Home > Aksesoris > Pengertian dan Perbedaan Kualitas Class Pada MicroSD
Pengertian dan Perbedaan Kualitas Class Pada MicroSD

Pengertian dan Perbedaan Kualitas Class Pada MicroSD

Pengertian dan perbedaan Kualitas Class Pada MicroSD Memori External – MicroSD merupakan salah satu jenis kartu memori eksternal yang memiliki ukuran paling kecil. MicroSD ini dikembangkan oleh SD card assosiation yang fungsinya sebagai media penyimpanan data portable device.Varian kapasitas microSD mulai dari kapasitas 1 GB sampai 128 GB. Biasanya besar kecilnya kapasitas microSD sangat mempengaruhi harga microSD.

Begitu pentingnya fungsi microSD dalam menunjang penyimpanan data pada smartphone dan android. Bahkan seiring berkembangnya smartphone dan android sehingga kehadiran microSD semakin merebak. Maka dari itu kemampuan penyimpanan data sangat diperhitungkan. Dimana microSD juga memiliki class memori untuk membedakan kecepatan dan keunggulan masing masing microSD.

Tahukah anda apa itu class pada microSD?

Class MicroSD adalah cara pembagian mocroSD sesuai dengan kecepatan microSD dalam melakukan proses read (membaca) dan write (menulis) sebuah data. Dan setiap class microSD tentu memiliki kecepatan yang berbeda. Dimana semakin tinggi class microSD maka semakin cepat proses membaca dan menulis sebuah data.

Sebuah memori microSD memiliki kapasitas penyimpanan maksimal 4 GB, yang biasanya tergantung dengan format dan merek microSD. Namun lain hal nya jika yang digunakan adalah microSDHC yang memiliki kapasitas penyimlanan mencapai 2TB. Bahkan microSDXC kapasitasnya lebih dari itu. Namun sampai saat ini microSDHC memiliki kapasitas 32 GB.

Perbedaan antara microSD dan microSDHC yaitu pada struktur formatnya dimana microSD menggunakan format FAT. Sedangkan microSDHC menggunakan format FAT32. Tapi anda tak perlu bingung, karena microSD dan microSDHC hanya sebatas varian dari SDcard saja.

Istilah speed class rating microSD berguna untuk melihat berapa kecepatan menulis sebuah SD card. Untuk mengeceknya, anda bisa melihat lingkaran huruf C dan disitu anda akan melihat tulisan angka yang menunjukkan class speed rating suatu microSD. Dalam istilah class speed rating microSD terdapat 5 jenis speed rating antara lain

  1. Class 0
  2. Class 2
  3. Class 4
  4. Class 6
  5. Class 10

Pengertian Perbedaan Class Pada Memory MicroSD External

Berikut ini pengertian Class Pada MicroSD

  • MicroSD Class 2 berarti memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum sebesar 2 MB atau setara 16 Mbps
  • MicroSD Class 4 berarti memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum sebesar 4 MB atau setara 32 Mbps
  • MicroSD Class 6 berarti memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum sebesar 6 MB atau setara 48 Mbps
  • MicroSD Class 8 berarti memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum sebesar 8 MB atau setara 64 Mbps
  • MicroSD Class 10 berarti memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum sebesar 10 MB atau setara 80 Mbps
  • Class 0 berarti memory tidak memiliki kemampuan transfer rate minimum.
  • UHS Speed Class 1 berarti memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum sebesar 10MB atau 80Mbps)
  • UHS Speed Class 3 berarti memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum sebesar 30MB atau 240Mbps)

Jadi jika Anda akan membeli memory external atau microSD untuk perangkat Anda, jangan hanya melihat jenis atau merek microSD, Tapi anda juga harus melihat Class Speed Rating yang Anda butuhkan. Misalnya anda membutuhkan microSD untuk MP3 player maka maximum class MicroSD yang anda butuhkan yaitu Class 2. Tapi jika untuk kamera DSLR ataupun tape Camcorder, maka Class rating yang dibutuhkan yaitu class 10 atau UHS untuk mendapatkan hasil gambar video yang yang bagus dan halus.

Kesimpulan Class MicroSD yang terbaik di antata Class MicroSD lainnya yaitu class 10. Tapi jika anda tidak tahu class microSD mana yang anda butuhkan. Anda bisa melihat spesifikasi kapasitas minium dan maximum memori external microSD pada HP anda.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Perbedaan Prosesor Dual Core, Quad Core, Hexa Core, dan Octa-core

Perbedaan Prosesor Dual Core, Quad Core, Hexa Core, dan Octa-core – Sebelumnya anda tentu pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *