Home > Komponen > Mengenal Pengertian dan Perbedaan CPU, GPU, Dan APU
Mengenal Pengertian dan Perbedaan CPU, GPU, Dan APU

Mengenal Pengertian dan Perbedaan CPU, GPU, Dan APU

Mengenal Pengertian dan Perbedaan CPU, GPU, Dan APU – Seorang pengguna komputer tentu sangat mengetahui bahwa perangkat keras sama pentingnya dengan perangkat lunak. Jenis perangkat keras komputer itu sendiri terdiri dari banyak jenis yang tentunya tidak asing lagi bagi Anda yang sering menggunakan komputer. CPU, GPU dan juga APU menjadi perangkat keras dari komputer yang Anda gunakan yang saling berlainan namun memiliki fungsi yang tidak boleh disepelekan.

Mengenal pengertian CPU

Mengenal pengertian CPU

Diantara perangkat keras komputer yang jumlahnya cukup banyak, CPU merupakan istilah yang sangat populer. Tidak hanya dikalangan pengguna komputer bahkan dikalangan orang awam yang jarang menggunakan komputer, CPU sangat mudah dikenali. CPU atau banyak dikenal dengan Central Processing Unit ini merupakan otak dari komputer. Pekerjaannya melakukan semua hal yang berkaitan dengan eksekusi sekaligus kalkulasi. Anda membutuhkan CPU untuk bisa menghidupkan hingga bekerja dengan komputer Anda di rumah.

Mengingat komputer tidak lagi menjadi sebuah barang mewah, melainkan telah menjadi kebutuhan banyak orang, ketersediaannya di pasaran sangat banyak. Anda bisa mendapatkan CPU dari berbagai macam merek yang diproduksi oleh produsen lokal hingga luar. Jika Anda menginginkan kinerja komputer yang maksimal, maka spesifikasi dari CPU juga harus mumpuni. Karena semakin tinggi spesifikasi komputer dari CPU yang Anda gunakan, maka komputer akan bekerja semakin cepat untuk menyelesaikan semua pekerjaan Anda.

Penjelasan Tentang Apa Itu GPU

Penjelasan Tentang Apa Itu GPU

Dibandingkan dengan CPU, perangkat keras komputer yang satu ini masih jarang dikenali. Jika Anda bukan pengguna komputer aktif, GPU tidak akan Anda kenali. Namun bagi mereka yang sering menggunakan hingga mengutak-atik komputer, GPU ini menjadi perangkat keras yang tidak kalah penting dari CPU. Graphics Processing Units atau lebih dikenal dengan GPU memiliki tugas cukup penting dalam menampilkan bentuk grafis yang akan terlihat di layar komputer. Sehingga Anda dapat bekerja dengan mudah dengan memahami tampilan yang ada monitor.

Tampilan grafis yang dimaksud meliputi banyak hal. Diantaranya saat Anda menggerakkan aplikasi pada Windows yang Anda gunakan. Atau bermain game yang menggunakan resolusi tinggi hingga memiliki tampilan grafis yang sangat nyata. Namun meski perannya cukup penting, tanpa keberadaan GPU pun komputer masih dapat bekerja. Akan tetapi tanpa GPU, Anda tidak bisa melihat apapun di depan monitor. GPU biasanya ditanamkan di motherboard. Meski begitu bersama dengan teknologi yang semakin berkembang, GPU hadir dalam bentuk yang baru. Dengan model yang lebih dedicated graphics yang dipasang pada slotnya sendiri.

Apa artinya APU

Apa artinya APU

Selain GPU, perangkat keras yang juga cukup asing didengar adalah APU. Accelerated Processing Unit atau APU ini menjadi sebuah perangkat keras yang akan menggabungkan fungsi dari CPU dan GPU. Dengan kata lain perangkat keras yang satu ini memiliki dua fungsi sekaligus yang membuat komunikasi antara kedua fungsi ini berjalan dengan cepat karena letak CPU dan juga GPU berada di tempat yang sama. Selain mampu bekerja lebih cepat, komputer juga hanya mengkonsumsi daya lebih sedikit dibandingkan jika Anda hanya menggunakan CPU dan GPU saja.

Namun penggunaan APU ini juga memiliki kelemahan. Mengingat letak CPU dan GPU yang berada di tempat yang sama, biasanya salah satu fungsi dari CPU atau GPU akan dikorbankan. Karena itu performa dari APU ini masih tidak cukup kuat jika dibandingkan dengan CPU, GPU, Dan APU saja. Biasanya APU ini sering digunakan untuk laptop yang sering dibawa pergi ke mana-mana. Ada banyak merek APU berkualitas yang diproduksi oleh produsen ternama. Anda hanya perlu memilih spesifikasi laptop sesuai dengan kebutuhan pekerjaan sehingga APU yang digunakan juga tepat.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Harga dan Spesifikasi VGA AMD Radeon RX 550, RX 560, 570, RX 580

Harga dan Spesifikasi VGA AMD Radeon RX 550, RX 560, 570, RX 580

Spesifikasi Lengkap dan Harga VGA AMD Radeon RX 550, RX 560, RX 570, RX 580 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *