Home > Komponen > Pengertian dan Perbedaan Memori RAM DIMM dan RAM SODIMM
perbedaan RAM dimm dan sodimm

Pengertian dan Perbedaan Memori RAM DIMM dan RAM SODIMM

Pengertian dan Perbedaan Memori RAM DIMM dan RAM SODIMM – Apa itu RAM ? RAM kepanjangan dari Random Acces Memory merupakan sebuah perangkat keras atau hardware pada komputer yang berfungsi sebagai tempat menyimpan data dan instruksi program sementara yang kemudian akan dieksekusi oleh prosesor.

Ingat RAM hanya sebagai tempat Penyimpanan data yang bersifat sementara, itu artinya pada saat komputer dimatikan, maka semua data yang tersimpan pada RAM akan dikosongkan dan akan diisi dengan data data yang baru ketika komputer dinyalakan kembali. Untuk itu jangan pernah menyimpan data didalam RAM. Adapun bagian utama dari RAM yaitu :

PCB (Printed Circuit Board)

PCB (Printed Circuit Board) adalah sebuah papan yang tersusun atas beberapa layer, dimana setiap lapisan layer nya akan dipasangkan dengan jalur/circuit yang digunakan untuk mengalirkan data atau hanya sebagai tempat penyalur daya listrik saja.

Contact Point

Contact Point merupakan salah satu bagian dari RAM yang berfungsi sebagai konektor ke Motherboard, contact point terdiri dari beberapa titik yang di batasi dengan 1 atau 2 buah lekukan yang disebut dengan NOTCH.

Selain itu, RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan komputer atau laptop saat sedang menyala, dimana saat laptop atau komputer mati maka data yang tersimpan dalam RAM tersebut akan hilang dan terhapus secara permanen. Pada jenis RAM sendiri memiliki 2 jenis yakni Jenis RAM DIMM dan SODIMM. Mau tahu apa perbedaannya, yuk simak ulasannya dibawah ini.

Perbedaan Memori RAM DIMM dan RAM SODIMM

Apa yang dimaskud Memori RAM DIMM dan RAM SODIMM

DIMM yang merupakan singkatan dari dual in-line modul memori, merupakan jenis memori RAM Desktop komputer yang dibangun dengan menggunakan sirkuit yang terpadu. SODIMM berasal dari singkatan “Small outline Dual Inline Memory Module” yang memiliki fungsi dan kinerja yang sama dengan RAM PC biasa, dimana pada RAM jenis SODIMM memiliki 4 bentuk slots yakni RAM DDR1, DDR2 dan DDR3, DDR4 hanya saja RAM jenis ini hanya digunakan untuk model laptop/notebook, high-end printer dan perangkat keras jaringan seperti router.

Dilihat dari fisiknya, RAM SODIMM memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada memori PC biasa, adapun ukurannya setengah ukuran dari RAM DIMM biasa. SO-DIMM punya jumlah pin 72, pin 100, pin 144, pin 200 atau pin 204. Dimana masing masing jumlah pin ini memiliki performa yang berbeda beda.

pada SODIMM yang memiliki jumlah pin 72 dan 100 paket pin mampu mendukung transfer 32-bit data, sementara pada Memori Laptop SODIMM jumlah pin 144, 200 dan 204 mendukung transfer 64-bit data. Hal ini tentu sangat sebanding dengan RAM jenis DIMM biasa yang hanya memiliki jumlah pin 168, 184, atau 240 pin, dimana semuanya digunakan pada transfer 64-bit data. Namun pada RAM SODIMM dengan jumlah pin 200 dan 204, memiliki performa yang hampir sama dengan performa dan rating tegangan pada jenis RAM DIMM.

Seperti namanya SODIMM (Small Out Dual Line Modul Memory) tentu memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan RAM DIMM. RAM SODIMM biasa digunakan pada hardware yang memiliki ruang yang kecil seperti pada laptop, high-end printer, small footprint maupun router. Sedangkan DIMM biasanya digunakan pada Komputer atau PC.

Untuk tipe slotnya sendiri saat ini baik pada komputer biasa maupun pada laptop sama sama menggunakan tipe slot Memori RAM DDR3 ataupun DDR4. Hal ini dikarenakan komputer maupun laptop telah banyak yang menggunakan processor core i3, i5 dan i7.

Itulah Pengertian dan Perbedaan Memori RAM DIMM dan RAM SODIMM, semoga bermanfaat.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.