Home > Networking > Pengertian dan Perbedaan Kabel UTP cat5, cat5e, cat6 dan cat7
Perbedaan Kabel UTP cat5, cat5e, cat6 dan cat7

Pengertian dan Perbedaan Kabel UTP cat5, cat5e, cat6 dan cat7

Pengertian dan Perbedaan Kabel UTP cat5, cat5e, cat6 dan cat7 – Kabel menjadi salah satu pilihan media transmisi yang biasa digunakan pada perangkat keras atau hardware sebuah laptop atau perangkat lainnya. Maka untuk bisa melakukan instalasi dengan baik anda juga perlu mengenal kabel UTP yang memiliki fungsi sebagai media transmisi atau pengiriman signal.

Jika suatu kabel akan diukur performance transmisi maka lan tester akan mengirinkan sinyal dengan satuan tertentu dari bagian ujung kabel. Kemudian di bagian ujung lainnya receiver akan menerima sinyal tersebut sehingga alat tester dapat menganalisa kualitas dari kabel yang diukur.

Ada berbagai jenis kabel jaringan komputer yang biasa digunakan dengan fungsi atau kelebihannya masing-masing. Untuk itu agar anda bisa lebih mudah menemukan kabel yang tepat, perlu diketahui dengan baik kelebihan dari masing-masing pilihannya.

Dengan begitu anda tidak perlu bingung lagi untuk memilih karena tinggal menyesuaikan saja pada berbagai pilihan yang ada di sana. Berikut beberapa kabel jaringan komputer yang perlu dipahami dengan baik :

Kabel UTP cat5 / cat5e

Kabel UTP Cat5 dan Cat5e

Kabel UTP cat5 / cat5e adalah kabel dengan standar yang diciptakan tahun 2001. Kabel ini dapat melakukan transmisi data hingga sebesar 100 Mbit/s yang sama dengan kapasitas kemampuan ethernet dalam melakukan pengiriman sinyal.

Namun kabel ini sudah ditingkatkan kemampuannya yaitu versi cat5e dengan speed maksimal 350 MHz atau 1 Gbit/s dengan noise yang sangat kecil saat mengirimkan data dibandingkan dengan cat5. Keuntungannya adalah adanya minimalnya waktu delay respon saat melakukan pengiriman data.

Kabel UTP cat6 / cat6e

Kabel UTP Cat6 dan Cat6e

Kabel UTP cat6 / cat6e merupakan versi premium yang memang harganya lebih mahal dibanding versi cat5. Kemampuannya adalah waktu delay yang nyaris nol saat digunakan untuk mengirimkan data. Selain itu, kelebihan dari kabel ini adalah memiliki panjang maksimal hingga lebih dari 100 meter dengan lebar data yang bisa dikirimkan adalah 10 Gbit/s.

Kabel UTP cat7 / cat7e

Kabel UTP cat7

Kabel UTP cat7 / cat7e cocok untuk berbagai media dengan high traffic dari berbagai aplikasi dalam 1 kabel atau biasa disebut dengan single cable. Maksimal data yang dapat dikirim menggunakan kabel ini adalah 10 Gbit/s dengan frekuensi 1000 MHz. Panjang kabelnya adalah 50 meter dengan kemampuan pengiriman data hingga 40 Gbit/s. Namun ada pilihan lain ada yang sepanjang 15 meter yang mampu mengirimkan data sebesar 1000 Gbit/s.

Melihat dari kecepatan pengiriman serta lebar data yang bisa dikirimkan memang menyesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan anda masing-masing. Jika memang hanya mengirimkan data yang tidak terlalu besar maka bisa memilih kabel UTP cat5 atau cat6 saja. Dengan begitu anda juga bisa menghemat pengeluaran karena kabel premium memang juga mengalami peningkatan dari setiap versinya.

Memahami kebutuhan sebelum menyesuaikannya dengan pemilihan kabel sangatlah penting agar anda bisa mempertimbangkan dengan baik penggunaan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Adanya pilihan kabel UTP yang bagus yang berbeda memberikan anda opsi untuk memilih sesuai dengan kebutuhan pada perangkat yang akan dipasangkan kabel tersebut.

Pastikan dalam menggunakan kabel UTP tersebut anda memilih yang kualitasnya baik dan masih bagus. Kemudian cara pemasangannya juga harus tepat agar proses transmisi data juga dapat dilakukan secara optimal.

Melakukan pengetesan pada kabel UTP yang akan digunakan tidak ada salahnya karena akan membantu anda untuk melihat seberapa kemampuan kabel tersebut untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan penggunaannya.

Maka anda tidak perlu mengeluarkan budget besar untuk kebutuhan kabel UTP yang juga tidak terlalu sering digunakan dalam melakukan pengiriman data dalam jumlah besar.

Hubungi DimensiData.com

About Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Merk Router Terbaik 2018

Merk Router Terbaik TP-Link vs D-Link vs Netgear, Bagus Mana?

Merk Router Terbaik TP-Link vs D-Link vs Netgear vs Asus, Bagus Mana? – Ada banyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.