Home > Peralatan Kantor > Mengenal Macam Jenis Proyektor yang Digunakan Pada Bioskop
Mengenal Macam Jenis Proyektor yang Digunakan Pada Bioskop

Mengenal Macam Jenis Proyektor yang Digunakan Pada Bioskop

Mengenal Macam Jenis Proyektor yang Digunakan Pada Bioskop – Apakah kalian sangat menyukai kegiatan menonton film-film baru di bioskop? Hal tersebut memang sangat menyenangkan sekali, terlebih lagi kalau bioskop tersebut nyaman dan menggunakan berbagai macam peralatan canggih. Menonton film yang sebetulnya bisa dilakukan di rumah, bisa jauh lebih asyik.

Berbeda sekali dengan zaman dahulu saat media serta alat pemutar film masih sangat sederhana yaitu menggunakan pemutar pita seluloid.kalau sekarang kalian bisa menikmati tampilan video berkualitas bagus dengan gambar dan suara jernih. Hal ini disebabkan karena adanya peran proyektor bioskop berformat DCP atau Digital Cinema Package.

Kelebihan Format DCP

Ternyata teknologi digital tidak hanya digunakan untuk gadget atau benda elektronik yang dipakai sehari-hari saja, misalnya laptop, PC, smartpone, dll. Akan tetapi juga merambah ke media industri perfilman yaitu proyektor bioskop. Indonesia bahkan sudah menggunakan jenis teknologi digital atau yang disebut DCP di hampir seluruh gedung bioskopnya.

Hal ini disebabkan karena penggunaan Digital Cinema Package sangat menguntungkan dan memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah mampu menekan biaya produksi, terutama bagi si pembuat film. film mereka dapat langsung diproses atau diputar tanpa harus diubah lebih dulu ke format seluloid.

Kelebihan lainnya adalah proyektor bioskop berbasis DCP dapat di perbanyak atau dicopy dengan mudah. Berbeda sekali dengan gulungan pita berformat seluloid 35mm yang menghabiskan banyak dana untuk sekali cetak kopi. Hal ini sangat mempermudah dalam penayangannya karena dapat diputar di beberapa layar bioskop sekaligus.

Macam Jenis Proyektor yang Digunakan Pada Bioskop

Lalu apa sajakah jenis dari proyektor bioskop yang sering dipakai, terutama di Indonesia?

1. NEC NC3200S

Jenis Proyektor yang Digunakan Pada Bioskop NEC NC3200S

NEC NC3200S mempunyai ukuran lebih kecil dan ringan yaitu 99 kg saja. Kelebihan pertama dari Jenis Proyektor yang Digunakan Pada Bioskop ini adalah dapat menayangkan film dalam resolusi 2K maupun 4K.

Kontrasnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Barco yaitu 2100:1. Ditambah lagi dengan adanya teknologi DLP 3 Chip DMD Reflection Method.

2. Barco DP4K-32B

Jenis Proyektor yang Digunakan Pada Bioskop Barco DP4K-32B

Jenis Proyektor yang Digunakan Pada Bioskop yang satu ini sangat populer dan menjadi andalan sebagian besar industri pemutaran film atau bioskop. Alasan utamanya adalah karena bisa menayangkan sebuah film dalam dua jenis resolusi yaitu 2K dan 4K.

Dengan kecerahan sebesar 33.000 ANSI Lumens dan rasio kontras 2000:1 maka tampilan gambarnya cerah serta terang. Seperti kebanyakan proyektor bioskop lain, Barco DP4K-32B memiliki ukuran cukup berat yaitu 141 kg dengan dimensi 604 x 754 x 1129 mm.

Baca Juga

3. Kinoton DCP 30 MX II

Jenis Proyektor yang Digunakan Pada Bioskop Kinoton DCP 30 MX II

Beralih ke Jenis Proyektor yang Digunakan Pada Bioskop yang umurnya sedikit lebih tua yaitu Konoton DCP 30 MX II. Bentuknya sangat besar dan bertingkat dengan berat 180 kg. Meskipun begitu kecanggihannya tak bisa dianggap remeh karena kualitas film yang dihasilkan sangat bagus.

Hal ini dikarenakan resolusinya 2048 x 1080 pixels untuk 2K dan 4096 x 2160 pixels untuk 4K. Rasio kontras juga sangat tinggi yaitu 20.000:1 dengan dimensi 720 x 795 x 1080 mm.

Dilengkapi dengan teknologi DLP 3 Chip 1,38 inchi maka bisa memutar beragam jenis format video seperti Pal, HDTV 720p, 1080p, SECAM, dan sebagainya.

4. Cinemeccanica CMC3 D2

Jenis Proyektor yang Digunakan Pada Bioskop Cinemeccanica CMC3 D2

Selanjutnya adalah Jenis Proyektor yang Digunakan Pada Bioskop skala besar namun tampilannya lebih modern yaitu Cinemeccanica CMC3 D2. Alat yang satu ini memang bagus namun hanya bisa menayangkan video dalam resolusi 2K (2048 x 1080 pixels) saja.

Tingkat kecerahan 23.000 ANSI Lumens dan kontrasnya  2.000:1 sehingga bisa membuat tampilan gambar menjadi jernih dan jelas.

Itulah empat macam Jenis Proyektor yang Digunakan Pada Bioskop yang sering dipakai, ada yang ukurannya kecil dan juga besar. Pemilihan proyektor yang bagus biasanya juga disesuaikan dengan ukuran atau luas gedung bioskop agar penonton merasa nyaman.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.