Home > Software > Pengertian dan Perbedaan OS Windows 32 Bit dan Windows 64 Bit
Pengertian Perbedaan Kelebihan OS Windows 32 Bit dan Windows 64 Bit

Pengertian dan Perbedaan OS Windows 32 Bit dan Windows 64 Bit

Pengertian, Perbedaan dan Kelebihan Kekurangan Sistem Operasi Windows 32 Bit dan Windows 64 Bit – Dijaman yang sudah serba canggih dan modern ini membuat penggunaan komputer semakin luas. Dimana saat ini komputer menjadi salah satu perangkat ekektronik canggih yang paling dibutuhkan.

Sebenarnya komputer merupakan alat elektronik canggih yang multifungsi yang dapat digunakan baik untuk kebutuhan dunia online maupun dunia offline. Karena memang pada dasarnya komputer digunakan sebagai sumber informasi dan komunikasi. Sehingga kehadiran komputer sangat membantu segala aktifitas pengguna dalam mengolah data dan mencari informasi lebih luas.

Salah satu pendukung kinerja pada perangkat komputer adalah sistem operasinya. Ada cukup banyak varian sistem operasi (OS) pada komputer diantaranya windows, ubuntu, macintos dan linux. Masing masing sistem operasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Salah satu sistem operasi yang paling sering dan paling sederhana digunakan pada komputer adalah windows. Nah pada sistem operasi windows ini memiliki 2 tipe yang berbeda yaitu windows 32 bit dan windows 64 bit. Lantas apa yang membedakan windows 32 bit dan windows 64 bit?

Pengertian & Perbedaan Sistem Operasi Windows 32 Bit dan Windows 64 Bit

Pengertian “bit”

Bit adalah pengertian dari cara komputer dalam mengolah informasi yang dijelaskan dalam bentuk kode binary. Dimana serangkaian kode angka yang terdiri dari angka tersebut dihitung sebagai satuan bit per 1 digit. Sebagai contoh processor ukuran 32 bit dapat memproses sebesar 32 digit sekaligus dalam pemakaiannya.

Sedangkan pada sistem OS 64 bit harus memiliki CPU yang kuat untuk menjalankan windows versi ini. Pasalnya dalam pemakaian OS 64 bit maka membutuhkan RAM kapasitas besar. Sehingga OS 64 bit lebih efien daripada OS 32 bit. Processor 32 bit biasanya hanya mampu bekerja untuk mengolah data dengan maksimal kapasitas memori 4 GB dan dengan 1 DIIM memory kapasitas 2 GB.

Pengertian dan Perbedaan OS Windows 32 Bit dan Windows 64 Bit

Processor 64 bit memiliki kinerja yang lebih optimal dibandingkan 32 bit. Kapasitas maksimal memori hingga 17 GB dan dapat menangani segala pekerjaan 2 kali lipat daripada 32 bit. Biasanya penggunaan OS 64 bit ini adalah seorang desain grafis yang membuuhkan program grafis dengan ukuran yang besar. Seperti autocad, 3dmax, illustrator, dll.

Selain cocok digunakan untuk perangkat desain grafis tapi processor 64 bit juga layak dijadikan untuk komputer gamer atau aktofitas lainnya yang membutuhkan performa hardware yang cukup besar. Bahkan aplikasi yang digunakan pada OS 32 bit dapat dijalankan pada processor 64 bit.

Kelebihan dan Kekurangan OS Windows 32 Bit dan Windows 64 Bit

Sistem Operasi Windows 32 bit

Kelebihan windows 32 bit

  • Bisa menjalankan semua jenis aplikasi yang berbasis processor dibawahnya seperti basis 8 bit dan 16 bit.
  • Lebih kompatible
  • Dapat digunakan pada driver lama dengan ram kurang dari 4GB dan laptop/notebook versi lama.
  • Kinerja lebih optimal jika digunakan pada RAM kapasitas 2GB.

Kekurangan windows 32 Bit

  • Tidak support menggunakan RAM diatas 4GB
  • Tidak support menjalankan program basis 64 bit atau lebih
  • Tidak support menjalankan aplikasi atau game dengan ukuran yang besar

Sistem Operasi Windows 64 bit

Kelebihan Windows 64 Bit

  • Proses pengolahan data lebih cepat dan efisien bahkan 2 kali lipat daripada 32 bit
  • Kinerja lebih optimal
  • Sangat support dan kompatible segala program basis 32 bit
  • Sangat support menjalankan program aplikasi dan game game berat.

Kekurangan Windows 64 Bit

Sayangnya penggunaan processor 64 bit tidak rekomendasi untuk pc versi lama. Agar kinerja lebih optimal penggunaan processor 64 bit harus memiliki spesifikasi pc yang tinggi.

Jadi kesimpulanya jika pc memakai RAM kapasitas 4GB atau kurang, maka gunakan OS 32 bit, dan sangat rekomendasi digunakan untuk notebook dan laptop yang memiliki 2 slot memory dengan kapasitas 2 GB saja. Sementara bagi anda yang membutuhkan komputer untuk diisi program program desain, editing atau game game berat maka gunakan OS 64 bit.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Kelebihan Microsoft Office 2016 Dan Fitur Terbaru Dari Microsoft Office 2016

Kelebihan Microsoft Office 2016 dan Fitur Terbaru Office 2016

Kelebihan Microsoft Office 2016 Dan Fitur Terbaru Dari Microsoft Office 2016 – Microsoft terus mengembangkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *