Home > Komponen > Panduan Tips Memilih UPS Berkualitas Sesuai Kebutuhan
Panduan Tips Memilih UPS Berkualitas Sesuai Kebutuhan

Panduan Tips Memilih UPS Berkualitas Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih UPS Berkualitas Yang Bagus Sesuai Kebutuhan Komputer Kamu – Setiap menjalankan PC tentu membutuhkan listrik. Tapi bagaimana jika listrik mati?. Nah sudah pasti, jika liatrik mati maka PC pun akan mati. Apabila kejadian ini terus berulang, secara perlahan akan membuat PC anda menjadi rusak karena terjaid konslet akibat arua listrik yang mendadak terputus. Maka dari itu untuk mencegah hal tersebut terjadi maka dibutuhkan alat listrik cadangan untuk mengantisipasi jika tiba tiba listrik mati. Alat ini bernama UPS.

Tahukah anda apa itu UPS?

UPS merupakan singkatan dari uninterruptible power supply yang kegunaannya adalah sebagai penawar ketika listrik padam. Dimana jika biasanya kabel power PC di tancapkan langsung ke stop kontak listrik, tapi kini kabel power ditancapkan ke stop kontak pada UPS. Dan kabel UPS ditancapkan ke stop kontak listrik, dengan begitu pada saat listrik mati maka PC tidak secara langsung mati, sehingga kita yang sedang bekerja tidak kaget tiba tiba komputer mati. Adanya UPS juga akan mengantisipasi kala kala PC rusak karena mati listrik. Maka dari itu penggunaan UPS untuk komputer PC sangatlah penting.

Dipasaran ada cukup banyak UPS yang tersedia baik itu merk, spesifikasi dan harga UPS. Tapi anda tidak bisa asal memilih UPS saja, dimana anda harus mengetahui tips memilih UPS terbaik mulai dari merk, tipe, model, fitur, dan harganya. Karena jika tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, maka UPS pun akhirnya tidak bisa digunakan.

Fungsi UPS

Secara umum fungsi dasar UPS adalah sebagai wadah untuk menyimpan suplai listrik sementara ke PC tanpa terputus disaat main piwernya mati atau tidak bekerja. Dengan begitu seluruh proses kerja pada PC daoat diberhentikan dengan benaf kemudian dimatikan dengan benar. Bahkan seluruh data yang aktid tadi bisa disimpan kembali dengan aman.

Cara Memilih UPS  Komputer Yang Bagus dan Awet

Inti dari fungsi UPS adalah bukan sebagai perangkat utama pengganti dikala listrik mati atau main power PC tidak bekerja. Dimana UPS adalah sebagai pengganti sementara agar user dapat menyelesaikan hal hal kecil yang sebelumnya belum terselesaikan. Biasanya UPS bisa bertahan jika di charger full sekitar 30 menit – 1 jam.

Dipasaran ada cukup banyak UPS yang dijual. Dimana UPS yang ada dipasaran terbagi menjadi 4 subtipe yang masing masing memiliki fungsi dan kinerja yang berbeda beda, diantaranya adalah UPS Above 1000VA, UPS Below 1000VA, UPS Rackmount dan UPS Industrial.

Tips Memilih UPS Berkualitas Sesuai Kebutuhan

Pastikan anda memilih UPS sesuai kebuuhan anda dan budget anda supaya penggunaan bisa efisein dan mampu memelihara PC. Beberapa pertimbangan memilih UPS terbaik

  • Kebutuhan penggunaan
  • Ukuran body UPS
  • Durasi waktu yang dibutuhkan komputer untuk menyala.
  • Line Interctivity (automatic voltage regulation)
  • Simulated sine-wave vs pure sine-wave.

Sebagai bahan pertimbangan yang lebih jelas, berikut ini Tips Memilih UPS Berkualitas Sesuai Kebutuhan

Pilihlah UPS yang minimal cocok untuk PC dekstop komputer dan server jaringan atau networking seperti jaringan rumah, kantor, atau rak server.

Pilih fitur baterai backup, karena fitur ini dapat mendukung UPS dapat bertahan lama.

Pastikan untuk tegangan listrik UPS mampu menjaga tegangan lustrik berada normal di level aman dan mampu memproteksikan adanya lonjakan tegangan listrik dan gelombang listrik tak beraturan.

Pilihlah jenis UPS yang pure sin wave output dan dapat beroperasi secara online, namun yang lebih disarankan justru pilih UPS dengan teknologi true sine wave untuk memperkecil resiko kerusakan pada PC anda. Meski harganya sedikit mahal. Tapi jika kualitasnya tinggi dan terjamin kewaetannya, kenapa tidak…!!!.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

AMD Radeon RX 550, VGA Gaming Terbaik Harga Cuma 1 Jutaan

Baru! AMD Radeon RX 550, VGA Gaming Terbaik Harga 1 Jutaan

Baru! AMD Radeon RX 550, VGA Gaming Terbaik Harga Cuma 1 Jutaan – Untuk kalian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *