Home > Networking > Mengenal Macam Jenis Tipe Kabel Jaringan dan Fungsinya
Mengenal Macam Jenis Tipe Kabel Jaringan Internet Komputer dan Fungsinya

Mengenal Macam Jenis Tipe Kabel Jaringan dan Fungsinya

Mengenal Macam Jenis Tipe Kabel Jaringan Internet Komputer dan Fungsinya – Pada pemasangan sebuah jaringan komputer, tentunya tidak lepas dari penggunaan kabel jaringan. Dimana tanpa adanya kabel, maka akan membuat susunan sebuah topologi jaringan komputer menjadi tidak sempurna.

Karena pada dasarnya kabel jaringan berguna sebagai media penghubung ke berbagai perangkat yang berperan untuk merespon suatu perintah, sekaligus juga berperan sebagai media pengantar informasi antar perangiag lalu mentransmisikan sinyal jaringan agar dapat diterima dan disalurkan kepada perangkat lainnya.

Nah, mengenai kabel jaringan ini, ada beberapa tipe kabel jaringan yang umumnya ditemukan di pasaran. Dimana masing masing memiliki bentuk dan kegunaannya tersendiri. Yuk simak apa saja Macam Jenis Tipe Kabel Jaringan Internet Komputer dan Fungsinya dibawah ini.

1. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)

Pengertian Tipe Kabel Jaringan UTP (Unshielded Twisted Pair)

Kabel UTP yang merupakan singkatan dari Unshielded Twisted Pair adalah jenis kabel yang paling banyak digunakan pada pemasangan jaringan. Kabel UTP memiliki 2 bentuk kabel yakni ada yang 4 pasang dan 8 pasang kabel kecil yang memiliki warna yang berbeda kemudian dililit satu sama lain lalu dibungkus dengan bantuan perekat kepala kabel. Kegunaan perekat ini untuk melindungi jalur setiap kabel, untuk mengurangi terjadinya konsleting pada arus listrik diantara ke-4 kabel tersebut pada saat arus dinyalakan.

Adapun konektor yang digunakan umumnya bertipe RJ-45 connector. Konektor ini terbuat dari bahan plastik yang sering kali kita temui pada konektor kabel telepin, ethernet, modem, atau ISDN. Adapun kelebihan yang didukung dari kabel UTP ini mampu mencapai kecepatan maksimal 100 mbps. Dengan rata rata kecepatan 10 mbps.

Adapun kekurangan kabel UTP ini yaitu memiliki jangkauan jarak yang pendek yakni hanya berjarak 100 m saja, dan kabel UTP tergolong jenis kabel yang sensitif terhadap kehadiran perangkat listrik yang lain, sehingga mampu menciptakan reaksi gelombang frekuensi radio, yang akan mengganggu hantaram sinyal ke perangkat yang terhubung.

Adapun Metode pemasangan kabel UTP pada jaringan komputer ini dibagi menjadi 2 metode, yaitu, kabel dipasang secara lurus, atau kabel dipasang dengan bentuk silang (twisted). Penerapan kedua metode pemasangan kabek ini disesuaikan dengan jenis perangkat yang digunakan.

2. Kabel STP (Shielded Twisted Pair)

Pengertian Jenis Kabel Jaringan Internet STP (Shielded Twisted Pair)

Kabel STP dengan Kabel UTP pada dasarnya adalah pembagian dari kabel jenis Twisted Pair. Dimana jika dilihat dari fungsi dan bentuk, kedua kabel ini masih memiliki kesamaan. Dilihat Dari segi bentuk, kabel STP juga memiliki 4 atau 8 pasang kabel kecil dengan warna yang berbeda beda. Namun bedanya pada ke-4 pasang kabel ini masing masing telah dilapisi dengan pembungkus tambahan, berupa selubung tembaga atau aluminium foil yang berguna untuk mengatasi timbulnya gangguan reaksi yang disebabkan karena perangkat listrik mempengaruhi kinerja jaringan tersebut.

Adapu Tipe konektor yang digunakan pada Kabel STP memiliki 2 jenis. Dimana kabel STP produksi lama masih menggunakan tipe konektor RJ-45 sama halnya seperti yang digunakan pada kabel UTP, sementara untuk model terbarunya dirasa sedikit lebih maju, karena tipe konektor yang digunakan adalah konektor ground, yakni konektor yang sudah dilapisi dengan logam, bukan plastik sehingga memberikan hasil proteksi kabel yang lebih baik.

Kabel STP ini dibuat dan dilapisi menggunakan bahan yang berkualitas Seperti bahan yang digunakan sebagai bahan pelindung aluminium, logam, tembaga. Sehingga tak heran jika Kabel STP harganya sedikit lebih mahal daripada kabel UTP. Tapi tak apalah,karena dilihat dari kualitasnya kabel STP masih cukup unggul dalam beberapa hal, seperti tahan terhadap kelembaban, mencegah resiko masuknya air, tidak terpengaruh gangguan dari luar maupun jangkauan dengan jarak yang lebih jauh. Namun sayangnya apabila kabel STP terjadi kerusakan, kabel ini sulit untuk diperbaiki mengingat komponen bahan yang digunakan cukup keras, tebal dan kuat.

Nah itulah informasi mengenai Macam Jenis Tipe Kabel Jaringan Internet Komputer dan Fungsinya. Semoga informasi tentang kabel jaringan internet komputer ini bisa menambah ilmu pengetahuan tentang jaringan. Semoga ilmu ini bermanfaat.

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan Wireless LAN

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan LAN / Wifi

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan LAN / Wifi – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *