Home > Networking > Mengenal Macam Jenis Antena Pemancar WiFi serta Fungsinya
Mengenal Macam Jenis Antena Pemancar WiFi serta Fungsinya

Mengenal Macam Jenis Antena Pemancar WiFi serta Fungsinya

Mengenal Macam Jenis Antena Pemancar WiFi serta Fungsinya – Saat ini, WiFi sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat kita. Hal ini tidak lepas dari penggunaan gadget dan aplikasinya yang berhubungan dengan internet, seperti bisnis online atau penggunaan jasa. Semua hal yang dilakukan secara online tersebut, sudah pasti membutuhkan sinyal WiFi. Agar sinyal WiFi tersebut dapat masuk ke dalam gadget atau komputer, dibutuhkan antena WiFi.

Secara umumnya, fungsi dari antena WiFi adalah untuk menerima sekaligus menyalurkan sinyal WiFi ke gadget, laptop, maupun komputer Anda. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini telah ada beberapa jenis antena WiFi yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Nah, bagi Anda yang sedang membutuhkan antena WiFi, penting kiranya menyimak beberapa macam jenis antena pemancar wifi serta fungsinya berikut ini.

1. Antena Grid

Macam Jenis Antena Pemancar WiFi Antena Grid

Secara fisik, bentuk dari antena ini seperti jaring. Sayangnya, cakupan dari antena ini hanya searah. Selain itu, dibutuhkan antena pemancar yang diletakkan di tempat lain agar antena ini dapat menangkap sinyal WiFi. Saat antena grid diletakkan mengarah pada antena pemancar maka diperoleh sinyal yang kuat.

Baca Juga

Adapun fungsi dari antena grid adalah menerima sekaligus mengirimkan sinyal data yang diperolehnya dengan menggunakan sistem gelombang radio. Ada dua frekuensi dari sistem gelombang radio yang digunakan pada antena ini, yaitu 2.4 GHz dan 5 GHz.

2. Antena Omni

Macam Jenis Antena Pemancar WiFi Antena Omni

Untuk antena jenis ini, bentuknya mirip tongkat dengan ukuran lebih kecil. Dibandingkan antena grid, cakupan antena omni lebih luas dan menyebar ke semua arah dengan membentuk semacam lingkaran. Namun, meskipun cakupannya cukup luas, jangkauannya tetaplah pendek. Biasanya, antena ini digunakan oleh sekolah-sekolah, supermarket, perkantoran, bahkan warung tenda yang menyediakan WiFi.

3. Antena Sectoral

Macam Jenis Antena Pemancar WiFi Antena Sectoral

Jenis antena pemancar wifi yang mirip dengan antena omni ini mampu menampung 5 klien sekaligus. Antena ini mempunyai cakupan yang tidak begitu luas, namun mampu menjangkau jarak lebih jauh. Pada umumnya, antena ini dipasang secara vertikal dengan sectoral sudut hingga 120 derajat. Namun, tak jarang juga yang memasangnya secara horisontal. Antena sectoral ini biasanya digunakan oleh tower GSM HP.

4. Antena Yagi

Macam Jenis Antena Pemancar WiFi Antena Yagi

Prinsip kerja dari jenis antena pemancar wifi yang mempunyai bentuk seperti ikan teri ini hampir sama dengan antena grid. Cakupan yang dimilikinya hanya searah sehingga harus diarahkan pada antena pemancar di tempat lain. Perbedaan mencolok antara antena yagi dan grid terletak pada bentuk dan penggunaannya. Tidak seperti antena grid, antena yagi terdiri dari tiga bagian, yaitu driven, reflector, dan director. Antena yagi juga sangat jarang digunakan dalam sebuah jaringan.

5. Antena PVC

Macam Jenis Antena Pemancar WiFi Antena PVC

Jenis antena pemancar wifi ini terbuat dari pipa PVC yang dilapisi alumunium foil. Tak heran jika antena ini tidak akan berkarat meskipun dipasang di luar ruangan. Keunggulan lainnya adalah tahan terhadap berbagai cuaca serta mudah saat dipasang. Sayangnya, antena ini hanya bisa mencakup sinyal dalam jarak dekat, sekitar 200 hingga 300 meter saja.

6. Antena 8 Quad

Macam Jenis Antena Pemancar WiFi Antena 8 Quad

Pada dasarnya, jenis antena pemancar wifi ini merupakan bagian dari antena sectoral. Sebab, pola radiasinya masih dalam satu arah jika dibuat sudut arah yang lebar. Biasanya, antena ini sering digunakan untuk antena access point saat klien berada di sebuah area.

7. Antena Wajan Bolic

Macam Jenis Antena Pemancar WiFi Antena Wajan Bolic

Sesuai namanya, jenis antena pemancar wifi mirip parabola, di mana bahan untuk parabolic discnya menggunakan wajan. Antena ini digunakan untuk memperkuat sinyal yang berasal dari hotspot dengan jarak jauh dan susah ditangkap USB wireless adapter.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Pengertian dan Macam Jenis Sistem Bilangan Komputer

Pengertian dan Macam Jenis Sistem Bilangan Komputer

Pengertian dan Macam Jenis Sistem Bilangan Komputer – Number system, Format bilangan komputer¬†atau sistem bilangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *