Home > Komponen > Pengertian dan Perbedaan Format NTFS, FAT32, dan exFAT
Pengertian dan Perbedaan Format NTFS, FAT32, dan exFAT

Pengertian dan Perbedaan Format NTFS, FAT32, dan exFAT

Mengenal Perbedaan Format NTFS, FAT32, dan exFAT Pada Media Penyimpanan Komputer – Pernahkah anda melihat 3 nama file sistem penimpanan bernama NTFS, FAT32, dan exFAT pada media penyimpanan sepeti hardisk maupun flashdisk?, biasanya anda akan menemukan 3 nama file sistem ini pada suatu drive baik harddisk komputer atau flashdisk.

Terutama pada saat anda akan melakukan pemformatan suatu drive maka anda akan dihadapkan pada 3 pilihan file sistem. Dan anda harus memilih salah satu file sistem tersebut sesuai dengan jenis drive yang akan diformat atau dipatrisi. Mungkin masih banyak yang bingung dan penasaran mengenai apa sih perbedaan NTFS, FAT32 dan exFAT pada drive komputer. Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Pengertian FAT32

Perbedaan Format NTFS, FAT32, dan exFAT

FAT32 adalah tipe file sistem yang tergolong senior (paling tua) diantara NTFS dan exFAT. File sistem FAT32 pertamakalinya diperkenalkan pada OS windows 95 yang digunakan sebagai pengganti file sistem FAT16.

FAT32 memiliki batasan ruang penyimpanan sehingga file sistem FAT32 tidak dapat digunakan sebagai penyimpanan file tunggal yang kapasitasnya lebih dari 4GB. Selain itu kapasitas partisi FAT32 juga dibatasi yakni kurang dari 8TB.

Biasanya file sistem FAT32 dimiliki oleh drive jenis flashdrive atau dikenal dengan memori. yang dapat digunakan pada komputer atau bisa juga digunakan pada konsol game atau perangkat lainnya yang support port USB.

Pengertian exFAT

Perbedaan Format NTFS, FAT32, dan exFAT

ExFAT merupakan jenis file sistem yang fungsinya lebih unggul dari pada FAT32 dimana exFAT memiliki batasan ukuran partisi yang cukup besar. ExFAT mulai diperkenalkan pada tahun 2006, yang dirancang khusus sebagai file sistem yang ringa seperti drive dengan sistem FAT32. Ruang penyimpanan exFAT lebih besar yakni lebih dari 4GB untuk fladhdrive atau memori card yang diformat sistem file exFAT. Tapi meskipun begitu exFAT adalah jenis file sistem yang ringan dan unlimited ukuran file.

Pengertian NTFS

Perbedaan Format NTFS, FAT32, dan exFAT

NTFS adalah jenis file sistem yang paling difavoritkan dan disukai oleh Windows. Salah satunya NTFS pertama kali muncul pada sistem Windows xp. Oleh sebab itu jika anda ingin menginstall sistem operasi windows maka gunakan format drive NTFS. Mengapa? Karena file sistem NTFS memiliki batasan kapasitas file dan partisi yang sangat besar lebih dari exFAT.

NTFS juga sangat mendukung akses file untuk sistem keamanan, jurnal perubahan sehi gga akan sangat membantu dengan cepat proses pemulihan kesalahan komputer seperti crash, enkrsi, batas kuota disk, hardlink. Dan lain sebagainya. Selain itu NTFS bisa dibilang sebagai file sistem penggerap sistem operasi khususnya dalam hal peruzinan. Sehingga disarankan bagi anda yang akan menginstall program pada jenis drive sekunder makan gunakan NTFSL.

Namun sayangnta NTFS hanya dapat bekerja pada versi terbaru windows. Untuk linux support tapi hanya pada beberapa jenis distro linux yang mendkung NTFS saja. Pada OS mac, NTFS hanta dapat melakykan penyimoanan tapi tidak untuk menulis file atau untuk k8nsol game karena dijamin tidak ada satupun file menjadi kompatibel bahkan sekalipun untuk konsol game pada microsoft

Kesimpulan Perbedaan Format NTFS, FAT32, dan exFAT

Perbedaan Format NTFS, FAT32, dan exFAT

FAT32 digunakan untuk penyimpanan file tunggal dengan ukuran dibawah 4GB. Dan bersifat ringan. LaLU ExFAT digunakan untuk penyimpanan file tunggal dengan ukuran yang lebih luas dari FAT32. Sedangkan NTFS lebih mendukung sebagai drive internal baik untuk OS windows atau untukk program yang aktif pada OS windows. Karena NTFS mendukung lebih banyak fitur dan ukuran partisi yang sangat besar.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Perbedaan Prosesor Dual Core, Quad Core, Hexa Core, dan Octa-core

Perbedaan Prosesor Dual Core, Quad Core, Hexa Core, dan Octa-core – Sebelumnya anda tentu pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *