Home > Berita Teknologi > Pengertian dan Macam Jenis Sistem Bilangan Komputer
Pengertian dan Macam Jenis Sistem Bilangan Komputer

Pengertian dan Macam Jenis Sistem Bilangan Komputer

Pengertian dan Macam Jenis Sistem Bilangan Komputer – Number system, Format bilangan komputer atau sistem bilangan komputer merupakan sebuah cara untuk mewakili besaran yang berasal dari sebuah item fisik.

System bilangan memakai sebuah bilangan basis atau base otr radix atau dikenal dengan bilangan dasar yang menjadi tertentu.

Dalam kaitan nya dengan komputer, terdapat 4 jenis system bilangan yang di ketahui yakni : decimal (basis 10), biner (basis 2, octal (basis 8), dan juga hexadecimal (basis 16).

4 JENIS SISTEM BILANGAN KOMPUTER

Desimal atau basis 10

Decimal atau basis 10 adalah suatu system bilangan yang sudah umum di pakai di dalam kehidupan sehrai hari nya. System bilangan decimal emmakai basis 10 dan juga memakai 10 macam symbol bilangan yakni : 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan juga 9.

Sistem bilangan komputer decimal bisa berupa integer decimal atau decimal integer dan juga bisa berupa decimal fraction atau dalam bentuk pecahan decimal.

Biner atau basis 2

Pengertian dan Macam Jenis Format bilangan komputer

Biner atau basis 2 merupakan system bilang yang terbagi daei 2 simbol yakni 0 dan juga 1. Bilangan biner atau basis 2 ini di kenal kan dan di populerkan oleh john von Neumann. Dan untuk system bilangan modern itu di cetus kan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz di abad ke 17.

Pada sistem bilangan komputer basis 2 atau binner ini merupakan suatu dasar dari seluruh system bilangan berbasis digital. Di system binner, anda bisa mengkonversi nya ke pada system bilangan hexadecimal atau octal. Pada system ini juga bisa di sebut dengan istilah binary digit atau bit.

Pengelompokan binner di dalam komputer selalu memiliki jumlah sampai 8, dengan istilah 1 bita atua byte, di dalam sitilah computer 1 byte = 8 bit .

Dalam menghitung di binner ini sama hal nya dengan cara menghitung dengan system bilangan yang lain nya. Yang di awali dengan angka pertama, dan angka yang selanjutnya, di dalam system bilangan selanjutnya.

Di dalam system bilangan desimal, perhitungan memakai angka 0 sampai dengan angka 9, sedangkan untuk binner hanya memakai angka 0 dan 1 saja.

Oktal atau basis 8

Octal atau basis 8 merupakan sistem bilangan komputer yang terbagi dari 8 simbol yakni 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan juga 7.

Hexadesimal atau basis 16

Hexadicemial atau basis 16, hexa yang artinya 6 dan decimal yang artinya 10 merupakan suatu system bilangan yang terbagi dari 16 simbol yakni 0, 1, 2 , 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A(10, B (11), C (12), D (13), E (14), F (15).

Di dalam sistem bilangan komputer hexadesimal ini mengkombinasi kan 2 unsur yakni huruf dan juga angka. Untuk huruf A itu yang mewakili angka 10, huruf B itu yang mewakili angka 11, dan juga seterusnya hingga pada akhir nya sampai pada huruf F yang mewakili angka 15.

Pada system bilangan ini di pakai untuk memberi kan tampilan alamat memory di dalam pemrograman komputer.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Begini Cara Registrasi Ulang Kartu Perdana Telkomsel yang Benar

Begini Cara Registrasi Ulang Kartu Perdana Telkomsel yang Benar

Begini Cara Registrasi Ulang Kartu Perdana Telkomsel yang Benar – Himbauan dari KOMINFO agar meregristrasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *