Home > Berita Teknologi > Mengenal Printer Sesuai Kebutuhan

Mengenal Printer Sesuai Kebutuhan

Era globalisasi adalah jaman yang dipenuhi dan dilengkapi dengan segala peralatan canggih sebagai penunjang kehidupan serba instan saat ini. Manusia perkantoran khususnya butuh suatu alat untuk membantu mempermudah proses kerja mereka. Apa saja? Terutama yang berbau teknologi seperti internet, alat komunikasi, alat pengolah data, alat cetak. Alat itu biasanya kita sebut komputer, printer, faksimili, telepon seluler dsb. Dari sekian alat-alat tersebut yang sering digunakan sehari-hari adalah komputer. Mengapa demikian? Data sebagian besar diolah melalui komputer. Namun komputer masih membutuhkan teman dalam proses cetak-mencetak. adapun teman yang selalu mendampingi komputer adalah printer. Tanpa alat yang biasa kita sebut printer ini file-file dokumen di dalam komputer tidak dapat dicetak dengan bagus serta tidak berwarna meskipun saat ini telah ada mesin fotokopi digital. Saat ini printer yang sudah merambah di pasaran terbagi menjadi 3 macam seperti printer inkjet, printer LaserJet, printer dot matrix. Langsung saja kita tinjau lebih lanjut di bawah ini.

Jenis printer inkjet

Jenis yang satu ini dilengkapi dengan tinta yang dapat menghasilkan hasil cetakan berkualitas dan sesuai dengan apa yang diinginkan tergantung merk dan tipenya. Printer inkjet pada dasarnya dilengkapi dengan tinta jenis dye yang mana kelebihannya ada pada kualitas warna yang sempurna akan tetapi masih minus terhadap cuaca yang silih berganti dan warnanya mudah pudar.

Printer ini cukup terkenal menurut kalangan penulis. Banyak orang berpendapat bahwa jenis printer yang banyak diminati masyarakat karena dilihat dari segi harganya yang relatif murah yaitu berkisar Rp 400.000 hingga Rp 500.000. Printer inkjet terpopuler saat ini adalah jenis All In One dan Inpus. Printer All In One menyediakan prasarana tambahan seperti Scanner dan fotocopy. Printer yang lain seperti Inpus diperlukan pada warnet dan rental komputer yang notabanenya lebih irit ditinjau dari pemakaiannya. Hasilnya dana yang dikeluarkan untuk cetak-mencetak jauh lebih murah, apalagi baru-baruc ini perusahaan yang bergerak dibidang produksi printer “EPSON” menghadirkan tipe L100 dan L200 merupakan tinta original pertama yang digunakan di pasaran Indonesia.

 

Printer LaserJet

Serbuk dan Toner adalah bahan baku original dari printer LaserJet. Dengan mempunyai daya kerja yang maksimal sehingga mempunyai kemiripan seperti mesin fotokopi mengukuhkan jenis printer ini bahwa kecepatan dalam mencetak dokumen dibandingkan dengan jenis printer lainnya adalah kelebihan penuh dari LaserJet. Selebihnya adalah hasil cetakan nya yang bisa dibilang number one yaitu cepat keringnya tinta yang tertera pada kertas, sangat jauh lebih baik dari pada printer inkjet. Satu hal yang menjadi kelemahan dari printer laser adalah harganya yang cukup mahal dan sering digunakan di perkantoran maupun maupun instansi-instansi tertentu.

 

Printer Dot-Matrix

Merupakan jenis printer yang mempunyai kualitas cetak yang masih rendah. Penyebab utamanya adalah adanya jarum-jarum yang tertata (berkisar 9-24 pin), pada proses kerja jarum tersebut akan membentur pita (printer ribbon) memicu terbentuknya bermacam karakter di dalam kertas. Kelebihan pada printer ini adalah harganya cukup bersahabat, tahan hingga pemakaian di atas waktu 8 tahun, dan kelebihan yang terakhir adalah mampu mencetak kertas secara rangkap(continuous form). Disamping itu kekurangannya adalah kulitas cetak yang sangat  rendah, munculnya suara keras diakibatkan oleh gerakan mekanik dan head printer.

Dari penjelasan diatas kita mempunyai pandangan sebelum memilih untuk membeli printer  yang sesuai kebutuhan maupun keinginan kita. Harga bukan segalanya namun kualitas yang paling menentukan.

 

Deskripsi Singkat

Printer alat yang sangat erat dengan computer. Terkadang kita memilih printer hanya sesuai brand atau merk, padahal terdapat banyak jenis printer. Ayo cari tahu printer yang sesuai kebutuhan anda agar dapat menggunakan sebaik mungkin.

 

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.