Home > Berita Teknologi > Menyembunyikan Data Penting Pada Komputer Dengan System Operasi Mac

Menyembunyikan Data Penting Pada Komputer Dengan System Operasi Mac

Rahasia adalah bagian yang tidak terlepas dalam kehidupan kita. Selalu ada saja sesuatu yang memiliki sifat rahasia dan keberadaannya tidak boleh diketahui oleh orang lain. Sama juga dengan data yang terdapat pada komputer yang kita miliki. Mungkin saja, ada beberapa data penting yang isinya ingin kita hindarkan dari pengetahuan orang lain, misalkan data pekerjaan, atau gaji karyawan, dll. Bagi pengguna komputer dengan sistem operasi windows, hal ini bisa dengan mudah dilakukan dengan cara mengatur property pada file tersebut menjadi hidden. Atau jika ingin lebih aman kita bisa mempergunakan berbagai macam software penyembunyi data yang saaat ini mudah kita jumpai di internet, seperti misalnya folderlock.

Menyembunyikan Data Penting Pada Komputer Dengan System Operasi Mac_3

Menyembunyikan file atau folder di MacOS

Namun, bagaimana halnya jika kita bekerja dengan komputer yang memiliki sistem operasi selain windows? Misalkan saja kita memiliki komputer mac, dan ingin menyembunyikan data, apakah hal tersebut juga bisaa dilakukan? Tentu saja hal itu tetap bisa dilakukan. Kita bisa menggunakan software penyembunyi data pada komputer dengan sistem operasi windows. Salah satu dari sekian banyak software yang dapat digunakan adalah invisibliX.

Software ini termasuk sebuah software yang sederhana dan mudah dalam penggunaannya. Tercipta oleh tangan dingin seorang developer software bernama Warnault. Programmer asal Prancis ini mengerti dengan kebutuhan para pengguna mac terhadap software yang bisa menjaga kerahasiaan data.  Dengan menggunakan software berbasis cocoa ini, maka pemilik data bukan saja “menghilangkan” software tersebut dari penglihatan, namun juga meniadakan kehadiran software tersebut pada sistem pencari Finder yang biasanya terdapat pada mac. Selain untuk menghilangkan file tersebut, software ini juga memiliki fungsi untuk membuat property dari sebuah file menjadi readonly sehingga file-file tersebut tidak dapat diubah dengan sembarangan, tanpa seizing si pemilik file.

Menyembunyikan Data Penting Pada Komputer Dengan System Operasi Mac_2

Dikatakan sebuah software yang sederhana, sebab untuk menggunakan software ini, seseorang yang ingin menyembunyikan data tertentu tersebut cukup men-drag and drop file tersebut ke dalam software itu. Tentunya setelah terlebih dahulu menyetujui lembar persetujuan yang muncul pada aplikasi ini.  Nah ketika kita sudah berhasil untuk meletakkan file pada software itu, maka akan muncul pilihan fungsi yang dapat kita lakukan terhadap data itu. Seperti menghilangkan atau menyembunyikan file atau mengunci file tersebut. Pilihan dalam bentuk checkbox tersebut bisa kita lakukan dengan cara mencentang salah satu atau keduanya dari pilihan tersebut.

Mengembalikan File Yang Sudah Disembunyikan

Jika kita ingin membuka atau menampakkan kembali data-data yang telah kita kunci atau kita sembunyikan tersebut. Kita cukup membuka kembali software InvisbliX ini dan kemudian kembali meng-klik checkbox tersebut. Selain itu untuk melihat semua file dan folder yang telah disembunyikan itu bisa dilakukan dengan satu langkah mudah. Yakni dengan menekan ikon kaca pembesar yang terdapat di pojok atas sebelah kanan dari software invisibliX. Software ini pun perlu untuk diaktifkan terlebih dahulu dengan cara menekan preference pada menu bar.

Ini merupakan cara yang paling mudah yang bisa digunakan oleh para pengguna komputer apple Macintosh. Sebenarnya masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menampilkan dan juga menyembunyikan data atau folder. Software lain seperti AltoMac juga bisa digunakan, atau dapat menggunakan cara manual dengan mengetikkan beberapa baris perintah pada jendela utilities yang terdapat pada setiap PC Mac.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Harga Laptop DELL Latitude E6430 Core i5 Terbaru

DELL Latitude E6430 i5, Laptop Terbaik Untuk Dipakai Kerja dan Bisnis

Kelebihan Spesifikasi dan Harga Laptop DELL Latitude E6430 Intel Core i5-3380 Terbaru. Dell Latitude E6430 dilengkapi …

2 comments

  1. saya minta saran donk saya mau beli macbook, tapi saya bingung apakah yang pro atau air, saya mengunakannya hanya sebatas mengetik laporan kerjaan, sya suka nonton film, dan suka dengerin music juga. jadi sebaiknya yang mana yaa ? terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *