Home > Aksesoris > Mengenal Macam Jenis Tipe Kabel USB dan Versi Kabel USB
Mengenal Macam Jenis Tipe Kabel USB dan Versi Kabel USB

Mengenal Macam Jenis Tipe Kabel USB dan Versi Kabel USB

Mengenal Macam Jenis Tipe Kabel USB dan Versi Kabel USB – Seiring perkembangan perangkat perangkat elektronik yang pesat sehingga perangkat pendukung dari perangkat elektronik tersebut juga semakin banyak variasinya. Saat ini terdapat banyak macam jenis dan versi kabel USB yang beredar.

Kabel USB menjadi jenis kabel yang paling sering digunakan pada p perangkat elektronik saat ini. Hal ini dikarenakan kabel USB (Universal Serial Bus) memiliki desain yang standar yang bisa digunakan pada banyak perangkat elektronik mulai dari untuk printer, scanner, keyboard, mouse, smartphone, digital kamera, disk drive dan lainnya.

Pada dasarnya dalam membedakan bentuk dna fungsi dari Kabel USB ini adalah berdasarkan Versi dan Jenis yang masing-masing memiliki beberapa varian. Mau tahu apa saja itu?, yuk lihat ulasan selengkapnya mengenai Macam jenis dan versi kabel USB dibawah ini!

Macam Jenis Tipe Kabel USB dan Versi Kabel USB

Berdasarkan versi, kabel USB dibedakan menjadi 4 macam versi kabel USB yaitu:

1. Tipe Kabel USB 1.1

Kabel USB Versi 1.1

Versi kabel USB 1.1 adalah versi yang pertama yang rilis pada tahun 1988. Versi kabel USB 1.1 ini Memiliki kecepatan up to 12 Mbps. Adapun logo yang dimiliki oleh USB 1.1 ini berwarna biru dengan simbol berbentuk trisula. Namun kini Versi kabel USB ini sudah tidak digunakan lagi.

2. USB 2.0

Kabel USB Versi 2.0

Versi kabel USB 2.0 adalah versi yang kedua yang rilis pada tahun 2000, yang memiliki kecepatan maximum up to 480Mbps dengan Hi-Speed mode, atau pada Full-Speed mode memiliki kecepatan 12Mbps.

Adapun dukungan Supply tegangan maximum sekitar 2.5V, 1.8A. Namun fungsinya kabel usb ini masih sama dengan versi sebelumnya. Versi kabel USB 2.0 Memiliki logo warna biru dengan tulisan HI-SPEED dengan dasaran warna merah.

3. USB 3.0

Kabel USB Versi 3.0

Versi kabel USB 3.0 adalah versi yang ketiga yang rilis pada tahun 2008, memiliki kecepatan up to 5Gbps pada mode SuperSpeed. Umumnya pada versi kabel USB 3.0 memiliki konektor dan soket USB berwarna biru, yang merupakan tanda perbedaan USB 3.0 dengan versi sebelumnya. Lihat pada gambar dibawah ini.

Pada versi kabel USB 3.0 dikenal sebagai USB SuperSpeed USB dengan logo bertuliskan SUPERSPEED dan memiliki simbol yang berbeda dengan versi sebelumnya, yakni ada tambahan huruf SS di pangkal trisula. USB 3.0 memiliki tampilan yang sama seperti USB 2.0 sehingga cukup kompatibel dengan USB 2.0.

4. USB 3.1

Kabel USB Versi 3.1

Versi kabel USB 3.1 adalah versi yang keempat yang rilis pada tahun 2013 yang memiliki kecepatan 2 kali leboh tinggi dari versi USB 3.0 yaitu 10 Gbps. Versi ini juga dikenal dengan istilah USB SuperSpeed+ atau SuperSpeed USB 10 Gbps atau standar dengan Thunderbolt (milik Apple). Versi 3.1 ini sangat kompatibel dengan USB 3.0 dan USB 2.0.

USB 3.1 mempunyai tiga power supply tegangan yakni 2A pada tegangan 5V (tegangan max 10W), 5A pada tegangan 12V ( tegangan max 60W), 5A pada tegangan 20V (tegangan max 100W).

Nah selanjutnya, Macam jenis dan versi kabel USB dibedakan Berdasarkan jenis kabel USB yaitu:

1. USB Type-A

USB Type A atau USB Standar A merupakan rancangan asli USB standar berbentuk persegipanjang yang rata. Salah satu ujungnya biasanya dicolokkan ke host yang mana port USB Type A sudah banyak terdapat pada PC, laptop. Bahkan sudah merambah pada game console dan media player.

Konektor USB Tipe-A

Hampir semua versi kabel USB yakni USB 1.1, USB 2.0 dan USB 3.0, menggunakan desain jenis kabel USB ini. Lihat pada gambar berikut.

Port Konektor USB Tipe-A pada Komputer

Dari gambar diatas,terlihat hanya 2 versi kabel USB yakni USB 2.0 dan 3.0 Untuk USB 1.1 tidak ada karena versi ini sudah tidak lagi digunakan. Namun yang membedakan yaitu pada versi 3.0 terdapat warna biru (jika kurang jelas baca lagi pada ulasan USB 3.0 & 2.0).

Ukuran standar pada USB Type-A memiliki ukuran Mini dan Micro. Seperti gamnar dibawah ini. Namun kedua ukuran ini sudah tak lagi digunakan.

USB Type-A Mini dan USB Type-A Micro

2. USB Type-B

Secara umum, pada sebuah kabel USB konektor USB Type-B ini berpasangan dengan konektor USB Type-A. Seperti yang sering kita temukan pada printer atau scanner.

Kabel USB Type-B ini memiliki 3 ukuran Standar, yaitu Standart, Mini dan Micro dengan ersi USB 2.0. Cek gambarnya dibawah ini!

Konektor USB Type-B
Apa perbedaannya?

  • USB Type-B Standar, pertama kali dibuat untuk digunakan pada versi USB versi 1.1 dan USB versi 2.0. Lebih sering jenis kabel USB iniSering digunakan pada perangkat yang cukup besar yang dihubungkan ke laptop atau PC.
  • USB Type-B Mini, memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari ukuran USB Type-B Standar. Biasanya digunakan pada kabel USB digital kamera, smartphone dan hardisk portabel.
  • USB Type-B Micro, memiliki ukuran yang lebih kecil dari USB Type-B Mini. Tapi untuk perannya USB B Micro ini juga banyak digunakan pada perangkat portabel.

Nama Micro USB dan Mini USB digunakan untuk nama USB Type-B Mni atau USB Type-B Micro, karena ukuran Mini dan Micro untuk USB Type-A tidak dipergunakan lagi.

Namun bila pada versi USB 3.0, ketiga ukuran jenis kabelUSB Type-B agak berbeda seperti pada gambar berikut ini.

Konektor USB Type-B Standard dan Micro

3. USB Type-C

Desain USB Type-C lebih mendukung pada versi kabel USB 3.1 yang mampu menghantar tegangan supply up to 20V (100W) dan 5A. Dimana USB Type-C ini mampu menghantarkan tegangan supply bi-directional power yakni 2 arah.

Port dan Konektor USB Type-C

Kabel jenis ini sering digunakan untuk mengis tegangan seperti pada laptop dan notebook misalnya. Kehadiran USB Type-C ini diklaim akan mengurangi jumlah pemakaian kabel pada perangkat elektronik.

Gimana sudah tahu kan Macam Jenis Tipe Kabel USB dan Versi Kabel USB. Jadi anda tak perlu bingung lagi membedakannya. Terimakasih. Semoga bermanfaat.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Spesifikasi dan Harga Prosesor Intel Generasi 8 Coffee Lake Terbaru di Indonesia

Spesifikasi dan Harga Prosesor Intel Generasi 8 Coffee Lake

Spesifikasi dan Harga Prosesor Intel Generasi 8 Coffee Lake Terbaru di Indonesia – Pastinya di …

One comment

  1. nice info min. postingannya sangat bermanfaat untuk menambah wawasan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *