer lain atau pada komputer server.

Fungsi workstation pada jaringan

  • Menghubungkan satu komputer antar komputer lain, atau antara komputer dengan komputer server menggunakan jaringan.
  • Melakukan sharing data
  • Melakukan Sharing printer
  • Melakukan transfer data

3. Kesimpulan Perbedaan Server dan Workstation

Nah jadi bagaimana sudah jelaskan tentang Pengertian dan Perbedaan Server dan Workstation berserta Fungsinya pada jaringan internet komputer. Jadi kesimpulannya dimana server berkedudukan sebagai kunci kualitas jaringan yang dibutuhkan oleh setiap workstation dalam melakukan komunikasi dengan komputer client. Dimana bila terjadi gangguan jaringan pada server maka akan langsung dirasakan oleh workstation. Meski berbeda tapi antara server dan workstation saling berkaitan.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Rekomendasi 5 Modem Mifi GSM 4G LTE Terbaik 2017

Rekomendasi 5 Modem MiFi GSM 4G LTE Terbaik 2017

Rekomendasi 5 Modem Mifi GSM 4G LTE Terbaik 2017 – Saat ini internet menjadi salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *